Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Tanaman Pengusir Nyamuk yang Cocok Ditanam di Taman Rumah Anda

mengusir nyamuk menggunakan tanaman alami, lebih aman daripada obat nyamuk kimia - diminimalis.com

Tanaman pengusir nyamuk merupakan tanaman penting guna melindungi anggota keluarga Anda dari gigitan nyamuk. Seperti kita ketahui, nyamuk memiliki beragam jenis dan diantaranya dapat menyebabkan demam berdarah. Untuk itu, perlu dilakukan penanganan khusus agar kedatangan nyamuk dapat diantisipasi secara alami.

tanaman pengusir nyamuk, tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, tanaman pengusir nyamuk alami
mengusir nyamuk menggunakan tanaman alami, lebih aman daripada obat nyamuk kimia – diminimalis.com

Tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda tanam di sekitar rumah

Karena obat nyamuk konvensonal mengandung zat yang berbahaya bagi tubuh, maka ada baiknya bila Anda bisa mencegah nyamuk secara alami dengan menanam tanaman pengusir nyamuk di sekitar rumah minimalis Anda. Di bawah ini beberapa tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda manfaatkan mencegah nyamuk datang ke rumah.

1. Geranium
Di Indonesia tanaman ini dikenal dengan sebutan tapak dara. Tanaman ini mampu mengusir nyamuk karena mengandung zat sitronelol dan geraniol. Sifat kedua zat tersebut yang mudah terbawa angin, membuat armanya tercium di area sekitarnya.

Karena zat dari geranium bisa tersebar dengan sangat cepat, maka usahakan untuk menaruh tanaman ini di dekat tempat yang terkena angin, seperti jendela. Hal ini dimaksudkan agar aromanya bisa menyebar secara cepat dan merata.

2. Zodia
Bagi masyarakat pedalaman Papua, zodia bukanlah tanaman yang asing lagi di telinga mereka. Masyarakat Papua sudah terbiasa memetik daun zodia, kemudian menggosokkannya pada bagian tubuh mereka sebelum mengejar buruan di area hutan. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan mereka dari gigitan serangga dan nyamuk.

Kandungan rutaecarpine dan evodiamine pada tanaman zodia terbukti ampuh untuk mengusir nyamuk secara tuntas. Agar aroma bunga zodia dapat tersebar di sekeliling rumah, disarankan untuk menanamnya menggunakan pot di halaman rumah.

tanaman pengusir nyamuk, tanaman pengusir nyamuk paling ampuh, tanaman pengusir nyamuk alami
akar wangi efektif dapat mengusir nyamuk – diminimalis.com

3. Akar Wangi
Tanaman akar wangi merupakan salah satu tanaman pengusir nyamuk yang tidak cocok untuk ditanam menggunakan media pot. Tanaman ini merupakan sejenis rumput-rumputan yang seringkali tumbuh secara liar di daerah pekarangan rumah. Bau menyengat dari akar wangi ini konon terbukti ampuh dalam mengusir nyamuk. Bahkan nyamuk sekelas aedes aegypti pun tidak tahan terhadap aroma dari akar wangi.

4. Selasih
Selasih merupakan tanaman pengusir nyamuk yang bisa juga dimanfaatkan untuk lalapan atau bumbu masak. Tanpa perawatan khusus, selasih bisa tumbuh dengan cepat di sekitar pekarangan rumah. Bagi Anda yang menyukai lalapan, selasih cocok ditanam di pekarangan rumah Anda, sekaligus bisa dimanfaatkan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

5. Lavender
Bunga Lavender (Lavandula agustifolia) memiliki penampilan yang sangat menarik. Warnanya ungu kecil-kecil dan bergerombol di ujung tangkai. Bunganya memiliki aroma wangi dan mengandung zat linalool dan lynalyl acetate. dua zat inilah yang tidak disukai nyamuk. Untuk mengusir nyamuk, sebaiknya tanaman bunga Lavender di tempatkan di dekat pintu rumah, ventilasi atau lubang-lubang besar lainnya. Bunga Lavender juga bisa digosok-gosokkan pada kulit untuk menghindari gigitan nyamuk.

Demikian ulasan kami tentang ragam tanaman pengusir nyamuk yang bisa Anda tanam di sekitar rumah minimalis Anda, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang manfaat menanam tanaman buah di teras rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Manfaat pohon buah di teras rumah minimalis Anda

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.