Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Teknik Acian Dinding yang Benar pada Rumah Minimalis Anda (Bagian 2)

adonan aci semen - diminimalis.com

Teknik acian dinding baru bisa dikerjakan dengan benar apabila proses mendirikan dinding dan pemlesterannya juga benar. Sebelum mulai proses acian, pastikan permukaan plester halus dan rata untuk menghemat bahan acian. Kualitas plesteran yang baik akan menghasilkan acian dinding rumah yang baik pula.

teknik acian dinding
adonan aci semen – diminimalis.com

Teknik acian dinding beserta tahapannya

Sebelum melakukan pengacian, kondisikan keadaan dinding dalam keadaan kering. Biarkan dinding selama 2 minggu setelah melakukan pemlesteran. Jika proses pengacian akan dilakukan, basahi dinding yang telah diplester dengan sedikit air agar acian tidak mengalami pengeringan dalam waktu yang singkat.


Cara pengacian dinding yang benar tidaklah susah, namun untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, Anda harus memperhatikan setiap langkahnya dengan cermat.
aci tidak menempel karena kualitas plester yang buruk

Basahi plesteran yang sudah kering menggunakan air sampai benar-benar jenuh. Maksud dari pembasahan ini agar plesteran yang kering tidak menyerap banyak air pada saat acian basah ditempel. Apabila plesteran menyerap air yang berlebih maka acian menjadi tidak menempel sempurna yang akan menyebabkan retak-retak. Hal tersebut penting untuk menghindari agar acian tidak terlalu cepat kering, karena semen sangat membutuhkan air untuk proses hidrasi.

Cara membuat pasta acian

1. Buatlah adukan acian yang terdiri dari campuran semen dan air.
2. Masukkan bubuk semen ke dalam ember kecil secukupnya,
3. lalu tuangkan air sedikit demi sedikit agar bubuk semen berubah bentuk menjadi pasta.
4. Jika semen masih padat tambahkan beberapa air untuk mengencerkannya. Sebaliknya jika terlalu cair, tambahkan beberapa sendok semen lagi untuk mengentalkannya.
5. Setelah adukan acian semen selesai dibuat, ambilah sejumput adukan tersebut memakai roskam, lalu aplikasikan pada dinding berplester. Caranya, tekan roskam yang telah terdapat adukan aci di dasarnya pada dinding, lalu sebarkan ke sisi sampingnya agar adukan menutupi pori-pori tembok secara merata.
6. Begitu seterusnya sampai seluruh dinding rumah tertutupi oleh lapisan aci.

Perhatikan waktu untuk mengaci. Jika terlalu lama mengaci maka dinding akan lembab dan jika terlalu cepat mengaci, maka permukaan dinding akan kering dan mudah retak. Apabila waktu yang dibutuhkan dari selesai penghamparan acian sampai acian dapat dipoles sekitar 20-30 menit, maka kelembapan plesteran cukup. Tetapi apabila kurang dari 20 menit berarti plesteran terlalu kering, dan apabila lebih dari 30 menit berarti plesteran terlalu lembab.
Perhatikan pula ketebalan acian. Ketebalan acian 1 mm hingga 3 mm merupakan ketebalan acian yang ideal. Jika dinding banyak terdapat lubang, pastikan lubang ditutup dahulu sebelum melakukan proses acian tembok dengan menggunakan semen.
Demikian ulasan kami tentang teknik acian dinding yang benar, Anda bisa membaca artikel kami sebelumnya tentang persiapan dinding sebelum proses pengacian di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Cara Pengacian Dinding yang Benar (Bagian 1)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.