Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tata Cahaya Rumah Minimalis Mempercantik Desain Ruang Interior

lampu utama di tengah ruang - diminimalis.com

Tata cahaya rumah minimalis menjadi salah satu aspek desain yang menentukan ketika bicara tentang menikmati ruang pada malam hari. Pada siang hari, pencahayaan lebih banyak dari sumber cahaya alami yaitu matahari. Berbeda dengan malamnya, sumber cahaya pada ruangan rumah minimalis bersumber dari cahaya lampu. Dikarenakan satu-satunya sumber cahaya pada malam hari adalah lampu, maka teknik meletakkan lampu dan jenis lampu yang Anda pilih sangat menentukan bagaimana ruangan tersebut akan terlihat.

Tata cahaya ruangan menjadi salah satu bagian dari komponen desain pada sebuah ruang. Walaupun tidak menentukan sepanjang hari, karena lebih hanya digunakan pada malam hari, namun pada beberapa ruang, tata cahaya yang baik akan mampu menghadirkan suasana yang nyaman pada penghuninya.

tata cahaya rumah minimalis, tata ruang rumah minimalis, tata ruang rumah minimalis, jenis tata cahaya utama
lampu utama di tengah ruang – diminimalis.com

Berbagai pilihan warna dan jenis lampu kini tersedia di pasaran. Anda bisa memilih berbagai jenis lampu dan menatanya sesuai dengan kebutuhan serta berdasarkan karakteristik dari masing-masing lampu untuk mempercantik ruang-ruang dalam rumah Anda. Masing–masing jenis lampu memberi efek yang berbeda, termasuk jenis warna yang dipilih.

Tata cahaya rumah minimalis jenis dan karakteristik

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas jenis sumber pencahayaan rumah agar rumah Anda sehat dan juga nyaman untuk ditinggali. (baca artikel tentang Pencahayaan Rumah Minimalis yang Baik ‘tuk Rumah Sehat dan Nyaman). Pada artikel ini kita akan mempelajari jenis-jenis pencahyaan lampu dan karakteristiknya, berikut diminimalis uraikan.

1. General lighting (pencahayaan umum)

tata cahaya rumah minimalis, tata ruang rumah minimalis, tata ruang rumah minimalis, jenis tata cahaya utama
tata lampu merata general lighting – diminimalis.com

General lighting dikenal pula dengan sistem pencahayaan umum. Lampu yang dipasang dengan tehnik ini digunakan sebagai sumber penerang utama dari sebuah ruang. Guna memperoleh manfaat penerangan utama, biasanya lampu dipasang pada bagian tengah ruangan, atau dipasang merata pada beberapa titik agar ruangan memperoleh cahaya yang merata dan cukup terang. Sistem pencahayaan semacam ini paling banyak digunakan di rumah-rumah secara umum.

 

2. Task lighting (pencahayaan kerja)

Task lighting digunakan untuk keperluan membantu sebuah pekerjaan agar dapat berjalan dengan baik dengan bantuan cahaya yang lebih fokus sehingga terlihat dengan lebih baik. Lampu yang digunakan bisa menggunakan lampu tembak atau lampu sorot. Alternatif lain adalah lampu biasa seperti bohlam atau TL yang kemudian diberi reflektor agar berkas cahaya terpantulkan dan fokus pada sebuah area.

tata cahaya rumah minimalis, tata ruang rumah minimalis, tata ruang rumah minimalis, jenis tata cahaya utama
lampu meja contoh task lighting – diminimalis.com

Contoh paling sederhana dari task lighting adalah lampu yang digunakan pada meja belajar anak. Pada lampu meja anak, digunakan lampu yang dipasang pada kap lampu berbentuk corong, sehingga area meja lebih tersinari cahaya terang guna keperluan anak membaca.

3. Accent lighting (pencahayaan aksentuasi)

Accent lighting berkarakter mirip dengan task lighting, diperlukan cahaya yang lebih fokus dari sekedar general lighting. Pada accent lighting, tujuan penggunaaan lampu adalah untuk menghasilkan focal point dari sebuah area agar lebih terlihat dibandingkan bagian lain dari ruangan, namun tidak diperuntukkan membantu sebuah pekerjaan. Accent lighting biasa digunakan pada ruang pamer atau museum guna keperluan menyorot benda-benda seni untuk mempercantik dan membentuk suasana atau aksentuasi pada sebuah objek dalam ruang.

tata cahaya rumah minimalis, tata ruang rumah minimalis, tata ruang rumah minimalis, jenis tata cahaya utama
accent lighting – diminimalis.com

Demikian jenis dan tehnik pencahayaan yang bisa Anda gunakan untuk membantu tata cahaya rumah minimalis Anda. Dengan mengetahui bermacam jenis tata cahaya pada rumah minimalis, Anda bisa berkreasi dengan ruangan Anda dan memiiki alternatif dalam menata desain interior dan tata ruang  rumah minimalis Anda.

Pada artikel berikutnya diminimalis akan menghadirkan tentang contoh-contoh penataan cahaya pada berbagai ruang dalam rumah minimalis. Anda bisa meng-klik pada tautan ini. (rd)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.