oleh

Tips Menjadi Penulis Lepas untuk Menambah Penghasilan di Rumah

Anda ingin mendapatkan penghasilan hanya dengan bekerja di rumah yang menyenangkan? Jika iya, maka menjadi penulis rumah adalah pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda gemar menulis, maka pekerjaan ini dapat menjadi cara untuk mendapatkan penghasilan menggiurkan setiap bulannya. Untuk itu, Anda perlu memahami tips menjadi penulis lepas yang profesional dan produktif.

Jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa atau bahkan yang sudah bekerja namun masih memiliki waktu luang, maka jangan ragu untuk mencoba menjadi penulis lepas ini. Bagi yang merasa belum berpengalaman atau tidak memiliki bakat dalam menulis, jangan khawatir karena terdapatberbagai tips bekerja menjadi penulis rumah khusus untuk Anda.

 Tips bekerja menjadi penulis di rumah, Tips bekerja menjadi penulis, cara menjadi penulis lepas
Bekerja menjadi penulis lepas, memungkinkan Anda untuk mendapat penghasilan dari dalam rumah – Diminimalis.com

Penulis lepas atau yang juga dikenal sebagai freelance writer dapat memberikan keuntungan tersendiri yaitu adanya fleksibilitas waktu dan tempat ketika bekerja. Anda dapat menulis di rumah maupun di tempat favorit lainnya selain di dalam rumah. Pada dasarnya menulis juga dapat dipelajari dan dibiasakan. Oleh karena itu, jika Anda ingin menjadi penulis rumah, maka jangan ragu untuk mencobanya. Tips bekerja menjadi penulis rumah berikut dapat Anda coba dan pelajari untuk memulai menjadi penulis lepas.

Tips menjadi penulis lepas dan persiapan yang harus Anda pahami

Sebagai panduan untuk menjadi penulis rumah, berikut akan dibahas mengenai tips bekerja sebagai penulis lepas untuk Anda.

a. Sering membaca

 Tips menjadi penulis lepas di rumah, Tips bekerja menjadi penulis, cara menjadi penulis lepas
Membaca banyak buku dapat menambah referensi Anda untuk menulis – Diminimalis.com

Tips menjadi penulis lepas yang pertama adalah perbanyak membaca buku. Karena salah satu hal yang sangat membantu Anda untuk menjadi penulis adalah dengan sering membaca. Anda tidak harus membaca hal yang rumit dan berat, karena bacaan apapun yang ringan juga dapat menambah kosakata Anda. Menambah pengetahuan terkait kosakata sangat penting dan dapat mempermudah Anda dalam menulis. Membaca juga dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif yang nantinya digunakan untuk membangun topik terkait tulisan yang Anda buat.

b. Pahami dasar-dasar dalam menulis

Anda yang tengah atau telah mengenyam pendidikan dasar tentu mendapatkan bekal menulis ini dari pelajaran Bahasa Indonesia. Anda dapat memulai menjadi penulis dengan minimal memahami EBI atau Ejaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.Hal itu sebagai dasar untuk menuliskan kalimat demi kalimat dalam tulisan Anda.

c. Sering berlatih menulis untuk mengasah kemampuan Anda

Jika ingin bekerja sebagai freelance writer, maka Anda harus berlatih menulis. Anda dapat berlatih menulis terkait tema apapun, mulai dari yang ringan hingga bahasan yang agak berat. Selain budaya membaca, berlatih menulis perlu dibiasakan agar memiliki kemampuan yang baik dalam menulis.

Pada akhirnya, tulisan Anda lama-kelamaan kualitas tulisan Anda akan meningkat melalui latihan ini. Salah satu bentuk latihan yang dapat dilakukan adalah dengan menulis melalui blog pribadi. Anda dapat membuat blog gratis untuk melatih kemampuan menulis Anda.

d. Pastikan keaslian dari tulisan Anda

Hal yang tak kalah penting lainnya yaitu memastikan bahwa tulisan Anda adalah murni karya Anda sendiri dan terjaga keasliannya. Jangan coba-coba untuk melakukan copy-paste dari tulisan apapun, karena sekarang sudah terdapat berbagai macam software pendeteksi plagiarisme. Oleh karena itu, berhati-hatilah dalam menulis dan usahakan menggunakan gaya bahasa sendiri namun tetap mudah dipahami oleh khalayak umum.

e. Tetapkan waktu bekerja dan selalu disiplin

Menjadi seorang penulis lepas belum tentu mudah seperti yang dibayangkan oleh sebagian orang. Jika Anda sudah memiliki banyak order dari beberapa klien, maka Anda harus berusaha menyelesaikannya tepat waktu. Jika Anda tidak bisa menyelesaikan sesuai tenggat waktu, maka Anda harus memberi kabar kepada klien terlebih dahulu. Maka dari itu tetapkan jam kerja Anda di rumah dan berusaha disiplin dalam menjalankannya. Apalagi jika menjadi freelance writer ini adalah pekerjaan sampingan Anda.

f. Membangun materi untuk topik tulisan Anda

Sebelum menulis terkait tema atau topik tertentu, Anda tentu perlu memiliki materi untuk bahan tulisan Anda. Membangun materi ini ibarat seperti riset terlebih dahulu terkait topik tertentu. Setelah menemukan bahan atau materi tulisan, Anda harus menemukan garis besar apa yang akan Anda tulis dan jangan lupa untuk menulis dengan gaya bahasa sendiri. No copy-paste!

g. Pahami tentang SEO

 Tips bekerja menjadi penulis di rumah, Tips bekerja menjadi penulis, cara menjadi penulis lepas
Pahami penguasaan SEO bila Anda ingin menjadi content writer untuk – Diminimalisc.om

SEO bukan hal asing bagi para pemilik suatu situs web tertentu. Jika Anda bisa memahami tentang SEO, maka dapat menjadi nilai lebih bagi para penulis rumah. Anda dapat browsing terkait SEO di internet untuk mengetahui dasar-dasar SEO.

h. Promosikan tulisan Anda

Cara menjadi penulis freelance yang menghasilkan keuntungan adalah dengan cara mempromosikan tulisan Anda dan jasa Anda pada situs-situs, web maupun blog terkait jasa penulisan artikel tertentu. Hal itu dapat digunakan untuk menjadi penulis rumah yang bergabung dengan agen artikel. Anda yang tidak ingin bergabung dengan agen tertentu dapat mempromosikan melalui sosial media.

i. Buatlah catatan khusus untuk setiap order yang diterima

Jangan lupa untuk selalu membuat catatan khusus terkait tulisan yang dipesan oleh klien Anda sehingga dapat diketahui tenggat waktunya dan memudahkan dalam proses perhitungan fee nantinya.

j. Selalu tingkatkan kualitas tulisan Anda

Tips bekerja menjadi penulis rumah yang terakhir adalah jangan mudah merasa puas dan selalu tingkatkan kualitas Anda dalam menulis. Anda dapat mengikuti berbagai pelatihan menulis baik secara langsung maupun online.

Itulah ulasan mengenai tips menjadi penulis lepas di rumah yang dapat Anda coba dan terapkan mulai dari sekarang. Nikmati bekerja sebagai penulis rumah dan dapatkan penghasilan yang menguntungkan tanpa harus pergi ke kantor dan menghadapi kemacetan setiap pagi. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed