Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Mengecat Pagar Kayu Rumah Minimalis Agar Tahan Lama

pagar kayu perlu dicat untuk memberi warna sekaligus sebagai lapisan pelindung - diminimalis.com

Tahukah Anda apa saja tips mengecat pagar kayu?. Pagar kayu sendiri merupakan salah satu bagian dari eksterior rumah yang tidak hanya berfungsi untuk melindungi rumah, namun juga memberikan sentuhan yang indah. Pagar kayu membuat tampilan rumah menjadi lebih natural dan terlihat klasik. Meski begitu, dibutuhkan perawatan ekstra untuk merawat pagar kayu agar lebih awet dan tetap cantik.

Tips Mengecat Pagar Kayu, cara Mengecat Pagar Kayu, cat pagar kayu
pagar kayu perlu dicat untuk memberi warna sekaligus sebagai lapisan pelindung – diminimalis.com

Tips Mengecat Pagar Kayu Agar Tahan Lama

Pagar kayu umumnya menggunakan kayu jenis kayu ulin, kayu cedar, merbau, mahoni dan lain-lain. Pagar kayu harus dirawat dengan baik karena rentan terhadap panas, jamur serta keropos oleh rayap. Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan tips mengecat pagar kayu agar pagar Anda tahan lama, diantranya adalah:


Tips Mengecat Pagar Kayu, cara Mengecat Pagar Kayu, cat pagar kayu
pagar kayu yang dicat dengan baik, akan lebih terlindungi dan tahan lama – diminimalis.com

1. Pilih cat kayu khusus

Cat khusus yang dimaksud adalah yang tahan terhadap segala cuaca. Anda dapat menggunakan cat politur khusus eksterior untuk melindungi pagar dari sinar UV yang dapat membuat warna pagar kayu menjadi pudar dan tidak tahan lama.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Inspirasi Sekat Pembatas Ruangan Tanpa Membuatnya Menjadi Sempit

2. Gunakan cat water based

Cat water based umumnya menggunakan pengencer air yang sifatnya fleksibel terhadap perubahan suhu, sehingga pagar kayu dapat terlindungi dari pemuaian dan penyusutan serta tidak mudah retak

3. Gunakan pelapis atau obat untuk pagar kayu

Saat ini sudah banyak pelapis atau obat untuk melindungi kayu yang dijual di pasaran. Pelapis tersebut melindungi kayu dari sinar matahari serta mencegah jamur yang hinggap pada permukaan kayu akibat suhu yang lembab

4. Gunakan lapisan anti rayap sebelum memoles cat

Anda perlu menambahkan lapisan anti rayap agar pagar kayu Anda awet dan tidak keropos dimakan oleh kawanan rayap. Untuk perawatannya, Anda dapat menyemprotkan cairan pengusir rayap secara berkala setiap 6 bulan sekali.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Jenis Obat Kolam Renang untuk Merawat Kolam Renang Minimalis Anda

Itulah beberapa tips mengecat pagar kayu agar tahan lama. Pagar kayu memang memiliki keunggulan dari segi estetikanya. Pagar kayu yang dirawat dengan baik membuat rumah jauh lebih elegan dan tampak mewah meskipun menggunakan bahan alam. Meskipun bahan kayu rentan terhadap rayap, jamur dan panas, jika Anda merawatnya dengan baik bukan tak mungkin pagar kayu akan lebih awet dan cantik. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara merawat pagar kayu agar tetap awet dan tahan lama di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Merawat pagar kayu agar tetap awet dan tahan lama

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.