Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tata Ruang Rumah Minimalis Berdasarkan Skala Prioritas Luas Tanah

Tata ruang rumah minimalis menjadi aspek penting untuk diperhatikan. Keberhasilan menata ruang tanpa mengesampingkan kebutuhan akan fungsi ruang, menjadi hal awal yang penting sebelum menempati rumah Anda. Pada lahan rumah yang amat terbatas, seperti pada type 21, tata ruang rumah minimalis type 21 menjadi amat penting untuk difikirkan dengan cermat.

Desain rumah minimalis mengusung konsep kesederhanaan dalam taat ruang dan bentukan yang mengadopsi aliran kubistik. Amat jarang dijumpai bentukan lengkung atau bulat, dan juga sudut yang tidak menyiku. Pemanfaatan ruang yang efektif menjadi salah satu ciri khas konsep minimalis. Ke-khas-an inilah yang kemudian menarik banyak orang untuk mengadopsinya Sselain aspek efisiensi biaya, konsep minimalis juga memberi kesan modern, dan jika diolah dengan baik, dapat juga menampilkan kesan mewah dari sebuah hunian.


tata ruang rumah minimalis
tata ruang rumah minimalis – diminimalis.com

Tata ruang rumah minimalis

Penataan ruang-ruang dalam rumah menjadi kunci penting dalam proses pembuatan rumah minimalis. Dengan luas lahan yang tidak terbilang lebar, kebutuhan akan ruang dalam sebuah rumah tetap harus dapat terpenuhi. Berdasarkan jenis dan fungsinya, berikut diminimalis uraikan ruang-ruang yang umumnya ada pada sebuah hunian berdasarkan skala prioritas pertimbangan luas lahan.

A.    Ruang pokok
Ruangan-ruangan pokok adalah ruangan yang memang wajib ada dikarenakan fungsinya yang memang mendasar. Ketika lahan menjadi pertimbangan utama, maka tata ruang rumah minimalis sederhana harus difikirkan dengan cermat. Seperti pada tata ruang rumah minimalis type 21, luasan lahan yang ada hanya cukup untuk mengadopsi fungsi dari ruang-ruang pokok berikut.

  • Ruang tamu (livingroom/lounge)
    Ruang ini menjadi ruang pertama yang diakses ketika seseorang masuk ke dalam rumah. Adalah tidak umum di Indonesia, ketika Anda masuk ke dalam rumah, kemudian Anda disuguhkan pemandangan dapur atau malah tempat tidur. Di ruang inilah si tuan rumah biasanya menerima kunjungan dan menjamu tamunya, apakah rekan kerja, saudara atau bahkan seseorang yang belum kita kenal. Kebutuhan akan ruang ini biasanya terkait kelayakan dalam menerima tamu. Satu set meja dan kursi yang layak, menjadi ciri khas dari ruang ini guna menyambut pengunjung rumah. Sofa hari ini menjadi salah satu perabot yang umum dijumpai di ruang ini. Adanya lukisan besar pada dinding dan meja kecil di depan sofa, menjadi salah satu pilihan kita untuk menata ruang tamu agar tampak lebih cantik.

    tata ruang rumah minimalis ruang tamu
    ruang tamu – diminimalis.com
  • Kamar tidur (bedroom)
    Ruang ini menjadi ruang berikutnya yang harus tersedia. Sekecil apapun rumah, selalu menyediakan kamar tidur agar pemiliknya dapat beristirahat dengan nyaman. Tempat tidur dan lemari pakaian menjadi perabot wajib yang ada untuk memenuhi kebutuhan fungsi akan ruang ini. Bagi Anda yang belum berumah tangga, tempat tidur single bed menjadi pilihan agar ruang terasa luas. Namun tidak ada salahnya jika Anda tetap memilih kamar yang dapat menampung tempat tidur ukuran double, ketika Anda berencana untuk hidup bersama pasangan Anda, tanpa kemudian harus repot merombak ukuran kamar yang telah ada sebelumnya.

    tata ruang rumah minimalis
    kamar tidur – diminimalis.com
  • Kamar mandi (bathroom)
    Ruang yang ukurannya tidak luas ini menjadi penting keberadaannya. Dengan ukuran yang tidak luas pun, fungsi ruang ini harus dapat terpenuhi dengan baik. Sumber air bersih yang lancar dan saluran buangan air limbah yang tidak mampet, menjadi syarat mutlak yang harus diupayakan. Ukuran 1 meter x 1,25 meter bisa dibilang sangat minimalis untuk ruangan ini, namun jika Anda tidak memiliki lahan yang cukup luas, saya kira Anda bisa mengatasinya dengan membuat kamar mandi berukuran tidak luas. Kran air, ember dan toilet jongkok cukup memadai untuk memenuhi fungsi ruang ini dengan baik. Namun jika Anda memiliki lahan yang lega dan anggaran yang mencukupi, tidak ada salahnya Anda membuat kamar mandi yang lebih luas.

    tata ruang rumah minimalis.com
    kamar mandi – diminimalis.com

B.    Ruang sekunder
Ruang sekunder menjadi pertimbangan berikutnya ketika Anda memiliki luasan lahan lebih, atau Anda berencana untuk melakukan pengembangan dari fungsi-fungsi dasar sebelumnya. Menambah ruangan dengan fungsi-fungsi tambahan akan semakin menambah kenyamaan Anda sekeluarga dalam menghuni rumah dan beraktivitas di dalamnya.

  • Dapur (kitchen)
    Tempat ini tidak wajib ada, terlebih jika Anda seorang yang masih single, seringkali Anda lebih memilih untuk makan di warung dari pada repot-repot memasak di dapur. Kebutuhan akan ruang ini sejalan dengan rencana kehidupan Anda. Pada rumah dengan luas lahan yang pas-pasan, asal terdapat area untuk meletakkan peralatan dan perlengkapan memasak, maka walaupun tanpa sekat yang jelas, kita telah memiliki dapur sendiri di rumah kita.
    Ketika Anda telah berumah tangga, maka ruang dapur menjadi hal yang selanjutnya perlu diprioritaskan. Adanya buah hati menjadi faktor pendorong lain yang membuat kepala keluarga untuk segera memiliki dapur. Memasak bersama keluarga menjadi salah satu quality time yang perlu sesekali diagendakan. Bagi seorang istri, ruang ini menjadi ruangan yang membuatnya seolah seperti seorang nahkoda pada ruang kemudi kapal.

    tata ruangrumah minimalis
    dapur – diminimalis.com
  • Ruang makan (diningroom)
    Ruang makan tidak selalu harus berupa ruang dengan sekat yang jelas. Seperti halnya ruang dapur, ruang makan tidak selalu membutuhkan alokasi ruang khusus. Seringkali dijumpai penggunaan bersama dari kedua ruang ini. Dapur yang berbagi space dengan ruang makan menjadi pilihan dalam mengkonsep ruangan minimalis. Pun tidak melulu pada rumah dengan lahan terbatas, rumah-rumah dengan lahan luas namun mengusung konsep minimalis juga seringkali kedapatan menggabungkan dapur dengan ruang makan.

    tata ruang rumah minimalis
    ruang makan – diminimalis.com
  • Ruang keluarga (familyroom)
    Ruang ini berfungsi sebagai tempat dimana Anda dan putra-putri Anda berkumpul dan beraktivitas menikmati waktu yang berkualitas. Dicirikan dengan interaksi dan komunikasi yang intens, menjadikan ruangan ini penuh dengan nuansa hangat dan ceria. Menemani putra-putri mengerjakan tugas dari sekolah atau hanya sekedar bercerita pengalaman di siang harinya, menjadi cara yang efektif untuk menunjukkan keperdulian orang tua kepada buah hatinya. Menggunakan sofa santai atau hanya sekedar beralaskan karpet, tidak mengurangi makna keberadaan ruang ini jika kita pandai menghadirkan suasana hangat berkualitas.

    tata ruang rumah minimalis
    ruang keluarga – diminimalis.com
  • WC / toilet
    Jika kamar mandi adalah tempat dimana Anda membersihkan diri, maka toilet atau WC adalah tempat dimana Anda membuang kotoran sisa pencernaan. Hanya saja seringkali kamar mandi juga dilengkapi fungsi toilet dengan adanya jamban, sedangkan pada toilet umumnya hanya berfungsi sebagai tempat buang hajat, dan bukan untuk mandi, kecuali terpaksa. Pada rumah dengan penghuni yang lebih dari dua orang, maka keberadaan alternatif toilet menjadi hal yang amat melegakan. Ketika jam-jam sibuk untuk persiapan berangkat kerja atau sekolah anak-anak, mengantri kamar mandi bisa menjadi hal yang banyak membuang waktu yang berharga. Adanya toilet selain kamar mandi, setidaknya dapat menjadikan waktu-waktu Anda menunggu menjadi lebih efektif.

    tata ruang rumah minimalis.com
    water closet -diminimalis.com

C.    Ruang tambahan
Konsep tata ruang rumah minimalis modern tidak melulu terkait lahan yang sempit. Konsep minimalis dapat pula diterapkan pada lahan yang luas. Tambahan ruang-ruang berikut akan semakin memudahkan Anda dan keluarga dalam menghuni rumah minimalis Anda, serta semakin meningkatkan kualitas waktu istirahat dan berkumpul bersama keluarga tercinta.

  • Mushola
    Ruang ini memang tidak berukuran luas, namun keberadaannya seolah menjadikan suasana rumah menjadi lebih sejuk dan damai. Semakin sering Anda menggunakan ruang ini bersama dengan anggota keluarga yang lain, maka nuansa harmonis akan semakin kental dalam hubungan rumah tangga Anda. Ruangan yang mengarah ke kiblat ini biasanya di buat senyaman mungkin. Terdapat tempat penyimpanan sarung atau mukena dan juga rak atau meja kecil untuk meletakkan Alquran yang rajin dibaca. Melihat anak-anak kita sering berada di ruang ini untuk bertadarus, seolah segala kepenatan kerja yang kita bawa pulang menjadi hilang tak berbekas.

    tata ruang rumah minimalis.com
    mushola – diminimalis.com
  • Gudang
    Menyimpan barang-barang yang tidak terpakai atau belum terpakai lagi, seringkali kurang mendapat perhatian. Fungsi gudang seringkali belum optimal, justru hanya sebagai penyimpan benda-benda yang telah rusak atau tidak terpakai. Untuk barang-barang yang tidak terpakai lagi dan telah rusak tanpa adanya kemungkinan diperbaiki, maka lebih baik untuk dikeluarkan dari rumah, apakah disedekahkan, dihibahkan, dijual atau sekedar dibuang. Sehingga gudang mampu menampung barang yang sekiranya tidak dipakai setiap hari, namun suatu saat pasti akan digunakan kembali. Dengan begitu, maka ruang dalam rumah Anda akan terasa lebih longgar yang pada akhirnya akan membuat Anda semakin nyaman.

    tata ruang rumah minimalis
    gudang – diminimalis.com
  • Ruang hijau
    Dengan semakin luasnya lahan yang Anda miliki, maka ada banyak fungsi yang kemudian dapat Anda akomodir dalam ruang rumah Anda, termasuk ruang hijau. Memiliki sebuah taman kecil di belakang rumah atau di samping rumah dapat memberi warna tersendiri bagi keseluruhan ruang pada rumah Anda. Bagi Anda yang lebih menyukai bunyi gemericik air, dapat mengalokasikan sebagian dari lahan tersebut untuk membuat kolam kecil dengan air mancur buatan. Memberi makan ikan atau hanya sekedar duduk di dekat kolam bersantai atau bercengkerama dengan keluarga, dapat menjadi pilihan menghabiskan waktu berkualitas Anda melepas penat kesibukan rutinitas kerja.

    tata ruang rumah minimalis
    taman in the house – diminimalis.com
  • Carport / garasi
    Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda 4, maka garasi menjadi ruang yang perlu Anda alokasikan pada lahan rumah Anda. Jika pun bukan garasi, maka setidaknya terdapat carport di halaman depan rumah Anda, sehingga Anda tidak harus membiarkan mobil kesayangan Anda kehujanan atau diterpa sinar matahari yang terik. Selain difungsikan sebagai tempat parkir mobil, dengan penataan yang baik, Anda dapat memadukan rak penyimpan perkakas dan peralatan lain di ruang ini, sehingga diperoleh efektifitas fungsi ruang pada lahan yang tidak terlalu luas.

    tata ruang rumah minimalis
    carport – diminimalis.com
  • Teras
    Adanya teras sebelum pintu masuk utama, memberi kesan lega pada hunian Anda. Akses masuk rumah yang tidak berbatasan langsung dengan jalan memberi kenyamanan tersendiri bagi Anda dan keluarga yang tinggal di dalamnya. Duduk menikmati waktu di teras depan rumah sembari menyapa tetangga yang sesekali lewat, menjadi waktu bersantai yang perlu Anda luangkan.

    tata ruang rumah minimalis
    teras – diminimalis.com

Memiliki rumah dengan luas lahan dan bangunan yang memadai tentunya menjadi harapan setiap orang. Namun ketika ternyata kenyataan tidak seindah harapan, maka kita perlu mensiasatinya dengan berbagai upaya, dengan tetap berfikir positif. Rumah seberapa pun besar dan luasnya, jika penghuninya tidak saling berinteraksi, sepertinya bukan rumah idaman yang kita semua harapkan. Suasana hangat dan nyaman serta interaksi yang itens antar anggota keluarga, menjadi kunci utama sebuah rumah layak disebut sebagai rumah.

Selamat berkarya dan berproses ! dan semoga semua penat Anda hari ini, akan lebur oleh rumah yang indah karena dihuni orang-orang terkasih kita yang menyambut dengan hangat. (rd)

Salam,
~diminimalis~

 

Sempatkan untuk mengunjungi artikel Menata Ruang-ruang pada Rumah Minimalis.

Comments are closed.