Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Memelihara Ikan Akuarium Air Tawar di Rumah Minimalis

akuarium yang juga didesain menjadi meja ruang tamu - diminimalis.com

Tips memelihara ikan akuarium merupakan hal yang sangat penting. Tanpa memiliki pemahaman yang benar tentang pemeliharaan ikan ini, akan berakibat buruk terhadap ikan yang kita pelihara. Alih-alih ingin mendapatkan sensasi tenang dan bisa mengobati stress saat dengan melihat ikan-ikan yang melenggak-lenggok kesana kemari, jutsru bisa jadi kita dapati si akan yang stres duluan karena akuarium yang kita siapkan tidak nyaman untuk ditinggali.

tips memelihara ikan akuarium, tips merawat ikan hias di akuarium, tips merawat ikan di akuarium
akuarium yang terawat membuat ikan sehat – diminimalis.com

Ikan merupakan satwa air yang memiliki jenis yang sangat beragam. Maka kita harus bisa memahami berbagai jenisnya, makanannya, karakter serta kebiasaannya. Bila kita asal-asalan memeliharanya, maka bisa jadi ikan-ikan tersebut akan stress karena habitatnya tidak sesuai dengan karakter dasarnya.


Tips memelihara ikan akuarium dengan benar

Di bawah ini kami uraikan tips memelihara ikan di akuarium supaya bisa nyaman dan memberi kita efek positif saat melihatnya.

1. Bedakan Jenis ikan

Ini merupakan hal dasar yang harus Anda pahami. Anda harus bisa membedakan jenis ikan yang akan Anda pelihara dan memahami karakter dasarnya. Jenis ikan secara umum dibedakan menjadi tiga, yaitu :
Ikan Agresif, yaitu ikan yang suka menyerang ikan jenis lainnya, diantaranya: ikan louhan, ikan arwana, ikan piranha, ikan oscar dan lain sebagainya.

Baca juga artikel menarik berikut >>  6 Warna Kamar Tidur yang Berefek Baik Bagi Psikologi Anda

Ikan Non Agresif, yaitu ikan yang tidak menyerang ikan jenis lainnya, diantaranya : ikan mas koki, ikan komet, ikan platy dan lain sebagainya.

Ikan Teritorial, yaitu ikan yang mempunyai daerah kekuasaan, diantaranya : ikan niasa, ikan lemon, ikan manfish, ikan gurami mini dan lain sebagainya.

Peraturan penempatan jenis ikan :
• Ikan agresif tidak boleh dicampur ikan non agresif
• Ikan agrasif tidak boleh dicampur dengan ikan teritorial
• Ikan Non agrasif boleh dicampur ikan teritorial asal akuariumnya cukup besar dan terdapat banyak tumbuhan air dan karang.

2. Pahami Habitat Ikan

Habitat ikan terbagi menjadi tiga yaitu: arus air, kedalaman air, dan cahaya di dalam air.              

tips merawat akuarium, tips merawat ikan hias di akuarium, tips merawat ikan di akuarium
perhatikan arus air di dalam akuarium – diinimalis.com

Arus air

Arus air terbagi menjadi dua, yaitu : arus deras dan arus tenang. Bila anda memelihara ikan air deras seperti koki, platy dan dollar, maka butuh filter yang menyemburkan air mengalir. Bila anda memelihara ikan air tenang seperti manfish, gurami mini, sepat mutiara, oscar dan louhan, maka Anda perlu memberi pembatas berupa batu atau karang di depan semburan filter agar mereka tidak terganggu arus deras.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Mini Bar Cantik Membuat Dapur Rumah Minimalis Semakin Elegan

Kedalaman air

Kedalaman air terbagi menjadi tiga, yaitu : atas, tengah dan bawah.
Contoh Ikan atas yaitu ; platy, guppy dan molly. Contoh ikan tengah yaitu : koki, komet dan manfish. Contoh Ikan bawah yaitu : ikan pembersih kaca, botia, niasa dan lemon.

Cahaya di air :

Beberapa jenis ikan suka dengan cahaya, tapi ada juga yang tidak suka cahaya. Contoh ikan yang tidak menyukai cahaya adalah ikan neon tetra karena tubuhnya dapat menyala seperti neon. Ikan ini tidak nyaman berada di tempat terang karena tubuhnya mampu menyala.

3. Pahami Jenis Makanan Ikan

Berdasarkan makanannya, ikan terbagi 3, yaitu: karnivora, herbivora dan omnivora                             karnivora memakan hewan seperti udang, cacing, ulat dan lain sebagainya.
herbivora memakan tumbuhan seperti lumut, alga dan lain sebagainya.
omnivora memakan hewan dan tumbuhan.

Demikian uraian kami tentang tips memelihara ikan akuarium, Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang manfaat memelihara ikan akuarium di dalam rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Manfaat akuarium bagi Anda pemilik rumah minimalis

Leave A Reply

Your email address will not be published.