oleh

Inilah Tips Memelihara Kucing di Rumah yang Sebaiknya Kita Pahami

Memelihara kucing terbilang mudah namun tidak bisa juga menganggap terlalu enteng. Binatang peliharaan yang satu ini sebenarnya tidak membutuhkan perhatian yang terlalu menyita tenaga, namun tetap saja perlu sejumlah pengetahuan penting untuk memeliharanya di rumah. Jika Anda masih tergolong baru dalam hal pemeliharaan kucing, Anda sebaiknya memahami terlebih dahulu tips memelihara kucing di rumah.

Sebenarnya tips memelihara kucing di rumah cukup simpel sangat sederhana. Meski demikian, jika tidak diperhatikan dengan baik, kucing perliharaan Anda bisa dengan mudah terkena penyakit. Maka dari itu, penting sekali memperhatikan tips-tips penting memelihara kucing di rumah yang benar.

Tips Memelihara Kucing di Rumah, cara memelihara kucing persia, cara merawat kucing kampung, cara memelihara kucing anggora bagi pemula, cara merawat kucing ras, perawatan kucing di rumah, cara memelihara anak kucing, cara merawat kucing liar, cara merawat kucing dengan sederhana
Bila Anda memelihara kucing di rumah, sebaiknya Anda memahami dasar perawatannya yang tepat – Diminimalis.com

Tips Memelihara Kucing Di Rumah yang Tepat

Sebelum berbicara masalah teknis ,terdapat satu hal penting yang harus Anda perhatikan, yaitu soal komitmen. Memelihara kucing akan membuat Anda harus mau merelakan waktu untuk membersihkan kotoran, membersihkan kandang, memandikan, rutin memberikan makan, dan hal-hal penting lainnya. Konsekuensi tersebut haruslah disadari terlebih dahulu karena memang nantinya akan ada hal-hal yang harus dikeluarkan oleh Anda baik dari segi tenaga, waktu, dan juga materi.

Ragam Tips Memelihara Kucing Di Rumah yang Sangat Penting

Kali ini kami akan membagikan ragam tips memelihara kucing di rumah yang sangat penting untuk diperhatikan. Tips berikut ini merupakan tips dasar dalam hal pemeliharaan kucing dan berlaku untuk mayoritas jenis kucing yang ada. Apa sajakah tipsnya?

• Memelihara anak kucing.

Tips pertama adalah soal pemeliharaan anak kucing. Perlu diketahui, kebutuhan nutrisi anak kucing dan kucing dewasa bisa dibilang dua kali lipatnya. Pada tahap awal, pemberian makan memang cukup banyak dan baru diminggu kelima Anda bisa berikan makan sebanyak empat kali sehari secara rutin. Berikan juga makanan dengan merek yang sama agar tidak membuat anak kucing bingung dan juga untuk membantu tahap adaptasi pencernaannya.

• Larangan pemberian pakan anjing untuk kucing.

Jangan berikan makanan anjing untuk kucing. Walaupun beberapa kasus tidak ditemukan adanya masalah, namun makanan anjing tidak memiliki kandungan taurin yang dibutuhkan oleh kucing terutama untuk anak kucing. Kandugan ini berguna untuk membuat kucing terhindar dari penyakit mata kabur dan penyakit jantung.

• Pemberian makanan rumahan.

tips meninggalkan rumah saat mudik, tips meninggalkan rumah mudik, tips rumah ditinggal mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, tips rumah mudik, tips rumah aman mudik, tips rumah aman saat mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, tips rumah ditinggal mudik, rumah kosong mudik lebaran, tips meninggalkan rumah ketika mudik, tips aman meninggalkan rumah ketika mudik, Tips rumah ditinggal mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, mudik lebaran, info mudik
Berilah makanan rumahan untuk kucing peliharaan Anda – Diminimalis.com

Kucing memang bisa diberikan makanan rumahan seperti misalnya nasi. Bahkan agar tidak menyusahkan, pembiasaan pemberian makanan rumahan dan juga susu diberikan sejak usia dini. Meski begitu, waktu terbaik untuk membiasakannya dimulai ketika kucing berumur 8 bulan.

• Tips memandikan kucing.

Orang yang baru memelihara kucing umumnya tidak begitu memahami bagaimana tips memandikan kucing yang baik. Kucing sebaiknya tidak dimandinkan terlalu sering karena bisa menyebabkan adanya potensi gangguan kulit dan bulu. Hindari menggunakan air hangat karena bisa membuat bulu kucing menjadi rusak. Untuk jadwalnya, sebaiknya hanya dilakukan sekitar satu minggu sekali.

• Memelihara bulu kucing.

Tips ini berfungsi untuk Anda yang memiliki kucin berbulut lebat seperti misalnya anggora. Tipsnya adalah selalu rutin menyikat bulu kucing dengan menggunakan sikat khusus kucing agar tidak menyakitinya. Menyikat bulu kucing secara rutin akan membuat bulu kucing selalu bersih dari bakteri dan kuman.

• Mengajak bermain.

Memelihara hewan peliharaan
Ajaklah kucing Anda untuk bermain-main di rumah – Diminimalis.com

Kucing yang sehat bukan hanya sekadar diperhatikan nutrisi atau makanannya namun juga penting sekali diajak bermain. Jika kucing hanya dikurung di dalam kandang maka akan membuat pertumbuhan dan perkembangannya terganggu. Sebaliknya, jika sering diajak bermain dan diberikan rangsangan untuk membuat kucing menjadi aktif, akan membuat kucing tersebut menjadi pintar, lincah, dan dekat dengan pemiliknya.

• Mengajarkan kebiasaan baik.

Kucing termasuk hewan peliharaan yang cerdas. Hewan ini dapat mengerti kebiasaan yang diajarkan atau ditularkan berulang-ulang oleh pemiliknya misalnya untuk membuang hajat di kamar mandi, tidur di tempatnya, dan makan di tempat yang Anda inginkan. Kebiasaan ini harus dilatih dengan penuh kesabaran dan ketegasan dari Anda sebagai pemiliknya.

• Vaksinasi.

Kucing yang sehat dan tidak berpotensi memelihara penyakit juga harus diberikan vaksin. Untuk vaksin apa saja yang harus diberikan, konsultasikan dengan dokter hewan terdekat.

• Mencuci kandang.

Kandang dari kucing juga harus diperhatikan kebersihannya. Bisa jadi kucing yang Anda miliki terjaga kebersihannya namun pada kandangnya justru menjadi sarang bakteri dan kuman. Sebaiknya, usahakan untuk membersihkan kandang sebanyak seminggu sekali secara menyeluruh.

Jika Anda memiliki konsep rumah minimalis dan memiliki ruang yang dapat dimanfaatkan dengan baik, berikan ruangan khusus agar kucing bisa bermain-main dengan leluasa. Pembuatan ruangan khusus untuk kucing akan membuat kucing menjadi memiliki tempat yang nyaman untuk bermain-main dan mengurangi stres.

Itulah tadi rangkuman tips penting memelihara kucing di rumah yang harus Anda perhatikan. Awalnya rutinitas ini cukup melelahkan, namun dengan memahami tips memelihara kucing di rumah tersebut, lama-kelamaan Anda akan menikmati prosesnya.Selain memahami cara merawat kucing yang tepat, Anda juga perlu menyediakan perlengkapan dasar memelihara kucing di rumah. (an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.