Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Taman Rumah Lebih cantik Dengan 8 Komponen Simpel Ini

Memiliki taman rumah sendiri - diminimalis.com

Taman rumah dahulu biasanya hanya dimiliki oleh kalangan tertentu yang memiki lahan yang cukup luas. Namun, sekarang banyak para pengembang perumahan yang menyertakan taman rumah minimalis pada paket penjualan rumah mereka. Taman yang sesuai dengan konsep rumah akan menambah nilai jual rumah. Polusi udara yang lumrahnya sering terjadi di kota pun bisa diminimalkan dengan adanya taman rumah ini. Bagi Anda yang menginginkan memiliki taman tetapi luasan tanah yang tersedia tidak mencukupi, bisa membuat taman minimalis.

taman rumah
Memiliki taman rumah sendiri – diminimalis.com

Baca artikel : 7 Tips Simpel untuk Desain Taman Minimalis Anda

8 komponen yang mempercantik taman rumah Anda

Model taman rumah sangat beragam, di sesuaikan dengan konsep rumahnya, taman minimalis merupakan salah satu contohnya. Namun, banyak orang yang belum tahu komponen apa saja yang dibutuhkan dalam merancang dan mempercantik sebuah taman rumah, berikut diminimalis hadirkan :

1.    Jangan sia-siakan area kecil
Agar terlihat tidak terlalu ramai sebuah taman terkadang ada area kosong di sudut tertentu. Namun, ketika luasan tanah yang dipakai terbatas sebaiknya hal ini dihindari. Kesalahan yang lainnya yaitu terlalu banyak menumpuk tanaman pada satu tempat. karena hal ini akan memberikan kesan sesak, sebaiknya hal ini dihindari.

2.    Penggunaan rumput dan tanaman
Penggunaan rumput dan tanaman yang kecil dan besar serta ditata rapi akan memberikan kesan sejuk dan asri. Namun perlu diingat, jangan berlebihan dalam penggunaan tanaman karena akan memberi kesan sesak. Gunakan maksimal 4 macam tanaman. Penambahan pohon perdu misalnya, harus menyesuaikan dengan kondisi rumah juga dalam pengaplikasiannya.

3.    Lush oasis
Bagi sebagian orang taman minimalis memiliki kesulitan tersendiri dalam penataannya, ini dikarenakan luasan tanah yang terbatas. Namun hal ini bisa disiasati dengan membuat area khusus yang lebih rimbun dari area lain. Area inilah yang disebut lush oasis. Caranya dengan menempatkan tanaman sangat berdekatan, sehingga sedikit atau bahkan tidak ada ruang di antara tanaman. Beri sedikit efek dengan sekat kayu dan letakan di sudut taman. Jangan lupa berilah air dan pupuk yang ekstra untuk area ini, agar tetap terjaga kesuburannya.

taman rumah
taman rumah minimalism Anda – diminimalis.com

4.    Hardscape
Penggunaan hardscape atau elemen keras di sini sangat beragam tergantung kebutuhan. Pijakan kaki yang terbuat dari semen atau batu alam berfungsi sebagai tempat menikmati taman , juga bisa menambahkan aksen pada taman. Sehingga Anda tidak perlu menginjak rumput dalam menikmati keindahan taman.

5.    Kolam buatan
Kolam buatan yang Anda buat sedemikian rupa walaupun ukurannya tidak terlalu besar, akan memberikan kesan alami dan asri. Kolam ini juga bisa berfungsi sebagai tempat ikan kesayangan Anda, sehingga Anda akan merasa puas melihatnya.

6.    Lampu
Keindahan taman rumah yang Anda miliki akan terasa berbeda jika dinikmati pada malam hari. Dengan penambahan lampu yang dipasang pada titik-titik tertentu di dalam taman akan memberikan suasana yang romantis. Apalagi jika dinikmati bersama isteri tercinta. Anda bisa memilih lampu tradisional seperti templok sebagai penerangnya yang akan menjadikan suasana terasa lebih berkesan dan taman rumah minimalis milik Anda semakin bersinar.

7.    Gunakan ornamen unik
Ada banyak pilihan bentuk ornamen yang bisa Anda gunakan. Ornamen tradisional seperti patung, hingga ornamen modern seperti bentuk kubus atau bola-bola akan menambah keunikan tersendiri di dalam taman rumah Anda.

8. Area duduk outdoor
Penambahan tempat duduk di taman rumah Anda baik berupa gazebo atau tempat duduk minimalis, bisa dijadikan sebagai tempat makan keluarga. Bisa juga difungsikan sebagai tempat belajar yang tenang. Anak Anda tentunya akan betah berlama-lama saat bermain di atasnya.

gazebo indah, gazebo glugu indah, gazebo soka indah, model gazebo taman, harga gazebo
gazebo dengan elemen keras sebagai jalan yang indah – diminimalis.com

Anda juga bisa menjadikan area ini sebagai ruang tamu tambahan yang bisa difungsikan saat banyak tamu datang ke rumah Anda ataupun saat Anda menginginkan suasana yang berbeda saat menjamu tamu. Jangan lupa juga untuk menyediakan meja kecil di area ini sebagai tempat minum dan juga snack ringan yang menjadi teman saat duduk.

Keindahan taman rumah minimalis Anda akan terasa lebih cantik dengan 8 komponen di atas. Pastinya semua pilihan kembali kepada Anda. Akan dibiarkan begitu-begitu saja kah tampilan taman rumah Anda atau berbeda dari yang lainnya. Salam diminimalis (am.)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.