oleh

Tips Arus Balik Yang Aman dan Nyaman untuk Keluarga

Sebagaimana dengan persiapan mudik, arus balik pasca hari raya juga perlu persiapan ekstar agar perjalanan lancar sesuai rencana. Perjalanan yang begitu jauh, membuat kita harus benar-benar melakukan persiapan dengan maksimal. Maka dari itu bagi Anda yang hendak melakukan perjalan arus balik, Anda perlu memahami tips arus balik yang aman dan nyaman untuk keluarga.

 Tips Arus Balik Yang Aman, tips mudik dengan mobil, tips mudik lebaran, tips mudik motor, tips meninggalkan rumah saat mudik, tips perjalanan jauh menggunakan mobil, tips menyetir perjalanan jauh, persiapan mudik membawa balita
Sebagaimana saat mudik, persiapkan arus balik sangat melelahkan, maka persiapkan semuanya dengan baik – Diminimalis.com

Tips Arus Balik Yang Aman Dan Menyenangkan

Di bawah ini telah kami rangkum beberapa tips arus balik yang aman dan nyaman untuk keluarga yang bisa Anda pelajari. Di antara beberapa tipsnya yaitu:

• Persiapkan kendaraan Anda dengan baik. Apabila Anda mudik menggunakan kendaraan pribadi maka Anda harus melakukan beberapa hal penting yang berkaitan dengan kendaraan Anda. Minimal sebelum Anda melakukan perjalanan jauh terlebih ketika menggunakan kendaraan pribadi bersama seluruh keluarga, maka Anda harus melakukan persiapan dan pengecekan kondisi kendaraan Anda.

• Persiapan kendaraan yang harus Anda lakukan seperti pemeriksaan rutin kondisi mesin, kondisi ban, kondisi pendingin udara dan juga bensin. Persiapan tersebut harus Anda lakukan jika ingin arus balik yang Anda lalui menjadi lebih terjamin keamanannya. Minimal jika kendaraan yang Anda gunakan untuk balik ke lokasi asal harus dalam keadaan yang benar-benar sehat.

 Tips Arus Balik Yang Aman, tips mudik dengan mobil, tips mudik lebaran, tips mudik motor, tips meninggalkan rumah saat mudik, tips perjalanan jauh menggunakan mobil, tips menyetir perjalanan jauh, persiapan mudik membawa balita
Pasanglah GPS untuk memantau kemacetan dan kondisi jalan – Diminimalis.com

• Apabila diperlukan pasanglah GPS untuk membantu perjalanan Anda lebih nyaman. Penggunaan GPS sebenarnya bukan berarti Anda tidak mengetahui jalan pulang, akan tetapi persiapan penggunaan perangkat GPS yang Anda pasang di dalam kendaraan memungkinkan Anda untuk mencari jalan yang paling cepat jika terjadi kemacetan parah. Misalnya untuk mencari beberapa rute alternatif

• Apabila Anda tidak memasang GPS pada kendaraan, karena Anda tidak memilikinya, maka Anda bisa manfaatkan fitur lokasi yang ada di dalam ponsel pintar untuk menunjukkan rute terdekat dan tercepat untuk pulang. Terutama jika Anda ingin mengetahui rute-rute pendek dan juga beberapa rest area untuk Anda beristirahat. Termasuk tempat pengiaian bahan bakar ataupun sekedar untuk mampir makan.

• Anda bisa siapkan juga lagu-lagu yang menjadi kesukaan Anda. Apabila di dalam kendaraan Anda memiliki sistem audio yang cukup bagus maka Anda bisa memanfaatkannya sebagai salah satu hiburan Anda selama diperjalanan. Anda cukup siapkan saja beberapa lagu yang menjadi kesukaan Anda dan keluarga untuk membuat balik lebih menyenangkan.

• Jika memungkinkan Anda siapkan kondisi baterai ponsel Anda dalam keadaan penuh. Apabila tidak memiliki perangkat pemutar musik pada kendaraan, mendengarkan musik lewat ponsel bisa menjadi alternatif. Minimal mampu mengalihkan perhatian anak dari kemungkinan bosan ketika perjalanan jauh.

• Siapkan perbekalan Anda lebih banyak. Misalnya Anda bisa siapkan beberapa perbekalan makanan dalam jumlah yang cukup. Minimal jika terjadi kemacetan maka seluruh anggota keluarga sama sekali tidak akan merasa bosan dan kelaparan. Siapkan beberapa perbekalan jajanan untuk mengisi perut ketika dalam perjalanan pulang.

• Jika di jalan ada pasar tumpah dan jalanan menjadi macet anggota keluarga tidak akan bosan berada di perjalanan. Sebab sudah dipersiapkan makanan kesukaan keluarga untuk mengantisipasi kemungkinan kebosanan yang terjadi saat sedang macet.

Mengatasi Kemacetan Parah Karena Arus Balik

Arus balik pada saat hari raya tidak jarang akan terjadi kemacetan yang cukup panjang karena hampir semua orang pada keesokan harinya harus kembali bekerja. Nah, jika Anda memprediksi saat kepulangan Anda terjadi kemacetan panjang berikut adalah triknya:

 Tips Arus Balik Yang Aman, tips mudik dengan mobil, tips mudik lebaran, tips mudik motor, tips meninggalkan rumah saat mudik, tips perjalanan jauh menggunakan mobil, tips menyetir perjalanan jauh, persiapan mudik membawa balita
Istirahatlah untuk meningkatkan stamina Anda – Diminimalis.com

• Istirahat jika Anda merasa sudah lelah. Carilah beberapa titik rest area yang dipersiapkan khusus untuk para pemudik yang ingin beristirahat sejenak dari padatnya arus lalu lintas yang benar-benar melelahkan. Tidurlah beberapa menit untuk memulihkan kondisi tubuh Anda kembali fit. Sedangkan untuk penumpannya, manfaatkan waktu untuk sekedar makan atau jalan-jalan melepaskan penat.

• Tepikan kendaraan Anda jika Anda merasa kelelahan. Biasanya ada beberapa pos siaga mudik dan arus balik yang disediakan khusus untuk pemudik yang ingin sekedar beristirahat. Setidaknya dengan menepikan kendaraan pada pos siaga akan membuat kondisi tubuh Anda menjadi lebih segar dan siap melanjutkan perjalanan kembali.

• Manfaatkan beberapa layanan yang disediakan oleh beberapa provider untuk para pemudik. Termasuk jika ada pemeriksaan kesehatan atau bengkel kendaraan, maka manfaatkan fasilitas ini untuk mengecek kembali kondisi kendaraan Anda dan juga kondisi kesehatan Anda.

Tingkat kemcetan yang sama sekali tidak bisa diprediksi ketika arus balik maupun arus mudik tentunya membuat banyak pemudik harus ekstra berhati-hati dalam perjalanan. Mempersiapkan perjalanan dengan baik termasuk mempersiapkan perbekalan yang mencukupi bisa menjadi solusi yang cukup baik. Setidaknya dengan mempersiapkan perbekalan cukup mampu mengusir rasa bosan ketika dalam perjalanan.

Selain mempersiapkan perbekalan cukup, melakukan pantauan situasi lalu lintas pada rute yang Anda lalui termasuk salah satu yang wajib Anda lakukan. Jika terjadi kemacetan parah, ada baiknya Anda mencari beberapa rute alternatif dengan kondisi jalanan yang tidak padat dan tidak macet. Tujuannya adalah untuk mengatasi kebosanan. Itu dia tips arus balik yang aman agar perjalanan lebih menyenangkan.(an)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed