oleh

Ternyata Ada Dampak Buruk Bila Kita Terlalu Sering Berenang

Berenang merupakan aktivitas olahraga yang baik untuk kesehatan, karena organ-organ tubuh akan bekerja baik organ dalam maupun luar. Akan tetapi, jika terlalu sering, olahraga ini juga tidak terlalu bagus untuk kesehatan. Ada beberapa efek terlalu sering berenang yang bisa mempengaruhi tubuh dan kesehatan yang sebenarnya perlu Anda ketahui.

Beberapa ahli kesehatan ternyata sepakat dalam penilitiannya, bahwa terlalu sering renang bisa merugikan bagi kesehatan, diantaranya adalah kelelahan kronis. Kelelahan kronis ini sendiri biasanya dialami oleh para atlet renang yang selalu berada di bawah target. Efek terlalu sering berenang biasanya mengalami keletihan yang amat sangat, hasilnya pun hidupnya jadi kurang semangat karena sistem biologisnya mengalami keletihan kronis.

Efek Terlalu Sering Berenang, dampak positif dan negatif berenang, efek berenang terlalu lama, akibat sering berenang, dampak negatif berenang, efek samping olahraga renang, bahaya berenang, dampak positif berenang, bahaya berenang bagi wanita
Sebenarnya ada efek buruk bila kita selalu sering berenang – Diminimalis.com

Selain itu, efek badmood juga bisa menjangkit seseorang yang terlalu sering berenang. Efek buruk ini bisa didapatkan oleh seseorang apabila mereka berenang melebihi ambang batas dan dilakukan secara teratur. Beberapa keluhan lainnya yang sering dialami oleh seseorang adalah pegal-pegal dan nyeri otot otot, sehingga tidak jarang organ lainnya bisa terganggu jika terlalu letih.

Dampak terlalu sering berenang bagi tubuh dan Kesehatan

Dampak terlalu sering berenang awalnya seperti pegal-pegal dan nyeri otot mungkin sudah biasa dan beberapa hari saja akan sembuh, akan tetapi, ternyata dampak buruk terlalu sering berenang tidak sampai disitu saja. Berdasarkan penelitian terbaru mengungkapkan bahwa terlalu sering berenang ternyata disinyalir bisa menyebarkan beberapa penyakit berikut.

1. Kanker

Hal itu bisa diakibatkan apabila kita sering menelan air kolam secara tidak sengaja. Di dalam kolam renang terdapat zat-zat pembasmi kuman disinfektan. Pada dasarnya disinfektan didalam kolam renang ini berfungsi untuk menjaga kolam air, agar tetap terbebas dari penyakit.

2. Mutasi Genetik

Efek buruk sering berenang dikolam renang ini jika dilakukan dalam jangka panjang bisa menyebabkan cacat lahir, mempercepat proses penuaan, menyebabkan gangguan pernafasan dan hingga kanker. Bisa dibayangkan dampak buruk yang akan kalian dapatkan jika melakukannya dalam frekuensi waktu yang sangat cepat.

Penelitian yang menemukan mutasi gen jika terlalu sering berenang ini menitik beratkan pada kolam renang yang menggunakan disinfektan. Hasil penelitian tersebut mengatakan bahwa sampel air kolam renang yang telah didesinfektan menunjukkan kerusakan DNA lebih banyak jika dibandingkan dengan sumber air keran. Oleh karena itu, hal itu sangat penting untuk diketahui.

3. Kerusakan Sel

Selain kerusakan gen dan kanker, bahan lainnya dari terlalu sering dikolam renang adalah bisa memicu kerusakan sel pada tubuh. Kerusakan sel pada tubuh ini bisa sangat memungkinkan karena air pada kolam renang ini memang tidak terlalu bersih atau bisa dikatakan sangat kotor. Berbagai zat terkontaminasi didalamnya sehingga bisa merusak sel-sel tubuh dan biasanya yang rusak adalah sel kulit.

Akan tetapi, jika kalian sangat hobi sekali berenang dikolam renang, kalian bisa melakukan strategi agar sel kulit kalian tidak terserang. Langkah paling tepat untuk mengatasi dampak buruk sering berenang dikolam renang adalah mandi sebelum berenang. Hal ini sangatlah ampuh untuk mencegah karena beberapa zat kimia pada tubuh akan hilang dan tidak akan bereaksi dengan zat disinfektan yang ada dikolam renang.

4. Kelelahan kronis

Bahaya Tidur di Lantai, Bahaya Tidur di Lantai keramik, bahaya tidur di kasur tanpa ranjang
Kebanyakan renang dapat menyebabkan kelelahan kronis – diminimalis.com

Seperti yang sudah dijelaskan pada bagian awal tadi bahwa terlalu lama dan sering berenang bisa menyebabkan kelelahan kronis pada tubuh. Berenang adalah kegiatan dimana organ-organ tubuh bergerak mulai dari atas hingga bawah. Oleh karena itu, jika dilakukan secara terus menerus dalam jangka lama sekali berenang maka kelelahan kronis ini akan datang.

Keluhan ini bukanlah main-main karena atlet renang pun sering mengalami hal macam ini setelah latihan berenang. Hal semcam itu tidak mengherankan bagi kita karena atlet renang dituntut untuk berenang dengan mengejar waktu yang ditentukan. Tuntutan waktu ini membuat mereka bekerja lebih ekstra sehingga mendapatkan waktu terbaik saat berenang.

5. Susah tidur

Tips Tidur Sehat, Tips Tidur Sehat berkualitas, pola tidur yang baik dan sehat
Dampak lain dari terlalu sering berenang dapat menyebabkan susah tidur- Diminimalis.com

Keluhan terakhir dari efek buruk terlalu sering berenang adalah susahnya tidur bagi tubuh kita. Beberapa orang memang bisa mengeluh jika mereka sulit tidur atau insomnia. Hal ini menunjukkan betapa tingkat kelelahan saat berenang sudah sangat mengkhawatirkan. Susahnya tidur ini disebabkan karena tubuh mengalami gangguan keseimbangan hingga memerlukan waktu untuk menormalkan kembali agar bisa lebih nyenyak saat tidur. Untuk itu, selain mengurangi frekuensi berenang, Anda juga perlu memahami cara mengatasi susah tidur tanpa bantuan obat.

Sebenarnya masih ada banyak efek negatif lainnya yang diakibatkan oleh terlalu lama saat melakukan aktivitas renang. Maka bila Anda hobi berenang, lakukanlah aktivitas renang ini secara proporsional dan tidak berlebih-lebihan, karena bisa menyebabkan tubuh tidak sehat.

Demikianlah beberapa efek atau dampak dari aktivitas renang bagi kesehatan jika dilakukan secara berlebihan. Oleh karena itu, agar Anda tidak mendapatkan efek terlalu sering berenang, ada baiknya Anda melakukannya secara proporsional.(ck)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed