Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Mencegah Rumah dari Kebakaran di Area Padat Penduduk

Kebakaran rumah dapat dicegah dengan bermacam-macam cara - diminimalis.com

Bila Anda tinggal di kawasan pemukiman padat penduduk, maka sebaiknya Anda mencari tahu beberapa tips mencegah rumah dari kebakaran. Pemukiman padat penduduk rawan terhadap kebakaran karena jarak rumah yang saling berdekatan sehingga tidak ada lahan kosong yang dapat digunakan untuk mencegah api merembet ke rumah lainnya.

Tips Mencegah Rumah dari Kebakaran, Tips Mencegah Rumah dari Kebakaran listrik, cara mencegah terjadinya kebakaran
Kebakaran rumah dapat dicegah dengan bermacam-macam cara – diminimalis.com

Tips mencegah rumah dari kebakaran

Kebakaran di kawasan padat penduduk akan terus terjadi jika masyarakat sekitar tidak memiliki persiapan untuk menanggulanginya. Pencegahan kebakaran rumah dapat dimulai dari rumah Anda agar keamanan dan kenyamanan rumah senantiasa tetap terjaga. Pada kesempatan kali ini, kami akan memberikan tips mencegah rumah dari kebakaran di area padat penduduk.


1. Menggunakan enerji listrik dengan benar

Kebakaran rumah di kawasan padat penduduk sering disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek aliran listrik karena kelalaian dari si pemilik rumah. Oleh karena itu gunakan enerji listrik dengan bijak, misal mematikan listrik jika sudah tidak digunakan, periksa instalasi listrik dan lakukan penggantian isolasi sambungan kabel 2 tahun sekali serta periksa kelayakan colokan listrik setiap 6 bulan sekali.

Desain interior dapur minimalis, desain dapur minimalis, dapur minimalis, desain dapur, tips desain dapur, rumah minimalis, backsplash dapur
dapur minimalis dengan penataan yang tepat juga bisa menghindarkan rumah dari kebakaran – diminimalis.com

2. Pilih desain dapur yang aman

Desain dapur yang baik adalah yang berada di ruangan dengan ventilasi udara yang cukup sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran gas tabung LPG. Hindari penempatan tabung gas LPG dengan kompor pada satu dinding serta penggunaan material yang mudah terbakar.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Mendesain Perpustakaan Pribadi di Rumah dengan Simpel dan Mudah

3. Pilih bahan bangunan yang tahan terhadap api

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah kebakaran adalah menghindari bahan-bahan bangunan yang dapat memicu merembatnya api ke setiap sudut rumah seperti kayu. Anda menggunakan batu bata dan rangka baja ringan sebagai alternatif bahan bangunan yang tahan api.

4. Susunlah perabotan rumah dengan rapi

Menyusun perabotan rumah dengan rapi ternyata dapat mencegah kebakaran di rumah Anda. Perabot rumah tangga yang berserakan dapat menghambat proses evakuasi saat terjadi kebakaran dan mempercepat menjalarnya api ke setiap sudut ruangan. Oleh karena itu susunlah perabot rumah tangga dengan baik dan hindari menggunakan perabot rumah tangga yang rentan terhadap api.

5. Memperhatikan beberapa bagian rumah

Anda dapat memulainya dengan memeriksa colokan listrik serta kabel yang berada di beberapa bagian rumah. Hindari mencolok perangkat ke saluran listrik secara berlebihan. Ganti kabel-kabel lama setiap 5 sampai 10 tahun sekali. Selain itu, jauhkan benda-benda yang dapat memicu kebakaran di sekitar dapur terutama kompor.

6. Menata ruang dengan baik

Ternyata menata ruang turut andil dalam menciptakan rumah anti kebakaran. Anda sebaiknya juga mulai memikirkan untuk membuat sekat atau partisi yang dapat dibuka. Anda juga bisa membuat tangga darurat dengan desain yang tidak rumit.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Mendekorasi Rumah Minimalis Untuk Menyambut Tahun Baru, Ini Caranya

7. Pasang Wallpaper

Wallpaper merupakan jenis bahan yang digunakan untuk menutupi dan menghiasi dinding rumah atau gedung. Wallpaper banyak dipasang di dinding karena memiliki corak yang beragam dan tahan terhadap api, sehingga mampu meredam kebakaran. Ada beberapa jenis bahan wallpaper, yaitu vinni wallpaper, pre-pasted walpaper, lining paper. Selain digunakan untuk memperindah ruangan, fungsi lain wallpaper memang efektif dapat melindungi dinding dari api.

8. Gunakan Kayu tahan Api

Kayu tahan api bukanlah kayu yang berasal dari jenis tumbuhan yang tahan terhadap api, namun kayu tersebut merupakan kayu yang sudah dilindungi dengan cairan khusus yang mampu menangkal api. Untuk dapat memiliki kayu tahan api, kita cukup perlu memiliki cairan pelindung tersebut untuk dilapisi ke kayu rumah minimalis kita.

Itulah beberapa tips mencegah rumah dari kebakaran di area padat penduduk. Sudah sering kita menyaksikan berita kebakaran di televisi yang menghanguskan rumah dan menewaskan beberapa orang. Oleh karena itu lakukan pencegahan sejak dini mulai dari rumah Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang kayu tahan api , inovasi bahan konstruksi yang aman untuk rumah Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Kayu tahan api , inovasi bahan konstruksi yang aman untuk rumah Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.