Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Mengabaikan Tips ini, Membuat Tagihan Air Anda Tetap Membengkak

Ada beberapa kebiasaan yanbg terlihat remeh, namun memberikan dampak hemat dan boros yang signifikan pada tagihan air bulanan Anda - Diminimalis.com

Bagi Anda yang tidak memiliki sumur di rumah Anda, tentu Anda akan selalu bergantung pada air PDAM. Ketika air macet atau tarif naik, Anda tak bisa berbuat apa-apa selain pasrah. Namun jangan khawatir, bagi Anda yang memiliki ketergantungan dengan air PDAM, Anda tetap dapat menghemat pengeluaran bulanan dengan cara yang mudah. Anda bisa menerapkan beberap tips menghemat air PDAM di bawah ini untuk mengurangi pengeluaran bulanan Anda.

tips menghemat air PDAM, cara agar irit pdam, cara berhemat air pdam, trik irit air pdam
Ada beberapa kebiasaan yanbg terlihat remeh, namun memberikan dampak hemat dan boros yang signifikan pada tagihan air bulanan Anda – Diminimalis.com

Tips menghemat air PDAM

Secara teknis, tips menghemat air PDAM ini terbagi menjadi dua cara, yaitu terkait dengan kebiasaan dan terkait dengan alat bantu. Untuk lebih detailnya, Anda bisa menyimak tips tersebut di bawah ini.


Terkait dengan kebiasaan

Pada dasarnya kebiasaan kita saat menggunakan air sangat mempengaruhi boros atau tidaknya air yang kita gunakan. Maka dari itu, dengan menerapkan pola kebiasaan yang benar dalam menggunakan air, Anda dapat mengefisienkan penggunaannya menjadi lebih hemat. Contohnya dengan mematikan kran air saat sedang menggosok gigi.  Karena membiarkan keran terbuka 1 menit sama saja dengan membiarkan 9 liter air terbuang percuma. Akan lebih hemat lagi jika menggunakan gelas saat menggosok gigi, sehingga air tidak mengucur terus menerus.

Selain itu, Anda juga perlu membiasakan untuk menerapkan pola Reuse Water, atau menggunakan ulang air untuk keperluan lain. Tidak semua air yang kita gunakan langsung kita buang begitu saja dengan sekali pakai. Anda bisa menggunakan air bekas cucian sayuran dan buah untuk menyiram tanaman. Selain hemat, air bekas cucian tersebut juga bisa menyuburkan tanaman.

Terkait dengan alat

Setelah Anda menerapkan kebiasaan baru yang efektif tersebut, akan lebih baik lagi apabila Anda juga melakukan upaya terkait dengan alat bantu. Ada 2 alat bantu yang bisa Anda pasang di rumah untuk menghemat penggunaan air, yaitu pemasangan shower untuk mandi dan klep tabok pada meteran PDAM Anda.

Pemasangan Shower untuk Mandi

Mandi menggunakan shower ternyata dapat memberikan perubahan yang signifikan pada penggunaan air PDAM Anda. Shower dapat menyirami tubuh dengan lebih merata dan efisien dibanding dengan gayung. Coba Anda ukur sendiri, ternyata 20 detik Anda mebasahi tubuh dengan shower, hanya setara dengan volume air 1 gayung saja. Artinya per 2 menit Anda menyalakan shower, setara dengan 6 penggunaaan gayung saja. Bukankah ini efektif?

Bandingkan apabila Anda mandi menggunakan gayung. Per 1 gayung dengan volume air penuh, Anda hanya dapat menggunakan untuk mengguyur beberapa bagian tubuh Anda. Dan untuk membasahi seluruh bagian tubuh, Anda akan membutuhkan banyak siraman dari gayung yang boros tersebut.

Penggunaan Klep Tabok

tips menghemat air PDAM, cara agar irit pdam, cara berhemat air pdam, trik irit air pdam
Klep tabok dapat mencegah air yang sudah masuk melewati meteran, agar tidak kembali keluar – Diminimalis.com

Klep tabok atau Check Valve adalah klep yang dipasang untuk mencegah air yang melewati meteran agar tidak keluar lagi. Karena baik air yang masuk atau keluar dari meteran PDAM Anda, semua akan terakumulasi dalam hitungan biaya pengguinaan. Maka dengan memasang klep tabok ini, air yang melewati meteran tidak dapat kembali berbalik arah. Dengan begitu, meteran hanya akan menghitung air yang masuk saja.

Demikian ulasan kami tentang tips menghemat air pada rumah minimalis Anda. Semoga tips di atas dapat membantu mengefisienkan pengeluaran  anggaran air bulanan Anda, semoga bermanfaat. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.