Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tata Ruang Rumah Minimalis Lantai 2 Simpel Namun Tetap Nyaman (Bagian #1 Dari 2)

menata ruang rumah lantai 2 - diminimalis.com

Tata ruang rumah minimalis yang nyaman merupakan keinginan bagi semua orang, termasuk Anda. Bahkan, terkadang ada sebagian orang yang rela mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyewa desainer profesional untuk menjadikan desain rumah minimalis terlihat indah dan nyaman. Bagi orang yang memiliki kelebihan harta mungkin hal tersebut tidak terlalu bermasalah. Namun, bagaimana dengan Anda yang mungkin memiliki keterbatasan dalam hal pembiayaan.

tata ruang rumah
menata ruang rumah lantai 2 – diminimalis.com

Memang, ketika kita hendak menciptakan tata ruang rumah yang berkonsep minimalis memiliki tantangan tersendiri di dalamnya. Keterbatasan luasan pada tiap ruangan dan minimnya space yang bisa dimanfaatkan guna mempercantik interior perlu Anda carikan solusinya. Problem tersebut memang sulit, tetapi tidak mustahil untuk Anda pecahkan.


Tata ruang rumah sederhana yang nyaman

Bagi Anda yang memiliki keterbatasan anggaran dalam penataan ruang dalam rumah, konsep sederhana atau simpel bisa dijadikan sebagai solusinya. Anda tidak usah risau, meskipun simpel dalam penataannya namun tetap membuat nyaman penghuni di dalamnya.

Sebagai ide awal bisa Anda cari dari kegiatan traveling yang pernah dilakukan ataupun tempat rekreasi yang pernah Anda kunjungi bersama keluarga. Bagi Anda yang belum menemukan ide untuk tata ruang rumah yang hendak dilakukan, berikut inspirasi penataan ruang yang bisa Anda lakukan.

Ruang tamu

tata ruang rumah
ruang tamu warna putih – diminimalis.com

Anda bisa mendesain foyer kecil di dalam ruang tamu. Area ini berfungsi sebagai area pertama untuk menerima tamu. Gunakan storage berbentuk rak berbahan kayu untuk memisahkan area foyer dengan ruang tamu. Anda bisa meletakkan beberapa elemen dekoratif pada area foyer ini. Storage yang berfungsi sebagai partisi ruangan juga bisa difungsikan sebagai tempat memajang koleksi faforit keluarga.

Penggunaan warna dalam ruang keluarga juga sebaiknya menggunakan warna-warna netral. Warna putih atau warna pastel bisa menjadi pilihan Anda agar ruang tamu bisa terkesan lebih luas. Sofa berwarna terang juga bisa dipilih untuk memeriahkan suasana ruangan. Untuk lebih menambah nyaman suasana, bisa ditambahkan karpet dan cusion berwarna senada di dalamnya.

Ruang keluarga

tata ruang rumah
storage ruang keluarga – diminimalis.com

Penggunaan warna dinding pada ruang keluarga sebaiknya menggunakan warna pastel agar terkesan hangat dan tidak sempit. Pemilihan furnitur berwarna putih juga semakin menambah kesan luas pada ruangan. Pemilihan meja yang memiliki roda di kakinya agar mudah dipindahkan saat tidak digunakan juga bisa dipilih untuk lebih memperluas area ruang keluarga saat digunakan berkumpul bersama.

Ambalan atau rak minimalis sebagai area pajang dekoratif akan semakin memeriahkan suasana. Area di atas lemari yang biasanya tidak termanfaatkan juga bisa dimanfaatkan sebagai area pajang elemen dekoratif. Sudut kosong yang biasanya ada di dalam ruang keluarga bisa Anda jadikan sebagai reading nook, sehingga tata ruang rumah semakin fungsional.

Ruang makan dan dapur

Ruang terakhir yang biasanya terletak di lantai 1 adalah ruang makan dan dapur. Pada kedua ruangan ini bisa Anda gunakan warna putih atau warna terang yang lain agar terkesan bersih dan luas. Furnitur yang dipilih juga sebaiknya menggunakan material yang terbuat dari bahan kayu agar waktu makan bersama anggota keluarga di dalamnya semakin hangat.

Ulasan tata ruang rumah di atas belumlah selesai, baru lantai 1 yang kita bahas. Lalu, bagaimanakah cara menata ruang rumah di lantai 2 agar terkesan lebih nyaman? Simak di pembahsan selanjutnya. Selamat menyimak (am).

Baca juga: makeover ruangan

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.