Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tillandsia , Air Plant yang Memang bisa Hidup di Udara

tillandisa dapat Anda gantung di dapur - diminimalis.com

Tillandsia , air plant merupakan tanaman yang memiliki kemampuan untuk dapat hidup tanpa media tanam. Tanaman ini serupa dengan kelompok anggrek, dan tergolong tanaman epifit yang menempel pada tumbuhan inang tanpa merugikannya. Tillandsia terbilang spesial karena kelangkaannya dan harganya yang tidak murah. Tillandsia berukuran kecil harganya bisa mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah, tergantung jenisnya. Apabila Anda berkunjung ke daerah yang berudara sejuk seperti Cipanas dan Puncak, mungkin dapat Anda temukan di beberapa tanaman tillandsia di beberap nursery di sana.

bunga Tillandsia, cara merawat tanaman Tillandsia, harga tanaman Tillandsia
tillandisa dalam gantungan kaca yang cantik – diminimalis.com

Tillandsia bukanlah tanaman parasit yang merugikan pohon yang ia tumpangi. Ia hanya menjadikan inangnya sebagai media bergantung saja, sebagaimana bunga anggrek yang menempel pada pepohonan. Bahkan ada juga jenis tillandsia yang dapat hidup di bebatuan.

Tillandsia , air plant yang tidak perlu disiram

Anda pasti bertanya-tanya bagaimana cara tumbuhan unik ini hidup? Di alam liar, tanaman tillandsia biasa berpegangan pada batang atau ranting-ranting tumbuhan yang tinggi. Dan apabila bagian tubuhnya terkoyak lalu terlepas, maka dia tetap bisa hidup dengan menggantung meskipun tidak memiliki akar.

Tillandsia , air plant, bunga Tillandsia, cara merawat tanaman Tillandsia, harga tanaman Tillandsia
tillandsia dalam vas kaca yang cantik – diminimalis.com

Meski akarnya dapat tumbuh memanjang, namun fungsinya digunakan untuk berpegang pada media yang dia tumpangi, entah tali atau batang pohon. Hal ini disebabkan karena ia sudah cukup mendaptkan nutrisi udara lembab yang ditangkap oleh bulu-bulu halusnya. Sebagai tanaman hias di rumah, ia dapat hidup walaupun tergantung di udara dengan seutas tali.

Jika Anda tertarik dengan tillandsia, Anda bisa memeliharanya sebagai tanaman hias di rumah. Tanaman ini sangat mudah dirawat, Anda hanya perlu membuatkan naungan dan menyemprotnya setiap hari. Lebih mudah lagi jika Anda hidup di daerah dengan udara yang dingin lembab, karena Anda tidak perlu lagi melakukan penyemprotan berkala.

Perbanyakan tanaman tillandsia juga terbilang mudah. Tanaman ini dapat diperbanyak dengan cara split atau memisahkan anakan yang muncul. Anakan-anakan tillandsia biasanya muncul setelah selesai masa berbunga.

Tillandisa juga cocok untuk dijadikan dibudidaya untuk tujuan bisnis, karena harganya yang mahal dan orang masih kesulitan untuk mencarinya. Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berkali lipat, karena tanaman ini mudah diperbanyak, dan perawatannya tidaklah sulit.

Demikian ulasan kami tentang keunikan tanaman tiilandsia , Anda juga bisa membaca artikel kami tentang galeri tanaman tillandsia yang sangat mempesona di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Tanaman tillandsia si air plant yang begitu mempesona

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.