Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Merawat AC di Rumah Anda Supaya Awet dan tetap Dingin

AC harus dibersihkan secara rutin supaya aet - diminimalis.com

Tips merawat AC (air conditioner), memang perlu dipahami oleh siapa saja yang menggunakan barang elektronik tersebut di rumah. Ketergantungan kita terhadap AC memang tak bisa dihindari. Bagaimanapun AC akan menjadi barang elektronik yang selalu kita butuhkan. Sebagaimana pada artikel- artikel sebelumnya, kita masih membahas perihal konsekuensi tinggal di wilayah beriklim tropis. Daintara konsekeunsi itu, kita harus selalu siap menghadapi 2 musim yang datang silih bergnati, yaitu musim hujan dan musim panas.

Saat musim hujan tiba, kita perlu melakukan berbagai tahapan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan akibat guyuran hujanyang terus menurus turun sekitar 6 bulan lamanya. dan di musim panas, kita juga harus siap menghadapi udara kering dan suhu yang tinggi tiap harinya.

Karena dari itulah, kehadiran AC pada rumah minimalis di wilayah tropis menjadi kebutuhan yang vital demi mendapatkan kesejukan udara di dalamnya. Namun ketergantungan kita terhadap AC semestinya juga harus diimbangi dengan pahamnya kita tentang cara menggunakannya dengan tepat.Jangan sampai, ketidakpahaman kita tentang cara pemakaiannya, membuat AC menjadi cepat rusak dan tidak awet.

Memang AC terlihat seperti pahlawan pendingin udara, akan tetapi jika terus dinyalakan sepanjang hari akan mempercepat umur AC, yaitu bisa saja menimbulkan kerusakan pada mesin. Tentunya Anda tidak ingin terus –terusan mengeluarkan biaya untuk menyervis AC di rumah kan?.Terlebih , saat udara panas merembet ke dalam ruangan, tentu AC akan jadi Andalan untuk menyejukkannya.

 

tips merawat ac, tips merawat ac rumah, cara merawat ac,cara merawat ac biar awet,
AC harus dibersihkan secara rutin supaya aet – diminimalis.com

Tips merawat AC supaya tetap dingin dan awet

Bagi kita yang selalu menggunakannya setiap hari, maka kita harus tahu persis bagaimana cara merawatnya. Dengan memahami cara merawat AC yang benar, kita bisa menghindarkannya dari kerusakan atau hal buruk lainnya. Berikut kami ulas beberapa hal tentang tips merawat AC di ruangan rumah minimalis Anda tetap awet dan tetap dingin.

1. Baca buku petunjuk penggunaan AC dengan cermat. Bila ada kartu garansi yang harus dikembalikan kepada divisi servis brand AC, maka segera kirimkan. Hal ini agar perangkat AC terjamin dalam perbaikan dan pembersihannya di tempat yang resmi. Namun apabila sudah habis masa garansinya, Anda dapat menghubungi jasa servic AC panggilan yang profesional apabila AC Anda mengalami kerusakan.

tips merawat ac, tips merawat ac rumah, cara merawat ac,cara merawat ac biar awet,
Perhatikan daya listrik AC yang digunakan – diminimalis.com

2. Jangan mensetting suhu di bawah 22 derajat Celsius

Mensetting suhu di bawah 22 derajat akan membuat mesin AC bekerja ekstra terus menerus dan boros energi. Kita harus paham bahwa fungsi dasar AC hanyalah pengatur suhu ruangan, bukan pendingin ruangan. Alangkah baiknya bila kita mengatur suhu AC sesuai suhu ruangan yang nyaman, yaitu 25 derajat.

3. Perhatikan daya listrik untuk pemakaian AC. apabila satu unit AC membutuhkan daya1300 watt untuk menyala, sedangkan daya yang terpasang hanya 1300 watt, maka sebaiknya kita perlu menambah daya listrik rumah minimal 1000 watt lagi. Hal ini penting agar ketika AC menyala, kita juga dapat menggunakan perangkat elektronik lainnya.

3. Nyalakan timer/pengatur waktu pemakaian ketika AC tersebut dinyalakan. Waktu yang baik AC untuk menyala, maksimal adalah 5 jam. Setelah itu, biarkan AC mati untuk mendinginkan mesin yang sudah menyala berjam-jam tersebut.

6. Sebelum AC dinyalakan, tutup semua ventilasi, jendela dan pintu agar udara dari luar tidak masuk. Sehingga kita dapat menikmati kesejukan udara yang ditiupkan AC secara optimal. Bila AC sudah mati, maka bukalah kembali ventilasi dan pintu ruangan lebar-lebar. Hal ini diperlukan untuk mengganti udara di ruangan agar lebih baik dan sehat.

7. Jangan lupa untuk selalu melakukan pembersihan AC secara rutin dan berkala. Bila AC digunakan pada ruangan dan tempat yang banyak debu, maka pembersihan dapat dilakukan 2 kali seminggu. Namun bila AC tersebut digunakan pada tempat dan ruangan yang jarang berdebu, maka pembersihannya dapat dilakukan 1-2 bulan sekali.

Utamakan pembersihan pada bagian penyaringan udara, karena lokasi tersebut merupakan alat vital agar AC dapat menyala lebih dingin dan optimal. Jangan lupa periksa freon, apakah masih terisi penuh, kosong atau bocor. Lakukan pengecekan freon sekitar 6 bulan sekali. Kalau kita tidak sanggup membersihkannya sendiri, hubungi divisi layanan servis resmi sesuai merek AC yang kita punya

Demikian ulasan kami tentang tips merawat AC untuk rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel terkait kemai tentag pemicu ruangan panas dan solusi mudah mendinginkannya di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)
Pemicu ruangan panas dan solusi mudah mendinginkannya

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.