Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tips Belanja Online Aman Saat Membeli Kebutuhan Rumah Tangga

Ada banyak hal yang perlu kita perhatikan agar transaksi online kita aman - diminimalis.com

Ada banyak furniture rumah minimalis yang saat ini marak dijual di internet, dan tips belanja online aman sudah semestinya kita pahami bersama. Keberadaan marketplace maupun online shop, saat ini mampu menggeser pola transaksi konsumen Indonesia. Meskipun keberadaan toko konvensional masih tetap eksis, namun nilai transaksi barang via internet cenderung naik dan mengalami pertumbuhan.

 tips belanja online aman, tips belanja online secara aman, tips belanja online aman agar tidak tertipu
Ada banyak hal yang perlu kita perhatikan agar transaksi online kita aman – diminimalis.com

Tips Belanja Online Aman

Meningkatnya jumlah konsumen untuk berbelanja secara online mendorong banyak penjual untuk turut memajang display produknya di internet. Beberapa usaha yang dilakukan diantranya ada yang melalui website marketplace, sosial media dan membuat toko online instan. Masing-masing lapak tersebut memiliki segmen dan target marketnya tersendiri.


Produk yang dijual secara online pun semakin hari kian beragam, mulai dari baju, tas, sepatu, wallpaper, perhiasan, elektronik, hingga aneka furniture untuk rumah minimalis. Nah, buat Anda yang suka berbelanja barang secara online Anda harus tahu dulu apa saja sih tips belanja online aman agar Anda tidak menjadi sasaran dari pelaku kejahatan nantinya.

Memilih wallpaper
wallpaper merupakan salah satu produk yang bisa dibelisecara online – diminimalis.com

Meski hari ini transaksi online sudah lazim dilakukan, namun bukan beraryi resikonya sudah berkurang. Sampai kapanpun, selalu ada celah pada setiap sistem, yang dapat dijadikan kesempatan oleh penipu untuk mencurangi konsumen.

Maka alangkah baiknya, Anda hanya berbelanja di marketplace dengan sistem rekening bersama, seperti tokpedia.com. Marketplace tersebut, memiliki sistem keamanan yang menguntunkan pihak penjual dan pembeli. Dengan adanya sitemrekening bersama, pihak penjual baru akan mendapat uang hasil penjualan, ketika barang yang dikirim sudah diterima oleh pembeli.

Lain halnya bila Anda belanja langsung ke sebuah website toko online milik salah satu pedagang,  Sebelum melakukan pembelian barang, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu tentang pengalaman konsumen saat berbelanja di toko online tersebut. Anda harus memastikan apakah toko online yang akan Anda pilih memiliki reputasi yang baik. Carilah alamat fisik toko dan juga kontak yang bisa Anda hubungi. Yang jelas, jangan sekali-kali berbelanja ke toko online yang tidak mencantumkan kontak alamat yang jelas.

Kontak pemilik website selalu dicantumkan dengan jelas pada halaman kontak. Kalaupun kita tidak mendapati kontak pemilik website, sebenarnya kita bisa melacaknya melalui website www.whois.com, namun hal itu sebenarnya tidak mutlak kita perlukan. Kenapa?, bila si pemilik webiste tidak mencantumkan kontak, atau menuliskan alamat yang tidak bisa dikonfirmasi dengan jelas, sebenarnya haltersebut merupakan salah satu kriteria toko online yang sebaiknya kita hindari.

Yang kedua,  gunakanlah pilihan pembayaran yang aman seperti menggunakan kartu kredit. Anda juga harus membaca apa sih kebijakan pengembalian atau refund dari website yang akan Anda beli produknya. Hal ini tentu akan terjadi seandainya pembelian yang Anda lakukan tidak sesuai dengan rencanakan.

Inti dari tips belanja online aman adalah Anda harus benar-benar kredibilatas website dari tips yang kami ulas di atas. Demikian ulasan kami tentang tips cara belanja aman via internet, semoga bermanfaat.(ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.