Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Memasak Makanan Sehat untuk Keluarga Anda

masakan yang sehat perlu diolah dengan cara yang baik dan benar - diminimalis.com

Tips memasak makanan sehat kali ini kami ulas untuk melengkapi ulasan-ulasan kami lainnya terkait gaya hidup sehat bagi keluarga. Memasak sendiri merupakan kegiatan mengolah bahan hingga menjadi santapan yang melezatkan. Namun, makanan yang tersaji tidak hanya harus enak melainkan sehat untuk dikonsumsi.

Tips memasak makanan sehat, Tips memasak masakan sehat, cara mengolah makanan yang baik
masakan sehat perlu diolah dengan cara yang baik dan benar – diminimalis.com

Tips memasak makanan sehat ala Diminimalis

Pada kesempatan kali ini, Diminimalis akan memberikan tips memasak yang sehat dari dapur rumah untuk Anda, beberapa diantaranya:

1. Memilih bahan makanan yang segar

Makanan yang segar bisa dilihat dari penampilan fisiknya, yakni warnanya yang tidak begitu pucat dan tidak begitu terang. Untuk sayuran, sebaiknya pilih yang memiliki sobekan kecil di permukaan daunnya karena digigit ulat. Hal itu menandakan bahwa sayuran tidak mengandung pestisida. Begitu pula dengan daging, pilih daging yang berwarna merah dan tidak pucat. Selain itu hindari bau daging yang menyengat dan busuk.

2. Memasak dengan cara direbus 

Merebus merupakan cara yang sederhana dan cepat dalam mengolah makanan. Sayuran yang dimasak tanpa melalui proses penggorengan, akan lebih terjamin kesehatannya dan dapat mengurangi resiko kolesterol. Bebearapa sayuran yang baik untuk direbus, diantaranya wortel, kubis, buncis, dan kentang. Saat merebusnya, sebaiknya gunakan api kecil dan tidak terlalu banyak air, agar kandungan vitamin dalam sayur tidak hilang.

Tips memasak makanan sehat, Tips memasak masakan sehat, cara mengolah makanan yang baik
salah satu mengolah masakan agar sehat adalah dengan cara mengukus – diminimalis.com

3. Memasak dengan cara mengukus 

Selain merebus, mengukus adalah cara memasak yang sehat dan aman. Teknik mengukus dapat mempertahankan gizi di dalamnya dan tidak menghilangkan aroma sedap pada makanan. Mengukus juga baik bagi Anda yang sedang menjalani program diet.

4. Bersihkan alat-alat dapur setiap kali digunakan

Sehabis memasak, jangan biarkan peralatan dapur dalam keadaan kotor dalam waktu lama. Peralatan dapur yang kotor dapat menjadi sarang kuman dan bakteri dari sisa makanan yang tidak dibersihkan. Cucilah alat dapur setiap kali habis digunakan menggunakan sabun khusus yang aman digunakan.

5. Perhatikan kebersihan dapur 

Dapur yang baik perlu dibersihkan setiap hari. Bersihkan kompor dari minyak yang menempel karena akan menyebabkan kerak dan kotor. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan tempat menyimpan bumbu dapur agar tidak pengap dan menjadi sarang bakteri.

Demikian ulasan kami tentang beberapa cara memasak makanan sehat di rumah minimalis, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang tips dapur sehat untuk hindarkan keluarga Anda dari penyakit di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Tips dapur sehat hindarkan keluarga Anda dari penyakit

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.