oleh

Beberapa Catatan Penting Tentang Tips Buka Bersama di Luar

Buka puasa menjadi sesuatu yang istimewa saat bulan Ramadan tiba. Adakalanya sesekali kita perlu untuk mengagendakan menikmati buka bersama dengan keluarga ataupun kolega. Selain untuk mencari nuansa baru, hal ini penting untuk meningkatkan quality time yang selama ini kurang maksimal. Ada beberapa tips buka bersama di luar yang perlu Anda perhatikan dan beberapa manfaat yang akan Anda peroleh dari kegiatan tersebut. Diantara beberapa tips tersebut, bisa Anda simak pada ulasan kami di bawah ini.

 Tips Buka Bersama di Luar, tips berbuka puasa di lur rumah, cara berbuka puasa di luar
Diperlukan persiapan yang matang untuk berbuka puasa di luar rumah, agar bisa berjalan dengan lancar – Diminimalis.com

3 Tips Buka Bersama di Luar Secara Umum

1. Tetapkan besaran iuran atau budget setiap anggota keluarga.

Agar menghindari pemborosan, maka perlu ditetapkan besaran uang yang akan dikeluarkan dengan cara menetapkan menunya. Hal ini dimaksudkan agar setiap anggota keluarga memiliki kesiapan untuk mempersiapkan anggarannya.

2. Pilih menu berbuka yang porsinya diperuntukkan untuk lebih dari 2 orang, atau biasanya minimal 4 orang.

Tips membeli catering harian, catering makanan sehat jakarta, catering diet murah, katering harian, katering harian jogja
Pilih menu buka puasa yang efisien untuk makan bersama – Diminimalis.com

Hal ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran bila dibandingkan dengan memesan menu secara terpisah dan sendiri-sendiri.

3. Pilih menu yang mendukung kesehatan anggota keluarga.

Menentukan menu yang sehat untuk buka puasa merupakan hal yang sangat penting. Misalnya, apabila makanan yang dipilih adalah seafood atau bahan makanan lainnya yang digoreng atau dibakar, maka pilih minuman yang menyehatkan seperti jus buah atau susu. Lalu, pilih menu yang bertekstur lembut dan mudah ditelan, apabila memiliki anggota keluarga yang sudah kesulitan mengunyah makanan, misalnya nenek atau kakek.

4 Tips Buka Bersama di Luar dalam Memilih Tempat Makan

1. Cari tempat yang luas dan nyaman.

Cari rumah makan, restoran, atau kedai, yang memiliki banyak pilihan tempat duduk, baik dengan duduk dikursi ataupun lesehan. Lebih bagus lagi apabila memilih tempat yang memiliki view bagus. Tidak harus yang mewah, rumah makan masakan sunda misalnya, yang memiliki view persawahan atau kolam ikan buatan akan membuat Anda dan keluarga lebih menikmati detik-detik berbuka puasa.

2. Pastikan melakukan reservasi beberapa hari sebelumnya.

Hal ini penting agar Anda tidak kehabisan tempat Karena setiap bulan Ramadhan biasanya banyak tempat makan yang sudah di-booking terlebih dahulu oleh banyak orang.

3. Pilih tempat berbuka yang mendukung kebutuhan bayi dan anak.

Contoh tempat yang kondusif untuk bayi dan anak adalah adanya fasilitas seperti kursi bayi, area bebas rokok, ruang menyusui, atau minimal terdapat toilet.

4. Pilih tempat makan yang menyediakan mushola.

Pilih tempat berbuka puasa yang memiliki fasilitas mushola – Diminimalis.com

Ketersediaan mushola akan memudahkan Anda untuk menjalani ibadah dan tak perlu takut kehabisan waktu solat magrib karena sibuk mencari masjid.

Manfaat buka bersama di luar rumah

Tahukah Anda bawa bila kita sering menjalankan buka puasa bersama keluarga akan memberikan manfaat? Tidak hanya berlaku saat buka puasa bersama, akan lebih baik jika makan bersama keluarga dijadikan sebagai kegiatan rutinitas. Apa saja ketiga manfaat tersebut?

1. Mempererat tali silaturahmi.

Tips berbuka puasa di luar bersama keluarga di atas hanyalah memberikan alternatif berbuka puasa yang efisien untuk keluarga. Tujuan utama mengadakan acara buka puasa bersama keluarga adalah untuk menjaga tali silaturahmi antara anggota keluarga satu dengan lainnya. Tidak hanya ubungan antara orang tua dan anak, namun akan lebih baik lagi jika mempererat tali silaturahmi dengan kerabat-kerabat keluarga lainnya.

2. Menjadi sarana diskusi atau musyawarah keluarga

Musyawarah keluarga dapat dilakukan saat waktu ngabuburit, atau saat setelah makan bersama dan ibadah solat magrib. Apabila dalam suatu keluarga terjadi perselisihan, maka bisa diselesaikan dengan diskusi yang baik. Adapun acara buka puasa bersama juga akan berguna untuk sekedar saling menanyakan kabar.

Diskusi tentang karir, masalah perusahaan, atau juga bisa menjadi sarana perkenalan calon pasangan kepada masing-masing keluarga. Kedekatan dan rencana masa depan yang diinginkan pada masing-masing calon keluarga bisa dimusyawarahkan dalam acara buka bersama.

3. Sarana bertukar pikiran dan saling membantu antar saudara lainnya

Buka puasa bersama keluarga seringkali menjadi wadah bagi anggota keluarga untuk bisa membantu kerabat lainnya yang sedang kesulitan. Misalnya, menawarkan pekerjaan kepada saudara atau kerabat lain yang membutuhkan, membagikan THR, membantu membiayai anggota keluarga yang sedang sakit, atau yang lainnya. Diskusi demi diskusi perlu ditingkatkan, begitu pula dalam hal bertukar pendapat mengenai sesuatu.

Berbuka puasa bersama keluarga juga harus menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi umat lainnya. Tips buka bersama di luar lainnya agar waktu ngabuburit lebih bermanfaat adalah, membagikan makanan untuk buka puasa kepada orang-orang sekitar. Misalnya, tetangga, orang yang hidup di jalanan, dan orang-orang yang membutukan lainnya. Jadi, tidak hanya anggota keluarga saja yang merasa senang, namun orang lain juga ikut merasakan keberkahan bulan suci.

Tips buka bersama di luar di atas menjadikan kualitas ibada puasa Anda akan semakin diberkahi. Manfaat-manfaat dengan berbuka bersama lainnya bisa Anda rasakan atau bahkan tanpa Anda sadari, terutama dalam berbuat kebaikan. Niatkan diri Anda untuk lebih sering berbagi kebahagiaan kecil kepada sesama. Misalnya, niatkan diri Anda untuk memberi tip lebih kepada tukang parkir. (us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed