Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Memasak Sehat untuk Sajian Terbaik Keluarga Anda

masakan perlu dolah dengan cara sehat untuk memberikan sajian terbaik bagi keluarga - diminimalis.com

Tips memasak sehat penting diketahui oleh ibu-ibu untuk menyajikan hidangan terbaik bagi keluarga.Selain itu, memasak  menjadi salah satu hal yang meyenangkan bila dan dapat menghilangkan stress. Namun tahukah Anda memasak juga dapat menjadi hal yang berbahaya dan tidak sehat jika Anda melakukan beberapa hal yang sebenarnya tidak Anda sadari.

 Tips Memasak Sehat, cara mengolah sayuran dengan baik, cara memasak sayur agar gizinya tidak hilang
masakan perlu dolah dengan cara sehat untuk memberikan sajian terbaik bagi keluarga – diminimalis.com

Tips Memasak Sehat

Untuk meyajikan makanan yang enak dan pastinya sehat untuk keluarga tercinta, lakukan beberpa tips memasak sehat berikut:

1. Mencuci Bahan Makanan

Sebelum Anda memasak, janganlah lupa untuk mencuci terlebih dahulu bahan makanan yang hendak Anda masak. Terutama sayuran agar terhindar dari berbagai zat berbahaya seperti sisa residu insektisida. Dan jika memungkinkan cucilah bahan makanan Anda pada air yang mengalir.

2. Hindari Makanan Setengah Matang

Untuk beberapa jenis makanan tertentu hindarilah mengkonsumsinya dalam keadaan setengah matang. Hal ini dikarenakan jika dikonsumsi dalam keadaan setengh matang akan menyebabkan kuman dan bakteri yang terkandung di dalamnya belumlah mati dan dapat menginfeksi tubuh.

 Tips Memasak Sehat, cara mengolah sayuran dengan baik, cara memasak sayur agar gizinya tidak hilang, Furniture Dapur Sehat, Furniture Dapur Sehat sejahtera, tips Dapur Sehat , Mendekorasi dapur sempit, cara Mendekorasi dapur sempit, dekorasi dapur minimalis
gunakan peralatan dapur yang baikuntuk memasak- diminimalis.com

3. Menggunakan Peralatan Masak yang Baik

Peralatan masak merupakan salah satu hal yang dapat memepengaruhi hasil masakan Anda. Gunakanlah alat masak yang baik, seperti logam yang tidak akan bereaksi ketika terkena suhu tinggi. begitu pula dengan tempat penyajian, perhatikanlah bahannya terutama jika Anda menggunakan bahan yang terbuat dari plastik, karena terdapat beberapa jenis plastik yang bereaksi pada suhu tinggi.

4. Teknik Memasak

Lakukanlah cara memasak sesuai dengan teknik yang digunakan dengan benar. Untuk memasak terdapat beberapa teknik dinataranya adalah mengukus, merebus, membakar, memanggang, dan menumis atau menggoreng. Masing-masing teknik tersebut memiliki cara yang berbeda misalkan ketika merebus, janganlah terlalu lama terutama untuk merebus berbegai jenis sayuran agar mineral dan vitamin yang ada di dalamnya tidak hilang, serta ketika selesai menggoreng berbagai jenis makanan ada baiknya di tiriskan terlebih dahulu di atas tisu agar minyaknya hilang.

5. Cobalah memasak ala Vegetarian

Menurut penelitian di Amerika, para nabatiwan lebih sehat, panjang umur, bahkan awet muda. Mereka juga terhindar dari penyakit jantung. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa serat dalam sayur dan buah amat berguna bagi kesehatan yang mengakibatkan populernya vegetarianisme di dunia.

Penelitian juga menunjukkan wanita vegetarian yang telah memasuki menopause akan berkurang risiko penyakit jantung, kanker endometrium dan kanker payudara dibanding wanita dengan diet normal.

Masakan Vegetarian merupakan jenis-jenis masakan yang menggunakan bahan-bahan nabati, atau non hewani yang tidak menggunakan daging sebagai bahan masakannya.

Sebuah penelitian melakukan perbandingan antara seorang vegetarian dan seorang pemakan daging, hal ini dilakukan oleh salah satu Institute di Amerika atau American Insitute, menyatakan bahwa seorang vegetarian dapat mengurangi resiko kanker perut, penyakit pankreas, rahim, payudara, usus, dan ovarium.

Hal ini ada kemungkinan ada keterkaitan dengan dampak daging yang mempersempit pembuluh darah sehingga bila dibiarkan lama nutrisi dan oksigen pada tubuh akan mengganggu sistem kekebalan tubuh.
Variasi masakan vegetarian berkembang menjadi tidak hanya menggunakan sayuran sebagai bahan utama untuk memasak, namun sekarang telah dikembangkan bahan makanan vegetarian, yakni berupa hasil olahan tepung, atau jamur yang dapat membentuk semacam daging-dagingan seperti daging asli. Daging vegetarian ini ditujukan untuk membantu proses adaptasi seseorang yang akan menjalani diet vegetarian.

Itulah beberapa tips memasak sehat yang harus Anda perhatikan untuk menyediakan makanan yang tidak hanya lezat namun juga sehat bagi keluarga Anda tercinta. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang beberapa jenis sayur sehat untuk sarapan pagi berkualitas di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Jenis sayur sehat untuk sarapan pagi berkualitas

Leave A Reply

Your email address will not be published.