Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Dapur Sehat Hindarkan Keluarga Anda dari Penyakit

dapur sehat dan bersih-diminimalis.com

Tips dapur sehat harus banyak dipelajari oleh kebanyakan ibu rumah tangga maupun asisten rumah tangga (ART). Karena dapur merupakan salah satu ruang vital yang berpotensi menjadi sarang penyakit bila tidak diperlakukan dengan baik. Mewujudkan keluarga yang sehat, bisa dimulai dengan memperlakukan dapur dengan baik dan benar.

Untuk mendapatkan dapur sehat bisa kita wujudkan dengan 2 hal, yaitu menyajikan masakan yang terbaik dan mengkondisikan kebersihan serta kebiasaan yang sehat di dapur kita.


Nah,masakan terbaik untuk keluarga bukan berarti masakan yang lezat, namun masakan terbaik adalah masakan yang mampu memenuhi standar protein dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Memang daging-dagingan dan makanan yang mengandung banyak kolesterol umumnya sangat lezat disajikan setiap saat. Namun demi mendapatkan kebaikan atas kandungan gizi makanan tersebut, maka kita perlu mengatur cara penyajian dan waktu memakannya.

Untuk daging, setidaknya Anda perlu memastikan kematangan saat memasakknya. Bila kematangannya kurang, dikhawatirkan bakteri jahat masih hidup dalam daging tersebut. Dan bila kematangannya berlebih, kandungan gizi yang ada juga akan berkurang banyak.

Bila Anda bisa mengkreasikan daging tersebut dengan cara merebus atau mengkukus, itu akan lebih baik daripada menggoreng. Misalnya dibuat menu bakso atau siomay. Yang jelas, sebisa mungkin Anda mengurangi penggunaan minyak goreng yang mengandung banyak kolesterol dan lemak. Namun sesekali Anda bisa menggunakannya asal jangan keseringan.

Waktu penyajian, di pagi hari alangkah baiknya bila kita maksimalkan menu-menu vegan (buah-buahan atau sayur-sayuran segar). Di pagi hari kondisi pencernaan kita belum siap betuluntuk mengolah makanan berat, dan makanan terbaik yang cocok di makan di pagi hari adalah protein (hewani atau nabati). Sedangkan untuk karbohidrat bisa kita konsumsi siang harinya.

Tips dapur sehat, tips membuat dapur sehat, tips dapur bersih dan sehat, tips memilih peralatan dapur yang sehat, syarat dapur sehat
Dapur bersih dan sehat-diminimalis.com

Tips dapur sehat dan kebiasaan yang harus Anda bangun

Dibawah ini ada banyak point yang bisa Anda lakukan, demi menciptakan dapur yang sehat. Sehingga ketika dapur Anda sudah memiliki kriteria dapur sehat, keluarga Anda bisa terhindar dari penyakit. Berikut uraiannya.

 1.  Tidak menghangatkan sayur terutama sayur bersantan berkali kali. Biasakan untuk memasak secukupnya dan dihabiskan dalam sehari. Menghangatkan sayur yang sudah berhari hari tidak baik untuk kesehatan. Selain itu zat gizinya akan semakin hilang karena proses pemanasan berulang kali.

2.  Hindari menghangatkan sayur atau lauk pauk dengan tempat makanan berbahan plastik. Karena proses pemanasan bisa  bisa melarutkan bahan plastik tersebut ke dalam makanan. Hal ini akan memicu penyakit kanker. Akan lebih baik bila Anda menggunakan bahan yang alami, misal ketika memasak lontong Anda menggunakan daun pisang, bukan plastik.

3. Hindari menggunakan minyak goreng berulang-ulang, terlebih menampung dan menyimpan minyak goreng yang sudah berwarna coklat karena dipakai menggoreng berkali kali. Hal ini dapat menimbulkan peningkatan Kolesterol . Belum lagi jika minyak tersebut di tampung  di tempat terbuka tanpa tutup, karena nantinya bisa mengundang jamur untuk tumbuh.

Tips dapur sehat, tips membuat dapur sehat, tips dapur bersih dan sehat, tips memilih peralatan dapur yang sehat, syarat dapur sehat
lemari es yang bersih dan sehat-diminimalis.com

4.  Bersihkan lemari es secara teratur. Biasakan mencuci sayur mayur dan buah sebelum di simpan di lemari es, kemudian bungkus dengan rapi. Selain itu jangan biasakan menyimpan telur terlalu lama di dalam lemari es. Karena telur akan rusak dan ketika retak akan menjadi tempat berkembangnya bakteri.

6. Sedapat mungkin gunakan bahan alami untuk zat pewarna makanan.  Misalnya menggunakan daun pandan untuk memberi warna hijau pada puding atau agar-agar, dan kunyit untuk memberi warna kuning pada nasi.

7. Bersihkan wastafel/tempat cuci piring. Tempat mencuci piring  sangat rentan akan penyakit. Oleh karena itu, wastafel dan tempat cuci piring harus bersih dari sisa bahan makanan, kerak dan terhindar dari bau yang tidak sedap.
8. Berikan sirkulasi udara yang baik. Lengkapi dapur Anda dengan jendela agar sirkulasi udara di dapur lancar. Bila perlu, tempatkan tanaman hidup agar udara menjadi segar.

9. Usahakan untuk meracik bumbu dari bahan alami daripada menggunakan bumbu instan.

10.  Pastikan bahwa di dapur tersedia keranjang sampah, jangan biarkan sisa makanan menumpuk wastafel dan terkena air siraman cuci tangan.

Demikian tips dapur sehat dari kami, semoga bisa membantu Anda untuk mewujudkan keluarga yang sehat dan berkualitas. Demikian ulasan kami tentang tips dapur sehat yang bisa dijadikan inspirasi untuk Anda. Anda juga bisa membaca artikel kami tentang mengoptimalkan kesegaran dapur tropis dibawah ini (ls.)
Kesejukan dan kesegaran dapur bertema tropis pasti Anda dambakan

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.