Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Ragam Elemen Penting Penyusun Taman Rumah Minimalis Modern

memasukkan elemen lunak - diminimalis.com

Taman rumah minimalis yang asri dan indah biasanya tersusun dari berbagai macam elemen di dalamnya. Jarang sekali pada sebuah taman memiliki satu elemen saja di dalamnya, pastinya akan terasa kurang sempurna. Anda pastinya akan merasa kurang nyaman jika taman yang Anda miliki hanya berisi tumpukan bunga yang tidak beraturan bukan? Anda juga akan kesulitan menikmati taman tersebut tanpa akses yang memadai.

Taman rumah minimalis
memasukkan elemen lunak – diminimalis.com

Setiap elemen taman rumah minimalis memang merupakan satu kesatuan yang tidak bisa berdiri sendiri-sendiri, semua saling melengkapi. Tiap-tiap elemen memiliki fungsi yang berbeda-beda, tergantung pada Anda sebagai pembuatnya. Berikut ini beberapa jenis elemen yang harus ada pada sebuah taman rumah minimalis, agar taman menjadi lebih indah dan nyaman untuk dinikmati.

Elemen penyusun taman rumah minimalis

Secara umum ada empat macam elemen yang dapat digunakan untuk menyusun sebuah taman. Pertama, elemen mayor. Elemen jenis ini merupakan elemen yang sudah tersedia di alam dan Anda tidak bisa merubahnya lagi. Gunung dan laut merupakan contoh elemen jenis ini. Kedua, elemen minor. Elemen ini juga sudah tersedia di alam, namun Anda masih dapat merubah tampilannya. Contoh elemen jenis ini adalah danau, padang rumpu dan sungai.

Kedua elemen tersebut di atas tidak akan diminimalis bahas secara detail, dikarenakan kami yakin Anda sudah memahaminya. Sekarang, dua elemen tersisa akan diminimalis bahas. Ada yang sudah tahu? Ya, dua elemen tersebut adalah elemen lunak (softscape) dan elemen keras (hardscape). Kedua elemen inilah yang nantinya akan menciptakan taman rumah minimalis yang indah pada taman kesayangan Anda.

Elemen lunak

Elemen ini berisi semua jenis tanaman yang Anda gunakan pada sebuah taman. Segala jenis bunga atau tanaman merambat serta tumbuhan penutup tanah seperti rumput, krokot dan bawang-bawangan termasuk di dalamnya. Selain jenis tumbuhan, unsur air juga termasuk elemen lunak yang bisa Anda tambahkan untuk mempercantik taman. Anda dapat membuat kolam kecil yang temboknya dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk air terjun mini, sehingga tembok taman yang biasanya lembab dan licin bisa tertutup dan terlihat lebih menarik.

Taman rumah minimalis tanpa elemen lunak atau softescape bagai sayur tanpa garam, hambar tanpa rasa. Elemen ini memang menjadi material utama sebuah area bisa disebut sebagai taman minimalis. Oleh karena itu Anda harus berusaha semaksimal mungkin untuk mengusahakannya agar bisa diwujudkan dengan baik.

Dalam menentukan jenis elemen yang tepat pada taman rumah minimalis modern Anda bisa berkonsultasi dengan pakar pertamanan agar bisa diperoleh konsep taman yang diinginkan. Namun jika Anda cukup berani Anda bisa menentukan sendiri softescape yang diinginkan sehingga Anda bisa belajar dan hasilnya tentu saja lebih memuaskan.

Elemen keras

Taman rumah minimalis
elemen keras dalam taman – diminimalis.com

Elemen jenis ini lebih sering kita sebut sebagai ornamen taman. Jenis elemen ini pun sangat variatif, tergantung pada Anda dalam pemilihannya untuk mengkonsep sebuah taman rumah minimalis. Dengan penambahan elemen dekoratif ini pada taman akan memberikan kesan dan nilai yang berbeda pada setiap penggunaannya. Elemen seperti patung, lampu, batu-batuan, pernak-pernik dari gerabah hingga ayunan bisa dipilih untuk menghias taman.

Sekian diminimalista pembahasan singkat mengenai ragam elemen penyusun taman rumah minimalis yang bisa kami berikan. Semoga semakin menambah indah desain rumah minimalis yang diminimalis miliki (am.).

Baca juga: taman rumah

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.