Tata ruang rumah minimalis type 36 60 untuk Anda pasangan muda yang ingin segera mandiri

fasda rumah minimalis type 36 - diminimalis.com

Tata ruang rumah minimalis type 36 perlu diatur sedemikian hingga agar nyaman ditempati. Ukurannya yang relatif tidak luas memerlukan kreativitas penghuninya agar terkesan tidak terasa sempit dan tetap nyaman. Dengan luasan bangunan 36 meter persegi, perlu difikirkan penataan ruang semenjak ketika hendak ditempati.

Interior rumah minimalis type 36 juga hendaknya ditata dengan bijak. Luas bangunan yang tidak terlalu lebar ini, tidak memungkinkan bagi penghuninya untuk menempatkan barang atau perabot yang ukurannya relatif lebar. Adanya perabot seperti sofa atau lemari yang berukuran besar hanya akan semakin mempersempit ruang gerak di dalam rumah.

Variasi luas lahan desain rumah mungil type 36

Tata ruang rumah minimalis type 36 sebenarnya tidak hanya berkutat kepada ukuran tapak bangunan. Terdapat beberapa alternatif luasan lahan secara keseluruhan yang memungkinkan Anda untuk mengembangkannya lebih lanjut di masa yang akan datang.

Developer perumahan biasanya memberikan beberapa alternatif untuk luas lahan keseluruhan. Jika Anda memang berniat menempati rumah di perumahan, tidak ada salahnya Anda memperhatikan variasi dari luasan lahan yang ditawarkan dalam paket rumah minimalis type 36. Luas tanah yang biasa ditawarkan oleh pengembang biasanya mulai dari 42 meter persegi, 48, 60 dan 72 meter persegi dengan bangunan rumah type 36.

fasda rumah minimalis type 36 - diminimalis.com
fasad rumah minimalis type 36 – diminimalis.com

Tata ruang rumah minimalis type 36 60 yang bisa Anda jadikan inspirasi

Tata ruang rumah minimalis type 36 60 misalnya, tentu saja tidak jauh berbeda dengan desain interior rumah minimalis type 36 72. Adanya perbedaan luas lahan secara keseluruhan memungkinkan Anda untuk berkreasi dalam menata ruang. Namun umumnya berapapun luas lahan yang ditawarkan, jika type rumahnya adalah type 36, desain rumah mungil type 36 ini tetap sama.

Rumah type 36 biasanya dibangun awal dengan komposisi 2 kamar tidur, 1 kamar mandi, 1 ruang tamu dan ruang keluarga, yang biasanya juga menampung fungsi ruang makan serta dapur. Dengan luasan yang hanya 36 meter persegi, memang tidak banyak ruang yang bisa diakomodir, namun kita tetap bisa memperoleh fungsi dari tiap ruangan dengan maksimal.

Desain rumah mungil type 36 bisa Anda dapatkan salah satunya seperti pada gambar denah 2D berikut.

Tata ruang rumah minimalis type 36
Tata ruang rumah minimalis type 36 – diminimalis.com

Gambar denah merupakan rumah type 36 yang dibangun di atas lahan dengan luas total 60 meter persegi. Secara umum biasanya type rumah semacam ini dipasarkan dengan paket berupa Rumah type 36/60. Angka 36 di awal merupakan luas bangunan, sedangkan angka 60 adalah luas lahan dimana rumah dibangun.

Umumnya rumah minimalis dengan luas bangunan type 36 memiliki beberapa ruang sebagai berikut :

  1. Kamar tidur utama
  2. Kamar tidur anak
  3. Ruang tamu
  4. Ruang keluarga
  5. Kamar mandi

Kamar tidur rumah minimalis type 36

Denah rumah minimalis type 36 tersebut memiliki 2 buah kamar tidur. Kamar tidur dibuat dengan ukuran luas yang berbeda. Yang pertama dibuat dengan ukuran 3 x 3 meter persegi, sedangkan yang satunya lagi dibuat dengan ukuran 3 x 2,5 meter persegi. Kamar tidur yang berukuran lebih besar difungsikan sebagi kamar tidur utama untuk orang tua. Sedangkan kamar tidur yang berukuran lebih kecil bisa digunakan untuk kamar tidur anak. Bagi Anda keluarga baru yang belum memiliki momongan, kamar tidur satunya bisa difungsikan sebagai kamar tidur tamu jika ada kerabat yang datang berkunjung.

Ruang tamu rumah minimalis type 36

Ruang berikutnya adalah ruang tamu. Ruang ini menjadi ruang yang pertama kali di akses ketika kita memasuki rumah. Ruang inilah dimana kita sebagai tuan rumah menjamu tamu yang berkunjung. Umumnya ruang tamu menjadi ruang dimana tamu yang berkunjung menilai tentang si pemilik rumah. Maka menjadi perlu untuk menyediakan ruang tamu yang tetap terasa nyaman walaupun dalam rumah yang tidak relatif luas.

ruang tamu minimalis type 36 - diminimalis.com
ruang tamu minimalis type 36 – diminimalis.com

Umumnya ruang tamu pada rumah type 36 relatif memadai untuk satu buah kursi sudut, atau empat buah kursi dengan satu meja tamu yang tidak terlalu panjang. Dengan menjaga ruang temu tetap terlihat bersih, akan semakin membuat ruang terasa nyaman dan lebih luas bagi tamu yang berkunjung.

Ruang keluarga rumah minimalis type 36

Ruang keluarag menjadi ruang berikutnya setelah ruang tamu, dan umumnya terletak di tengah tengah bangunan. Ruang ini adalah ruang dimana keluarga berkumpul dan menghabiskan waktu bersama di sore hari menjelang waktu istirahat. Aktivitas keluarga seperti makan juga dilakukan di ruang ini, mengingat bahwa rumah type 36 memang umumnya tidak menyediakan ruang makan yang terpisah dikarenakan keterbatasan luasan lahan.

ruang keluarga dapur rumah minimalis type 36 - diminimalis.com
ruang keluarga dapur rumah minimalis type 36 – diminimalis.com

Dapur sebagai tempat dimana masak memasak dilakukan, bisa mengambil porsi di bagian belakang rumah, dekat dengan pintu keluar. Anda bisa mengaturnya sedemikian hingga terasa tetap nyaman dan tidak membuat ruang keluarga menjadi tidak nyaman dan terkesan kotor dengan adanya ruang dapur ini.

Anda bisa membuat sekat panel dari triplek atau calsiboard jika memang ingin memisahkan ruang ini agar tidak nampak dari ruang keluarga. Atau jika terkesan menjadi lebih sempit ketika diberi sekat, sebagai alternatif Anda bisa memberi aksen cat dengan warna yang berbeda untuk dinding ruang yang difungsikan sebagai aktivitas masak memasak dilakukan.

kamar mandi ruang keluarga dan ruang masak yang menjadi satu - diminimalis.com
kamar mandi ruang keluarga dan ruang masak yang menjadi satu – diminimalis.com

Kamar mandi rumah minimalis type 36

Kamar mandi menjadi ruang terakhir pada rumah type 36 yang kita bahas. Ukurannya yang tidak luas umumnya ditempatkan di bagian pojok belakang dari rumah type 36 ini. Jika Anda memiliki dana yang memadai, Anda bisa memindahkan kamar mandi ini dibagian luar rumah, sehingga Anda akan memiliki ruang keluarga yang lebih luas.

Baca juga artikel tentang : Tata ruang rumah minimalis dengan luasan lahan yang terbatas berdasar skala prioritas.

Menata rumah type 36 memerlukan kreativitas dan kebijaksanaan, mengingat ukurannya yang tidak luas. Pun demikian dengan adanya sisa lahan yang masih tersedia, memungkinkan Anda untuk mengembangkan lebih lanjut di masa depan ketika Anda memiliki dana yang mencukupi. Namun dengan luasan rumah 36 meter persegi, rumah type ini sudah cukup layak untuk ditinggali bagi Anda pasangan muda yang ingin segera mandiri dalam membangun rumah tangga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.