oleh

Tips Mengatasi Taman Becek di Musim Hujan dengan Cara Paling Simpel

Tren rumah minimalis saat ini biasanya dilengkapi dengan adanya taman di halaman depan atau samping rumah. Taman yang berada di bagian depan ini tentu ingin selalu dijaga kebersihan serta kerapihannya karena akan langsung terlihat oleh orang-orang yang melintas. Pada musim hujan, cipratan air dari tanah dapat mengotori dinding rumah bagian depan.Kondisi ini tentu membuat dinding terlihat kotor dan kumuh. Untuk itu, Anda perlu memahami tips mengatasi taman becek, agar keindahan taman Anda tetap terjaga.

 Tips Mengatasi Taman Becek, Mengatasi Taman tergenang, cara membuat drainase taman
Kondisi becek membuat membuat kita tidak maksimal untuk menikmati taman di ruamh – Diminimalis.com

Penyebab Taman yang Tergenang Air

Selain membuat tampilan rumah terlihat kotor, air hujan yang menggenang dan becek juga dapat merusak tanaman-tanaman yang ada di halaman Anda. Tergenangnya tanaman oleh air menyebabkan akar tanaman kekurangan oksigen sehingga dapat berakibat pada kematian tanaman. Sebelum mencari cara mengatasi genangan air di halaman rumah ini Anda harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari tergenangnya air di taman Anda seperti:

1. Tidak adanya saluran untuk aliran air hujan

Sistem drainase yang sudah memadai perlu didukung dengan adanya jalan untuk aliran air dari taman menuju saluran pembuangan air. Anda perlu membuat jalan sebagai tempat mengalirnya air agar air tidak penuh di bagian taman.

2. Kurang baiknya sistem drainase rumah

Tergenangnya air yang membuat taman menjadi becek bisa disebabkan karena sistem drainase rumah yang tidak sempurna. Tidak adanya saluran air untuk mengalirkan dan menampung air hujan membuat air hujan tidak dapat dialirkan ke luar bagian taman. Hal inilah yang membuat air menjadi tergenang dan becek.

3. Kurangnya tanaman di halaman rumah

Membuat taman tropis sendiri, jenis tanaman tropis untuk taman, taman tropis depan rumah, pengertian taman tropis, taman tropis belakang rumah, taman tropis minimalis, konsep taman tropis, konsep taman hutan tropis
Perbanyaklah tanaman di taman rumah minimalis Anda, untuk memaksimalkan penyerapan air di taman rumah minimalis Anda – Diminimalis.com

Jika terdapat genangan di bagian taman rumah Anda perhatikan apakah jumlah tanaman yang ada sudah cukup atau belum. Keberadaan tanaman berfungsi untuk membantu penyerapan air hujan yang jatuh ke tanah.
Kondisi taman yang gersang dengan jumlah tanaman sedikit bisa menjadi penyebab kurang cepatnya tanah menyerap air yang jatuh. Akibatnya air hujan ini menggenang di atas permukaan tanah dan membuat taman menjadi becek.

4. Kurang pas nya kemiringan taman

Apabila taman sudah memiliki banyak tanaman, ada saluran pembuangan air serta sistem drainase sudah baik tetapi masih terdapat genangan Anda perlu menganalisa sebab lain. Bisa jadi kemiringan dari taman Anda kurang pas sehingga air tidak dapat mengalir sebagaimana mestinya.

5. Ketahui jenis tanah di taman Anda

Jenis-jenis tanah tertentu bisa membuat taman menjadi becek ketika tergenang air, contohnya tanah liat. Kemampuan tanah liat dalam menyerap air memang kurang baik sehingga taman akan menjadi becek ketika hujan. Anda perlu memperbaiki struktur tanah agar taman tidak tergenang air.

Cara Mengatasi Taman Becek

Setelah mengetahui sumber masalah dari tergenangnya air di taman Anda, selanjutnya Anda dapat mengambil cara mengatasi taman becek yang paling tepat dan sesuai. Beberapa solusi genangan air yang dapat Anda lakukan diantaranya :

1. Penuhi permukaan taman dengan tanaman-tanaman penutup tanah

Semakin banyak tanaman yang ada di atas permukaan tanah maka akan semakin tinggi kemampuan tanah dalam menyerap air hujan. Anda bisa tutup permukaan tanah dengan rumput-rumputan. Selain membuat taman menjadi lebih hijau dan rapi, cara penanganan genangan air ini terbilang cukup efektif.

2. Buat saluran untuk tempat aliran air hujan

Buatlah saluran air untuk mengalirkan air berlebih di taman Anda ke sistem drainase yang ada di rumah. Anda bisa membuat saluran berupa jalur yang dibuat cekung dengan kedalaman tertentu yang bermuara di got ataupun selokan di halaman rumah Anda.

3. Sesuaikan kemiringan taman

Solusi ini bisa dipergunakan apabila penyebab dari beceknya halaman rumah Anda karena kemiringan yang kurang sesuai. Anda bisa menyesuaikan kemiringan halaman dengan cara menambah jumlah tanah hingga mencapai kemiringan yang diinginkan.

4. Buat komposisi tanah yang pas agar dapat menyerap air

cara mengolah tanah taman, jenis tanah yang baik untuk tanaman, tanah untuk taman
Taman yang baik perlu didasari oleh pengelolaan tanah yang tepat – diminimalis.com

Apabila taman Anda terdiri dari jenis tanah liat sebaiknya Anda paham cara memperbaiki komposisi tanah taman Anda dengan menambahkan kompos atau humus. Kompos ini bisa meningkatkan kemampuan tanah dalam menyerap air sehingga tidak ada air yang menggenang di atas permukaan tanah.

5. Buat jalur untuk berjalan dari material keras

Apabila genangan air sulit untuk dihindari maka sebaiknya Anda buat jalur-jalur khusus untuk pijakan kaki ketika berjalan di taman. Perlu diingat bahwa jangan buat terlalu banyak perkerasan di dalam taman karena akan semakin mengurangi kemampuan penyerapan air.

Apapun musimnya, taman tetap perlu dirawat dan diperlihara setiap hari. Taman yang tertata dengan baik tentu akan semakin memanjakan siapa saja yang melihatnya. Cara-cara mengatasi taman becek ini bisa Anda terapkan ketika musim hujan tiba agar taman tetap cantik. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed