Mengaplikasikan Tegel Lantai Kuno untuk Kesan Hangat Tempoe Doeloe

Tegel lantai kuno yang begitu elegan - Diminimalis.com

Tegel lantai kuno Indonesia memiliki sejarah yang sangat panjang. Jenis ubin khas dari Indonesia ini memang sempat berjaya di masa lalu dengan tingginya minat masyarakat menggunakan lantai tegel. Dan beberapa dekade selanjutnya tegel ditinggalkan seiring dengan banyaknya pilihan ubin modern. Namun, saat ini tegel kuno kembali dilirik oleh banyak orang, yang ingin memiliki hunian bernilai estetika tinggi, terutama untuk memunculkan kesan hangat khas tempoe doeloe.

Saat ini, tegel lantai kuno belumlah punah. Jumlahnya memang sudah berkurang, namun bukan berarti tegel kehilangan peminatnya. Banyak orang yang masih mencari tegel kuno untuk menghadirkan nilai seni yang tinggi, termasuk juga untuk teras belakang rumah. Bagian ruangan yang satu ini memang cocok sekali diberikan sentuhan kuno dan klasik, agar suasananya lebih berbeda dan terasa hangat untuk kegiatan bersantai di rumah.

 tegel lantai kuno, tegel kunci katalog, ubin keraton, ubin klasik, tegel kunci jakarta, jual ubin tegel bekas, harga lantai tegel, harga tegel soeryo, harga tegel kunci 2017
Tegel lantai kuno yang begitu elegan – Diminimalis.com

Panduan Pengaplikasian Tegel Lantai Kuno Untuk Teras Belakang Rumah

Untuk Anda yang masih belum pernah mengaplikasikan tegel kuno pada hunian Anda, terutama pada teras belakang rumah, simak terlebih dahulu panduannya berikut ini:

• Memiliki konsep teras belakang rumah yang jelas
Sudahkah Anda tentukan seperti apa konsep teras belakang rumah Anda? Jika ingin memiliki tema kuno yang khas hangat tempoe doeloe, maka usahakan untuk mewujudkannya secara total. Hal ini bukan hanya sekadar pembelian ubin model kuno saja, namun berbagai hal termasuk juga perabotan yang ada diteras dan desain teras juga harus mendukung.

Mencari konsep teras belakang rumah yang terlihat jadul namun tetap hangat bisa dilakukan dengan mudah. Saat ini telah banyak contohnya baik dalam bentuk gambar, video, maupun contoh langsung dari studio yang bisa Anda jadikan inspirasi. Hal ini penting sekali diperhatikan agar Anda bisa mewujudkan teras belakang rumah dengan tegel kuno yang tidak bertabrakan dengan desain lainnya.

• Pemilihan warna tegel

 tegel lantai kuno, tegel kunci katalog, ubin keraton, ubin klasik, tegel kunci jakarta, jual ubin tegel bekas, harga lantai tegel, harga tegel soeryo, harga tegel kunci 2017
Pilihlah warna tegel yang tepat – Diminimalis.com

Perlu diketahui, tegel kuno khas Indonesia atau biasa disebut juga tegel kunci Indonesia, memiliki warna yang khas namun juga beragam. Warna khas dari tegel kuno yang sedari dulu populer adalah warna biru dan putih. Perpaduan warna dasar putih dan hiasan bernilai seni dengan warna biru, merupakan ciri khas tegel yang sangat terkenal dan erat sekali nilai kekunoannya.

Namun, bukan berarti tegel warna lainnya tidak bisa Anda pilih. Saat ini telah banyak tegel dengan warna lainnya, walaupun cenderung memiliki warna dasar yang sama yaitu putih. Untuk warna hiasannya, saat ini ada banyak ragam pilihan yang dapat membuat Anda memilih berdasarkan selera, namun yang terpenting sesuai dengan teras rumah Anda.

• Tegel kuno untuk rumah minimalis
Banyak rumah yang kini menggunakan konsep hunian minimalis. Konsep yang satu ini memang identik dengan konsep modern, walaupun tetap saja bisa dipadukan dengan ubin klasik pada bagian teras belakang rumah.

Agar bisa mendapatkan tampilan yang pas dan menarik, pilihlah tegel kuno yang memiliki desain sederhaan. Pilihan tegel kuno yang memiliki motif geometris atau simetris, menjadi pilihan yang terbaik dibandingkan dengan tegel yang bermotif penuh dan rumit. Hal tersebut menjadi acuan untuk pemilihan tegel kuno yang dijadikan lantai dasar teras. Sedangkan untuk sekadar hiasan dinding atau pemanis bagian teras lainnya, maka bisa disesuaikan dengan selera.

• Tegel kuno untuk lantai dan dinding
Seperti yang telah diketahui banyak orang, tegel kuno dapat digunakan untuk lantai dasar dan juga di dinding. Pada teras belakang rumah pun juga sama, Anda bisa memilih, apakah akan memasang tegel kuni di lantai, di dinding, atau bahkan keduanya. Namun jika Anda ingin memasang tegel kuno pada keduanya, maka penting sekali Anda memilih motif yang berbeda agar tidak terlihat aneh dan mengganggu pandangan mata.

Untuk tegel yang digunakan di dinding ruangan, Anda bisa lebih bebas memilih desain yang menarik. Pada bagian dinding bisa dipilih tegel kuno yang lebih terang atau lebih berwarna cerah. Namun, perlu juga disesuaikan dengan penerapan desain teras lainnya agar menarik untuk dipandang, termasuk juga pada pemilihan tegel lantainya.

Tips Merawat Lantai Tegel Kuno

Setelah mengerti seperti apa pengaplikasian tegel kuno pada teras rumah, maka penting sekali Anda perhatikan tips merawatnya. Untuk lebih membuat Anda paham, berikut akan ditampilkan apa saja tips merawat lantai tegel kuno yang harus diperhatikan:

• Pertama, bersihkan setiap saat

 tegel lantai kuno, tegel kunci katalog, ubin keraton, ubin klasik, tegel kunci jakarta, jual ubin tegel bekas, harga lantai tegel, harga tegel soeryo, harga tegel kunci 2017
Agar nampak apik, bersihkan selalu tegel rumah Anda setiap saat – Diminimalis.com

Merawat tegel kuno tidak membutuhkan teknik pembersihan khusus. Lantai tegel dibuat menggunakan bahan yang kuat dan kokoh. Namun soal kebersihannya, tentu tetap harus diperhatikan agar lantai tegel tidak kehilangan nilai seninya. Hal ini pun sangat berkaitan erat dengan warna dasar putih pada lantai tegel agar tidak terlihat kusam.

Pembersihan lantai tegel tidak memerlukan treatment tertentu. Anda bisa menggunakan cairan pembersih lantai apapun, untuk bisa membuat tegel tetap terjaga tampilannya, yang terpenting adalah soal konsistensi. Pada teras rumah yang berhadapan langsung dengan area terbuka, sangat rentan lantai tegelnya menjadi cepat kusam karena debu dan kotoran. Untuk itu, perlu sekali konsistensi dalam pembersihan tegel teras belakang rumah Anda.

• Kedua, hindari melukai permukaan tegel
Lantai tegel merupakan lantai yang sangat harus diperhatikan permukaannya. Jika tergores atau lecet, sudah pasti akan mengganggu tampilan motif yang bernilai seni dari tegel yang terpasang. Pada bagian lantai, hal yang paling sering menciderai permukaan tegel adalah aktivitas pemindahan perabot yang ada diteras misalnya kursi atau meja. Jika ingin memindahkan kursi atau meja, usahakan untuk selalu mengangkatnya.

Selain itu, berbagai aktivitas juga harus Anda perhatikan agar tidak melukai permukaan tegel. Jangan dekatkan benda logam yang tajam dan berat pada bagian lantai tegel teras Anda, agar tidak menggores permukaan tegel dan mengurangi keindahannya.

Setelah mengetahui berbagai macam hal tentang mengaplikasikan tegel lantai kuno di lantai rumah, saatnya membeli tegel yang tepat. Carilah jenis lantai yang bisa memberikan kesejukan di dalam rumah minimalis Anda. Belilah pada produsen tegel yang terkenal kualitasnya, dan untuk pemilihan desainnya Anda bisa meminta tegel kunci katalog terlebih dahulu agar bisa memilih yang terbaik.(an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.