Tips Menjamu Tamu Dengan Baik Saat Hari Raya Idul Fitri

Siapkanlah makanan rinagn untuk menjamu tamu di rumah minimalis Anda - Diminimalis.com

Mempersiapkan kedatangan tamu ketika hari raya tiba memang menjadi salah satu kewajiban. Terutama jika Anda terbiasa kedatangan tamu dalam jumlah banyak saat hari raya tiba. Ada beberapa tips menjamu tamu dengan baik yang harus Anda lakukan saat menyambut hari raya. Dimana menjamu tamu sebaik-baiknya merupakan kewajiban utama.

Minimal jika Anda menerapkan tips menjamu tamu dengan baik ketika sedang hari raya maka tamu Anda akan lebih betah di rumah Anda. Tamu yang datang ke rumah Anda untuk berkunjung sama sekali tidak akan kecewa dengan jamuan yang Anda lakukan. Tamu akan merasa dihormati dan dihargai jika Anda menjamu tamu semaksimal yang Anda bisa lakukan.

Tips Menjamu Tamu, menu makanan untuk menjamu tamu, makanan ringan untuk menjamu tamu, makanan ringan untuk tamu, hidangan sederhana untuk tamu, cemilan untuk tamu, suguhan tamu, resep masakan menjamu tamu, menu hidangan untuk tamu
Mengistimewakan tamu merupakan hal yang sangat mulia – Diminimalis.com

Tips Menjamu Tamu Dengan Baik Yang Harus Anda Lakukan

Kedatangan tamu termasuk salah satu momen yang harus dipersiapkan dengan maksimal. Berikut ada beberapa cara untuk menjamu tamu sebaik-baiknya:

• Ada baiknya Anda menyediakan segelas teh kesehatan yang demi mengistimewakan tamu Anda. Apabila Anda ingin menyajikan kepada tamu yang datang segelas minuman, maka jangan sajikan dalam kemasan gelas besar. Sebab jika Anda menyajikan minuman dalam gelas besar dikhawatirkan tamu tidak akan menghabiskan minuman yang Anda siapkan. Persiapkan saja dalam gelas kecil untuk membuat tamu yang datang lebih merasa dihargai.

Teh Sehat, jenis teh dan khasiatnya, macam macam teh herbal
Teh merupakan minuman yang layak disajikan untuk melayani tamu Anda – diminimalis.com

• Porsi minuman yang Anda siapkan bukan berarti Anda sama sekali tidak menghargai atas tamu undangan yang datang, namun lebih kepada membuat tamu bisa menghabiskan minumannya tanpa merasa terlalu kenyang apabila disajikan minuman dalam porsi yang besar, maka kemungkinan besar tamu tidak akan menghabiskan minuman tersebut dan minuman Anda terbuang sia-sia.

• Jika minuman yang Anda sajikan sudah habis, tawarkan kepada tamu yang datang untuk sekedar tambah sedikit minuman yang sudah Anda siapkan. Bisa saja tawaran Anda diterima dan bisa saja tidak diterima. Jadi minimal Anda akan lebih menghargai kedatangan tamu di rumah Anda saat hari raya.

• Persiapkan minuman kemasan gelas di meja Anda. Tujuannya adalah supaya tamu yang datang tidak akan sungkan untuk mengambil minum sendiri di meja. Akan lebih baik jika pilihan minuman kemasan tersebut yang sudah Anda siapkan tidak memiliki ukuran cukup besar. Alasannya bukan karena Anda tidak menghargai tamu, justru membuat tamu nyaman. Bisa jadi tamu yang datang ke rumah Anda terlebih dahulu sudah merasa kenyang di rumah lainnya.

• Siapkan beberapa minuman kemasan dalam keadaan dingin.  Ada beberapa orang yang lebih suka jika minuman kemasan yang diminumnya dalam keadaan dingin. Masukkan beberapa kemasan ke dalam lemari pendingin kemudian ketika tamu datang berkunjung, barulah Anda  keluarkan untuk dinikmati oleh tamu yang datang.

• Apabila Anda menyajikan minuman hangat seperti teh atau kopi jangan campurkan gulanya pada minuman tersebut. Sebab ada beberapa tamu yang sama sekali tidak terbiasa dengan minuman yang terlalu manis. Biarkan tamu yang datang mengatur tingkat kemanisan minumannya sendiri.

• Potonglah camilan Anda dalam ukuran kecil. Tujuannya adalah agar tamu yang datang tidak kesulitan saat akan memakan camilan tersebut. Jadi akan lebih baik jika Anda memilih camilan yang berukuran kecil supaya tamu yang datang mudah saat akan mengambil dan juga lebih mudah saat akan mengkonsumsinya.

Menjamu Tamu Dengan Kesopanan

Tamu yang datang sangat mengharapkan kesopanan yang Anda lakukan. Jika Anda tidak sopan dan menghargai kedatangan tamu tersebut ke rumah Anda maka tamu tidak akan betah datang ke rumah Anda. Bisa jadi kapok saat berkunjung ke rumah Anda. Ada beberapa hal penting saat akan menjamu tamu:

• Apabila Anda mempersiapkan beberapa jenis makanan sekaligus, jangan lupa untuk menyiapkan juga beberapa buah piring kecil di meja. Biasanya yang paling praktis adalah piring yang terbuat dari kertas atau plastik. Tujuannya adalah jika tamu ingin menikmati semua camilan tersebut, tamu hanya tinggal mengambilnya saja.

Tips Menu Buka Puasa Irit, menu buka puasa sederhana dan praktis, menu buka puasa yang praktis, menu buka puasa untuk diet, resep buka puasa sederhana, menu buka puasa berkuah, menu buka puasa kuliner, menu buka puasa dari telur, menu takjil buka puasa
Berikanlah makanan ringan atau buah-buahan untuk tamu Anda – Diminimalis.com

• Jika Anda menyiapkan sajian berupa puding atau es buah, persiapkan sendok kecil untuk memudahkan tamu menyantap  es buah atau puding. Biasanya sendok kecil ini harus Anda letakkan di meja supaya tamu mudah untuk mengambilnya. Sediakan juga gelas untuk penyajian es buah dan piring kecil untuk penyajian puding.

• Apabila Anda menyiapkan makanan besar, usahakan jangan gunakan cabai dalam takaran yang banyak. Sebab tidak semua orang menyukai makanan dengan cita rasa pedas. Termasuk penggunaan garam dan gula pada makanan yang Anda masak dan Anda sajikan pada tamu. Jika perlu sediakan sambal secara terpisah untuk mengakomodasi tamu yang suka dengan cita rasa pedas.

• Sediakan tisu di meja tamu untuk menjaga kebersihan makanan serta kebersihan ruang tamu Anda.

Faktor kebersihan jangan Anda lupakan juga. Selain Anda harus menyediakan tisu di meja makan, sediakan juga tempat sampah kecil di ruang tamu guna mengakomodir tamu Anda yang akan membuang sampah makanannya. Selain itu ruang tamu Anda juga akan lebih bersih meskipun Anda kedatangan tamu dalam jumlah yang cukup banyak.

Menjamu tamu dengan penuh kesopanan merupakan keharusan. Jika Anda tidak memperhatikan setiap kebutuhan tamu yang datang ke rumah Anda maka tamu yang datang sama sekali tidak akan betah berada di rumah Anda serta tidak ingin berada di rumah Anda untuk datang berkunjung. Itulah alasan utamanya mengapa kebutuhan tamu yang datang harus terakomodir dengan baik dengan melakukan tips menjamu tamu dengan baik yang sudah dijelaskan diatas.(an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.