Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Menu Buka Puasa Irit namun Istimewa untuk Sajian Keluarga

Kurma termasuk makanan yang dapat memulihkan stamina dengan cepat - Diminimalis.com

Siapa bilang buka puasa yang istimewa selalu menghabiskan banyak biaya? Buka puasa di rumah memungkinkan kita bisa menekan anggaran, daripada berbuka di luar yang juga harus memperhatikan beberapa catatan penting. Ya, menghemat biaya untuk menyiapkan buka puasa bukan berarti harus membuat momen ini terasa hambar, dan tidak bisa merasakan makanan yang lezat. Asalkan tahu tipsnya, maka Anda bisa membuat menu buka puasa irit, namun istimewa untuk sajian keluarga..

Tips Menu Buka Puasa Irit, menu buka puasa sederhana dan praktis, menu buka puasa yang praktis, menu buka puasa untuk diet, resep buka puasa sederhana, menu buka puasa berkuah, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa dari telur, menu takjil buka puasa
Ada banyak varian menu buka puasa irit, namun istimewa tanpa harus mengeluarkan biaya mahal – Diminimalis.com

Seperti apakah tips menu buka puasa irit namun tetap istimewa? Di bawah ini kami telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar dapat mengupayakan menu berbuka puasa yang irit namun istimewa.

Tips Menu Buka Puasa Irit Namun Istimewa Yang Praktis Untuk Disiapkan

• Membuat menu sesuai selera

Tips Menu Buka Puasa Irit, menu buka puasa sederhana dan praktis, menu buka puasa yang praktis, menu buka puasa untuk diet, resep buka puasa sederhana, menu buka puasa berkuah, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa dari telur, menu takjil buka puasa
Buatlah menu berbuka sesuai selera – Diminimalis.com

Tips dasar yang paling utama adalah dengan membuat menu makanan sesuai selera. Makanan yang memang sesuai dengan selera pastinya akan terasa nikmat saat berbuka puasa. Anda bisa membuat berbagai makanan yang sudah akrab dengan lidah Anda dan memang Anda suka.

• Membuat makanan dan minuman sendiri

Usahakan untuk membuat hidangan berbuka puasa sendiri dengan menyiapkannya beberapa jam sebelum waktu berbuka. Hal ini bisa membuat anggaran yang dikeluarkan bisa ditekan, dan tentunya Anda akan lebih irit pengeluaran. Selain lebih irit, Anda pun bisa lebih membuat makanan menjadi sesuai dengan apa yang Anda inginkan.

Jika tidak memiliki peralatan memasak atau kurang ahli dalam memasak, Anda bisa ajak kerabat terdekat untuk membuat menu buka puasa bersama. Momen kebersamaan ini justru akan menambah istimewa dari hidangan yang nantinya tersaji.

• Membeli bahan makanan secara tepat

Jika memilih untuk memasak sendiri, maka penting sekali memilih bahan yang tepat. Menyiapkan berbagai makanan dan minuman untuk buka puasa tentunya membutuhkan berbagai macam bahan. Agar tetap irit, pilihlah yang benar-benar dibutuhkan saja dan juga tidak perlu memilih kualitas super asalkan tetap terjaga kualitasnya.

Pembelian bahan makanan dan minuman untuk menu buka puasa akan menjadi penentu apakah Anda bisa berhemat atau tidak. Jika Anda membelajakan uang secara sembarangan untuk bahan yang tidak diperlukan, maka nantinya akan muncul rasa penyesalan.

• Sederhana dan praktis

Tips Buka Bersama di Luar, tips berbuka puasa di lur rumah, cara berbuka puasa di luar
Buatlah menu buka puasa yang sederhana dan praktis – Diminimalis.com

Menu buka puasa yang terasa nikmat tidak harus selalu mewah. Siapkan saja menu berbuka yang sederhana seperti menu makanan harian biasa ditambah dengan minuman yang menyegarkan. Perlu juga Anda memperhatikan sisi kepraktisan, agar ketika waktu berbuka puasa tiba, makanan dan minuman sudah siap untuk dinikmati.

Rekomendasi Menu Buka Puasa Irit Namun Istimewa

Berikut ini akan ditampilkan beberapa rekomendasi menu buka sederhana dan praktis yang istimewa tanpa menguras kantong Anda:

• Pecel

Menu makanan ini menjadi menu berbuka puasa ala kampung yang bisa Anda coba. Membuat pecel yang hanya berbahan dasar sayuran dan bumbu pecel atau saus kacang ini begitu praktis untuk disiapkan. Sayuran yang dipilih umumnya adalah kangkun, tauge dan juga kacang panjang yang kemudian direbus baru setelahnya disiram dengan bumbu pecel atau saus kacang.

Makanan ini jelas akan membuat pengeluaran Anda sangat bisa dikendalikan. Bahkan, untuk menyiapkan semuanya hanya berkisar 10 ribu rupiah saja. Walaupun sederhana, pecel tergolong menu makanan yang cocok untuk berbuka puasa karena rasanya enak dan menyehatkan.

• Ikan lele goreng dan sambal tomat

Menu rekomendasi yang kedua adalah ikan lele goreng yang dipadukan dengan sambal tomat. Menu ini sangat mudah untuk disiapkan sendiri karena hanya tinggal menggoreng ikan lele dan membuat sambal tomat. Menu ini sangat khas dengan Jawa Timur dan biasa disebut sebagai pecel lele.

Kenikmatan gurihnya ikan lele goreng yang dipadukan dengan sambal tomat yan segar benar-benar menjadi menu yang istimewa. Setelah seharian menahan lapar, Anda bisa mengisi perut dengan terlebih dahulu memanjakan lidah. Dan tentu, untuk membuat makanan yang satu ini tidak membutuhkan biaya yang besar.

• Sup kacang merah

Ada lagi menu makanan yang direkomendasikan untuk Anda yaitu sup merah. Makanan ini tergolong menu buka puasa berkuah yang tepat karena begitu menyegarkan dan terasa nikmat walaupun berbahan dasar sederhana dan serba murah. Anda bisa menikmati rasa dari sup yang lezat dan tubuh Anda bisa mendapatkan manfaatnya karena makanan ini tergolong makanan yang penuh gizi.

• Es buah

Jika di atas telah diberikan rekomendasi menu makanan, maka untuk melengkapinya Anda bisa membuat es buah. Membuat minuman segar yang satu ini sangatlah mudah sehingga tergolong menu buka puasa praktis yang direkomendasikan. Yang perlu Anda lakukan agar bisa menghidangkan es buah hanya tinggal membeli beberapa macam buah, memotongnya kecil-kecil, menaruhnya pada suatu wadah dan siram dengan air sirup.

• Puding dingin

Sebagai penutup, Anda bisa menghidangkan puding yang sangat murah meriah namun rasanya sangat enak. Anda hanya tinggal membeli bahan puding, mengikuti langkah pembuatan puding yang sederhana, puding pun siap untuk dihidangkan. Agar benar-benar terasa nikmatnya, sajikan puding dalam keadaan dingin.

Setelah mengetahui berbagai macam tips dan rekomendasi menu buka puasa irit dan istimewa tadi, jangan lupa perhatikan waktu untuk mempersiapkannya. Walaupun terbilang praktis, tetap saja Anda perlu memperhatikan waktu agar ketika adzan magrib tiba maka semua menu yang ingin dihidangkan sudah siap untuk disantap. (an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.