oleh

Tips Menata Mainan Anak yang Sebaiknya dipahami para Orang tua

Konsekuensi memiliki seorang anak tentu saja harus menyediakan mainan terbaik dan aman untuk dimainkan oleh anak kita. Mainan yang sebaiknya Anda pilih untuk anak tentunya harus aman dan memiliki nilai edukatif, untuk mendukung tumbuh kendang buah hati Anda. Namun memang, banyak orangtua yang sering tidak sadar sudah terlalu banyak membelikan mainan hingga sulit menatanya. Sekilas memang terlihat sederhana, namun sejatinya menata mainan anak haruslah dikonsep dengan tepat, agar mudah dijangkau oleh anak bila sewaktu-waktu ingin memainkannya. Untuk itu, ada baiknya Anda memahami tentang tips menata mainan anak yang tepat, agar Anda tidak kerepotan menata ruangan.

tips Menata Mainan Anak wadah mainan anak, model rak mainan anak, desain lemari mainan anak, desain tempat mainan anak, box tempat menyimpan mainan anak, cara membuat tempat mainan anak dari kardus, lemari untuk menyimpan mainan anak, penataan mainan anak
Mainan anak haruslah ditata dengan rapi, agar ruang bermain tidak berantakan – Diminimalis.com

Maka dari itu, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips menata mainan anak dengan cara yang tepat, agar mudah dijangkau oleh anak Anda, dan tidak membuat ruang bermain tersebut berantakan. Lebih jelasnya, simak ulasan kami berikut ini:

Tips Menata Mainan Anak yang yang Efektif

• Mengelompokkan mainan

Pertama, lakukanlah pengelompokkan mainan. Hal ini menjadi wajib dilakukan terutama untuk Anda yang membelikan banyak mainan dengan jenis yang berbeda-beda. Kelompokkan mainan berdasarkan jenisnya misalnya kelompok mainan mobil-mobilan, boneka, orang-orangan, lego, dan sebagainya.

• Memperhatikan mainan yang paling disuka

Setiap anak pastinya memiliki mainan yang paling disukai bahkan harus selalu ada dekat dengan mereka. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan apa saja mainan yang paling disukai oleh anak Anda. Setelah menemukannya, prioritaskan mainan tersebut di tempat yang paling mudah dijangkau agar anak tidak kerepotan saat ingin bermain.

• Menjauhkan mainan yang harus disertai pengawasan

Terkadang ada beberapa mainan yang memang dibeli karena menarik namun sedikit membahayakan anak. Beberapa mainan anak yang sekiranya memiliki potensi membahayakan anak. Untuk jenis mainan tersebut, Anda harus menatanya di tempat yang sulit dijangkau oleh anak Anda.

Selain ketiga hal dasar yang telah dijelaskan di atas, terdapat beberapa ide yang penting diperhatikan agar rumah rapi walaupun anak terdapat banyak mainan anak. Beberapa ide menata main anak yang dimaksud antara lain sebagai berikut:

• Membeli lemari mainan anak

Membeli lemari mainan anak merupakan pilihan terbaik untuk membuat seluruh mainan menjadi tersimpan rapi. Saat ini pun banyak sekali jenis lemari mainan namun yang paling laris adalah lemari mainan anak minimalis. Lemari ini memiliki desain yang modern dan mendukung gaya rumah minimalis dengan nilai fungsi maksimal namun tidak membuat ruangan menjadi terasa sesak.

• Memiliki ruangan khusus untuk anak bermain-main

Menyewa Mainan Anak, rental mainan anak, sewa mainan anak
Ruang bermain anak di dalam rumah minimalis, bisa diisi dengan mainan yang disewa di rental mainan anak – diminimalis.com

Jika Anda memiliki sebidang ruangan yang masih bisa dimanfaatkan, tidak ada salahnya untuk membuatkan ruangan khusus untuk bermain abuah hati Anda. Ruangan tersebut akan menjadi seperti istana bermain anak sehingga anak menjadi lebih senang bermain di sana, tanpa perlu membuat ruangan lain berantakan. Tips menata mainan anak ini bisa dilakukan baik dengan membuat ruangan khusus didalam rumah maupun memanfaatkan halaman luar rumah.

• Memanfaatkan ruangan secara maksimal

Rumah Anda bisa tetap rapi walaupun banyak mainan anak jika bisa memanfaatkan ruangan dengan baik. Misalnya memodifikasi dinding sebagai tempat penyimpanan, memilih lemari gantung, dan menempatkan lemari atau wadah mainan ditempat yang pas.

• Mengajak anak untuk bertanggungjawab pada mainannya

Ide penataan mainan bukan hanya sekadar pemanfaatan ruangan atau pembelian wadah mainan. Anda bisa mulai mengajarkan dan mencontohkan untuk selalu menyimpan mainan pada tempatnya setelah selesai digunakan. Selain membuat rumah selalu rapi, hal ini sangat baik untuk pembelajaran anak Anda.

• Pemberian label pada masing-masing kelompok wadah mainan

Apapun bentuk wadah mainan anak Anda, baik itu berupa box, lemari laci, dan sebagainya, sebaiknya diberikan label yang jelas sesuai dengan jenis pengelompokkannya. Hal ini menjadi penting untuk memudahkan anak Anda saat mencari mainan yang diinginkan, agar tidak membuat ruangan menjadi berantakan. Jadi, bukan hanya sekadar mengupayakan mainan menjadi rapi, namun penting juga mencegah agar mainan tidak dibuat berantakan oleh anak Anda.

Wadah Mainan Anak Hemat Biaya

Menata Mainan Anak wadah mainan anak, model rak mainan anak, desain lemari mainan anak, desain tempat mainan anak, box tempat menyimpan mainan anak, cara membuat tempat mainan anak dari kardus, lemari untuk menyimpan mainan anak, penataan mainan anak
Sediakanlah wadah mainan anak sederhana – Diminimalis.com

Wadah mainan anak kadang dijual dengan harga mahal. Namun untuk Anda yang ingin berhemat, terdapat beberapa tambahan tips yang bisa dilakukan antara lain sebagai berikut:

• Membuat tempat mainan dari kardus

Pembuatan wadah mainan bisa dengan memanfaatkan kardus. Apapun jenis kardusnya baik kardus baru maupun bekas, bisa dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai mainan anak dan mengelompokkan sesuai jenisnya. Agar menarik, hiaslah kardus tersebut dengan kertas kado untuk menutupi seluruh permukaan kardus.

• Membeli tenda kecil

Tenda kecil untuk anak bisa juga dimanfaatkan sebagai salah satu alat untuk menata mainan. Tenda kecil selain menjadi sarana bermain anak bisa juga digunakan untuk meletakkan mainan anak terutama untuk mainan yang paling disuka. Dibandingkan dengan membeli lemari atau box khusus mainan, harga tenda kecil untuk anak-anak lebih terjangkau.

Itulah tadi berbagai hal yang harus diperhatikan jika rumah Anda ingin terlihat rapi walau anak memiliki banyak mainan. Berbagai tips menata mainan anak ini semoga membantu Anda untuk bisa mengkondisikan rumah dengan lebih rapi.(an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed