Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Apa sajakah Tips Aman Menggunakan Kompor Gas di Rumah Anda?

Diperlukan pemahaman ytang benar untuk menghindari resiko buruk menggunakan kompor gas - Diminimalis.com

Saat ini, eksistensi kompor minyak sudah tergeser oleh kompor gas, karena dinilai lebih hemat dan praktis. Hal inilah yang membuat kompor gas begitu populer di tengah masyarakat kita. Namun di balik kepraktisan tersebut, ada banyak potensi bahaya yang perlu kita waspadai bersama. Misalnya kebocoran regulator gas elpiji yang dapat menyebabkan kebakaran atau tabung gas meledak. Untuk itu setiap pengguna kompor gas harus tahu cara menggunakan kompor jenis ini untuk memasak secara aman. Apa saja tips aman menggunakan kompor gas di rumah? Berikut kami ulas untuk Anda tentang berapa cara menggunakan kompor gas elpiji secara aman.

Tips aman menggunakan kompor gas, petunjuk cara menggunakan kompor gas, langkah langkah menggunakan kompor gas
Diperlukan pemahaman ytang benar untuk menghindari resiko buruk menggunakan kompor gas – Diminimalis.com

Tips aman menggunakan kompor gas

Di bawah ini Diminimalis telah merangkum beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk menggunakan kompor gas dengan aman di rumah, di antaranya yaitu.


Gunakan kompor gas yang berstandar SNI

Gunakan kompor, tabung gas elpiji, regulator, dan selang yang memiliki standar SNI (Standar Nasional Indonesia). karena produk yang memiliki standar SNI telah mendapatkan sertifikat kualitas yang telah diuji, sehingga lebih terjamin mutunya.

Pastikan selang gas tidak terjepit

Selang gas yang menghubungkan tabung gas ke kompor, berfungsi menyalurkan gas yang diperlukan untuk pembakaran. Selang yang tertindih atau tertekuk dapat mengurangi aliran gas, sehingga mempengaruhi nyala api di kompor. Selang yang terjepit juga dapat membuat struktur bahan selang lebih mudah pecah yang menyebabkan kebocoran gas. maka dari itu, sebaiknya Anda memilih selang yang memiliki lapisan pelindung luar yang terbuat dari metal yang sudah banyak dijual di pasaran.

Segera lepas regulator tabung gas jika terjadi kebocoran

tips meninggalkan rumah saat mudik, tips meninggalkan rumah mudik, tips rumah ditinggal mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, tips rumah mudik, tips rumah aman mudik, tips rumah aman saat mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, tips rumah ditinggal mudik, rumah kosong mudik lebaran, tips meninggalkan rumah ketika mudik, tips aman meninggalkan rumah ketika mudik, Tips rumah ditinggal mudik, tips rumah aman ditinggal mudik, mudik lebaran, info mudik
lepas regulator gas bila Anda hendak bepergian – diminimalis.com

Kebocoran gas mudah dikenali dari bau gas di udara sekitar yang menyengat. Cara yang paling aman menangani kebocoran gas elpiji adalah dengan melepas regulator gas. Melepas regulator tabung gas akan memutus aliran gas keluar dari tabung gas untuk menghindari potensi bahaya kebakaran dan terhirupnya gas ke saluran pernafasan.

Lakukan pembersihan dan pengecekan secara teratur

Lakukan pengecekan kondisi kompor dan regulator gas secara teratur, untuk memastikan semua perlengkapan kompor gas Anda aman untuk digunakan. Lakukan pengecekan ini secara rutin saat Anda sedang membersihkan dapur, agar dapat mendeteksi sejak awal bila adai keruskaan.

Jauhkan tabung gas dari bahan yang mudah terbakar

Posisi tabung gas yang terlalu dekat dengan kompor, bisa memicu timbulnya ledakan. Karena jika tabung gas mengalami kebocoran, gas yang keluar bisa langsung menyambar bahan yang mudah terbakar. Selain itu, hindari pula untuk meletakkan kompor minyak dan kompor gas secara berdekatan, apalagi menggunakannya secara bersamaan dalam satu waktu.

Bertindak cepat saat terjadi kebocoran

Terciumnya bau gas elpiji yang menyengat dan terdengar suara mendesis dari regulator merupakan ciri tabung mengalami kebocoran. Maka saat terjadi kebocoran, segeralah bertindak cepat untuk mematikan kompor dan melepaskan regulator dari mulut tabung. Setelah itu, bawa tabung ke tempat terbuka, kemudian bukalah pintu dan jendela agar gas di dalam ruangan dapat segera keluar. Jika masih tercium bau gas, jangan coba-coba untuk menyalakan api ataupun peralatan listrik, agar tidak memicu timbulnya api.

Lepas regulator saat pergi dalam waktu yang lama

Saat meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya lepaskan regulator dari mulut tabung. Hal ini bertujuan untuk memutus saluran antara tabung gas dengan pematik api di kompor. Selain itu jangan lupa pula untuk mematikan semua peralatan elektronik yang tidak terpakai, demi mencegah timbulnya korsleting listrik yang juga dapat menjadi sumber percikan api.

Demikian ulasan kami tentang tips aman menggunakan kompor gas di rumah. Semoga dengan menerapkan kebiasan ini, Anda dan keluarga terhindar dari resiko buruk dari kebocoran gas di dapur rumah Anda. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.