Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Kamar Tidur Sehat Untuk Si Kecil

Kamar Anda sebaiknya diberikan karpet agar sewaktu-waktu bisa digunakan untuk tidur di lantai untuk meningkatkan kesehatan- diminimalis.com

Tips kamar tidur sehat untuk si kecil kali ini terinspirasi dari banyaknya para ibu yang akhir-akhir ini kesulitan untuk menata ulang kamar tidur anak. Kesibukan ibu yang kian padat membuat kegiatan dekor kamar tidak terealisasi dengan baik. Tentunya kamar tidur yang dibiarkan berantakan begitu saja akan membatasi gerak anak yang aktif. Selain itu, kamar tidur yang berantakan dan kotor akan mengundang kuman dan bakteri yang berdampak buruk bagi kesehatan anak. Jadi, sudah saatnya Anda memikirkan cara menata kamar yang sehat untuk anak.

 Tips Kamar Tidur Sehat, Tips agar Kamar Tidur Sehat, Tips membuat Kamar Tidur Sehat
Kamar Anda sebaiknya diberikan karpet agar sewaktu-waktu bisa digunakan untuk tidur di lantai untuk meningkatkan kesehatan- diminimalis.comkamar tidur sehat

Tips kamar tidur sehat untuk buah hati Anda

Pada kesempatan kali ini, diminimalis akan memberikan tips kamar tidur sehat untuk si kecil yang bisa Anda coba di rumah untuk kenyamanan saat istirahat dan bermain anak. Berikut beberapa tipsnya:


cara membersihkan tempat tidur, cara membersihkan tempat tidur dari kutu, cara membersihkan kamar tidurdari debu
Tempat tidur tamu perlu dibersihkan setiap hari supaya jauh dari penyakit – diminimalis.com

1.    Kamar tidur harus dalam keadaan bersih, sejuk dan rapi. Barang-barang yang ada di kamar perlu ditata dengan baik agar kamar tampak lebih luas. Letakkan meja belajar di sudut lain dan hindari meletakkan meja belajar di depan jendela, karena akan mengalihkan fokus atau konsentrasi anak

2.    Gunakan tempat tidur dari bahan kayu karena dapat meningkatkan konsentrasi anak. Hindari meletakkan tempat tidur dekat dengan jendela atau pintu kamar.

3.    Pilih warna sprei yang tidak terlalu mencolok seperti merah muda, kuning, cream, peach, biru muda dan hijau.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Tips Memilih Lokasi Rumah Minimalis untuk Investasi dan Tempat Tinggal

4.    Perhatikan setiap perabotan dalam kamar anak Anda. Hindari penggunaan furniture yang memiliki sudut tajam di ujungnya seperti kursi, meja dan lemari. Sudut yang tajam dapat melukai anak saat beraktivitas.

5.    Hindari tempat tidur yang lembab karena akan menimbulkan masalah kesehatan seperti batuk dan pilek. Tempat tidur harus diberi udara agar terhindar dari lembab, caranya dengan menarik sprei dan bantal lalu diamkan beberapa menit sebelum dipasang kembali.

6.    Bantal tidur untuk si buah hati sebaiknya menggunakan bahan yang lebih organik seperti dari wol atau bulu domba. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan bahan lateks yang lebih aman.

7. Buat desain saling bersebrangan (opposite walls)

Anda bisa menerapkan desain ini dengan menata ranjang mereka melekat ke dinding secara bersebrangan, sehingga masing-masing akan saling berhadapan. Tipe ini bisa Anda terapkan, terutama untuk kamar dengan ukuran yang mungil. Dengan penataan ruangan seperti ini, akan ada space yang cukup luas untuk ruang gerak merka.

8. Atau pilih desain Bookcase Sandwich

Penataan tipe bookcase sandwich adalah penataan tempat tidur dengan cara meletakkan sebuah lemari di tengah ruangan yang menempel di dinding, sehingga dapat membagi ruangan ke menjadi dua bagian. Di samping kiri dan kanan lemari tersebut diletakkan satu ranjang, sehingga setiap anak akan mendapat porsi ruangan yang sama. Cara ini tentu akan mempermudah mereka dalam bereksperimen dengan areanya sendiri.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Benda-Benda yang Wajib Ada di Kamar Mandi Anda

Jika Anda dapat memilih warna yang tepat, kamar anak Anda akan terlihat menyenangkan dan tentunya menarik. Pada kamar anak perempuan, berikan warna-warna pilihan untuk mencerminkan sisi feminim sang anak seperti pink, ungu, biru muda. Kamar anak perempuan juga cocok diberikan warna-warna yang ceria seperti kuning, orange, atau bahkan warna yang netral sekalipun seperti putih, atau bisa juga cream. Desain kamar anak minimalis bisa menggunakan warna putih namun dengan penambahan wallpaper warna kesukaan anak atau dekorasi kesayangannya.

Anak laki-laki tidaklah sama dengan anak perempuan. Bila anak perempuan memiliki kemampuan multitasking, anak laki-laki hanya bisa fokus dalam satu hal. Penempatan barang yang merata ke seluruh ruangan, justru akan mengganggunya.

Dengan merancang kamar tidur anak yang sehat dan nyaman, tentunya buah hati Anda akan lebih terjaga dan dapat beristirahat dengan maksimal.

Demikian ulasan kami tentang beberapa tips kamar tidur sehat untuk si kecil yang bisa Anda coba di rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara menata kamar anak remaja dengan desain kreatif di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls.)

Menata kamar anak remaja dengan desain kreatif

Leave A Reply

Your email address will not be published.