Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Menjadikan Ruang Asri dan Sejuk dengan Taman Kering dalam Rumah

ruang terbuka dalam rumah - diminimalis.com

Taman kering merupakan salah satu solusi bagi Anda yang menginginkan memiliki taman namun terkendala luasan tanah yang terbatas. Taman hijau nan asri bisa Anda buat dengan desain taman kering meskipun di dalam rumah, sehingga interior rumah menjadi semakin indah.

taman kering
taman kering di dalam rumah – diminimalis.com

Dikarenakan dalam proses perawatannya tidak begitu banyak membutuhkan air, berbeda dengan taman tropis maka taman ini disebut sebagai taman kering. Umumnya, elemen hardscape lebih mendominasi dibanding elemen lain. Elemen seperti pasir dan krikil atau bebatuan akan banyak Anda temukan pada jenis taman ini. Sedangkan untuk jenis tanaman yang sering digunakan adalah tanaman yang ‘tahan haus’ dan relatif mudah dalam perawatannya, seperti kaktus, bromelia dan kamboja.

Taman kering dalam rumah sebetulnya merupakan kebudayaan asli dari Cina yang pada akhirnya lebih berkembang di Jepang sebagai media meditasi. Sedangkan untuk Indonesia, secara umum masyarakatnya menggunakan taman kering sebagai pengisi interior rumah, seperti memanfaatkannya sebagai area ruang keluarga dengan dapur dan ruang makan yang menjadikannya penambah kehangatan waktu berkumpul bersama. Memang, kehadiran sebuah taman di dalam rumah pastinya akan memberikan kesan asri dan sejuk dalam ruangan.

Penyiraman taman secara rutin tidak perlu Anda lakukan, sehingga Anda bisa bernafas lebih lega karena tidak lagi disibukkan dengan merawat tanaman pada taman yang tentunya memerlukan perhatian khusus. Bahkan, Anda bisa menukar elemen tanah sebagai tempat cadangan air dengan elemen lain dari ijuk atau pasir yang memiliki ketebalan sekitar 5 centimeter.

taman kering
taman minimalis dalam rumah – diminimalis.com

Dari uraian singkat di atas pastinya menjadikan sebagian dari diminimalista menginginkan membuat taman kering yang indah nan asri di dalam rumahnya. Namun, ada beberapa hal yang patut Anda perhatikan sebelum menentukan untuk membuatnya. Dikarenakan dana yang digunakan tidak sedikit sehingga sayang jikalau hasilnya tidak maksimal, maka rencanakanlah dengan matang!.

Komposisi taman

Taman kering dalam rumah sedikit berbeda dengan taman di luar rumah dalam hal penentuan komposisi di dalamnya. Keterbatasan sinar matahari di dalam rumah menjadi hal yang perlu diperhatikan saat memilih tanaman. Apalagi jika rumah Anda minim bukaan di dalamnya ketepatan Anda dalam memilih jenis tanaman akan menentukan seberapa lama taman di dalam rumah bertahan.

Pemilihan tanaman yang lambat tumbuh dan juga minim perawatan seperti kaktus, bambu hingga bonsai bisa menjadi solusi. Jenis tanaman tersebut tidak memerlukan perawatan yang rumit namun tetap bisa bertahan hidup meski hanya sedikit mendapat asupan sinar matahari.

Tentukan posisi

Posisi atau letak taman yang ideal adalah berada dekat dengan sumber air yang nantinya akan memudahkan Anda dalam proses penyiramannya. Pencahayan sinar matahari yang cukup sebagai sarana tanaman berfotosintesis juga harus Anda perhitungkan sehingga tanaman tidak cepat menguning dan mati. Hindari adanya genangan air pada taman yang nantinya akan menjadikan tumbuhnya lumut dengan pembuatan drainase yang baik.

Fungsi taman

Ada banyak fungsi yang dimiliki taman, menjadikannya sebagai area berkumpul bersama keluarga untuk bersantai adalah salah satunya. Anda bisa menggunakan bangku kayu minimalis yang dipadukan dengan meja kecil sebagai tempat menaruh camilan ataupun segelas teh hangat yang menemani waktu bersantai bersama keluarga. Beri tambahan sedikit dengan elemen dekoratif semisal patung yang memiliki fungsi sebagai eye catcher area taman kering.

Demikianlah uraian kali ini mengenai beberapa hal yang patut menjadi perhatian saat Anda memutuskan membuat taman kering minimalis di dalam rumah. Lengkapi juga rumah Anda dengan landscape taman di belakang rumah, klik tautan ini. (am.)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.