oleh

Taman Gantung Minimalis untuk Mempercantik Rumah Saat Lebaran

Lebaran adalah saat-saat yang dinantikan oleh semua umat Islam setelah satu bulan menjalani ibadah puasa. Banyak orang melakukan silaturahmi dengan datang dari satu rumah ke rumah yang lain secara langsung untuk saling bertegur sapa. Sebagian orang tentunya telah menanti hal ini dan melakukan beberapa perubahan pada rumah agar terlihat lebih nyaman. Salah satunya adalah dengan menerapkan taman gantung  minimalis agar rumah terlihat megah.

Taman gantung minimalis ini sebenarnya bukan lagi hal yang baru. Sudah banyak contoh yang dapat Anda lihat dengan beragam tatanan yang unik. Namun sekarang, inovasi pembuatan taman ini semakin banyak digunakan karena memberikan kesan yang minimalis, rapi, dan tentunya sedap dipandang mata.

 Merancang Taman Gantung minimalis, cantik dengan taman gantung, cara membuat taman gantung dari botol bekas, tanaman yang cocok untuk taman gantung, rak bunga gantung, cara bikin taman gantung, cara membuat tanaman gantung, cara membuat taman vertikal sendiri, cara membuat taman vertikal dari botol bekas
Taman gantung yang indah untuk mempercantik tampilan rumah saat lebaran – Diminimalis.com`

Selain minimalis, Anda juga dapat meletakkan tanaman tersebut di area rumah mana saja. Beberapa meletakkannya di area depan rumah atau teras, lalu juga dapat diletakkan di halaman belakang atau di samping rumah. Bahkan, bagi beberapa orang yang memiliki ruang tersendiri yang longgar dan memungkinkan, tanaman ini dapat menjadi hiasan di dalam rumah.

Merancang Taman Gantung Minimalis Sesuai Kondisi Rumah Anda

Setidaknya ada sekitar puluhan desain taman gantung yang dapat Anda pilih. Anda dapat memilih desain sesuai dengan penataan di dalam atau di luar rumah. Taman ini terbukti lebih rapi, indah, dan tidak terlalu sulit cara perawatannya. Desain taman ini juga dapat dilakukan pada ruang yang kecil atau besar karena sejatinya tidak membutuhkan terlalu banyak tempat yang luas seperti taman pada umumnya.

Terdapat beberapa peralatan yang wajib Anda sediakan seperti pot, tali gantung atau mungkin rak, dan tentunya area yang Anda pilih dalam rumah Anda. Sebagai salah satu referensi, pilihlah pot yang unik dan memiliki warna yang senada dengan rumah Anda agar kesan minimalis dapat semakin diperlihatkan. Berikut beberapa desain yang dapat Anda pilih dengan kondisi rumah Anda.

 Merancang Taman Gantung, cantik dengan taman gantung, cara membuat taman gantung dari botol bekas, tanaman yang cocok untuk taman gantung, rak bunga gantung, cara bikin taman gantung, cara membuat tanaman gantung, cara membuat taman vertikal sendiri, cara membuat taman vertikal dari botol bekas
Berbagai tanaman gantung yang bisa Anda buatkan area tersendiri untuk menanamnya – Diminimalis.com

• Desain pertama sepertinya sangat cocok untuk Anda yang ingin membuat taman gantung di ruang tengah atau ruang tamu. Anda dapat membuat rak menggunakan kayu dan pot kaca atau bening, yang setiap rak gantungnya dapat ditempelkan 3 hingga 4 pot. Apabila pencahayaan ruangan bagus, maka ruangan akan semakin berkilauan dengan taman mini tersebut.

• Dapur atau kamar mandi juga dapat Anda desain dengan menggunakan taman mini ini. Pilihlah pot yang sudah memiliki pola atau desain khusus. Bahannya bisa berupa kaleng atau pot pada umumnya. Namun tips untuk Anda pilihlah tanaman dengan daun yang kecil dan tidak terlalu banyak membutuhkan air. Letakkan pot di area meja yang dekat dengan jendela.

• Selanjutnya, Anda yang tidak memiliki lahan atau tempat yang luas dapat membuat rak kayu yang diletakkan di teras rumah. Anda dapat memilih tanaman merambat dengan bunga yang indah yang dapat tumbuh di ruas dari rak yang Anda buat. Selain lebih bersih, taman ini tentu akan menjadi spot foto yang menarik saat lebaran tiba.

Kreasi taman unik, taman daro botol bekas, taman dari ban bekas
taman gantung unik dari botol bekas – diminimalis.com

• Cangkir kecil dengan gaya vintage dan sudah tidak terpakai ternyata dapat Anda maksimalkan sebagai pot dengan tanaman hias kecil yang dapat Anda letakkan di rak ruang makan atau bahkan di meja kecil yang ada di ruang tamu. Satu lokasi dapat Anda letakkan 3 sampai 5 cangkir untuk membuatnya semakin rimbun dan cantik.

• Terakhir, mungkin pilihan ini tepat bagi Anda yang sudah memiliki pagar menggunakan kayu. Anda dapat memilih pot dengan warna-warna pastel dan memiliki ukuran yang kecil. Setelah siap, letakkan dengan cara dikaitkan menggunakan kawat yang kecil di setiap sela-sela pagar agar menjadi perpaduan warna minimalis yang elegan.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memiliki ide desain yang sesuai dengan gaya rumah Anda? Beberapa desain di atas dapat digunakan di segala kondisi rumah. Namun tentunya taman yang digantung harus memiliki perawatan yang ekstra untuk membuatnya semakin indah dan rapi. Usahakan bahwa setiap tanaman diletakkan dekat dengan cahaya yang alami untuk membuatnya tumbuh dengan subur.

Tidak semua tanaman dapat dipakai untuk taman ini. Pilih tanaman gantung dengan ukuran kecil dan bentuk yang lucu agar sesuai diletakkan di dalam atau luar ruangan. Anda dapat memilih beberapa tanaman yang ada di bawah ini.

• Anggrek

Siapa yang tidak suka anggrek? Tanaman ini memiliki banyak jenis dan hampir semuanya memiliki warna dan bunga yang indah dan mahal. Tanaman ini dapat menjadi alternatif yang tepat untuk taman Anda.

• Mint

Meskipun bukan jenis tanaman hias yang banyak digunakan, namun tanaman ini memiliki daun yang lucu dengan ukuran kecil yang cocok dijadikan sebagai bahan tanaman untuk taman yang digantung. Tentunya bau dari daunnya juga sangat menyegarkan untuk diletakkan di dalam ruangan Anda.

• Bowiea Volubilis

Ini merupakan jenis tanaman rambat yang masih memiliki hubungan dengan bawang-bawangan. Tanaman ini memang cukup sulit ditemukan namun memiliki daun yang sangat jarang dimiliki tanaman lain. Namun tidak ada salahnya juga apabila Anda ingin menggunakan tanaman rambat yang sudah Anda tentukan untuk taman Anda.

Banyak pilihan tanaman bahkan pot dengan gaya yang minimalis untuk konsep taman Anda. Pastikan bahwa jangan terlalu banyak memiliki jenis pot atau warna taman yang berbeda-beda karena akan menghilangkan kesan minimalis yang ingin Anda berikan.

Sebagai tips lain, padukan tanaman dan wadah atau pot bunga Anda dengan unsur kayu. Kayu dapat memberikan nuansa alami, rapi, dan bersih yang sesuai dengan tema rumah megah Anda. Anda juga bisa membuat kreasi taman menggunakan bahan-bahan sederhana di rumah.  Pastikan bahwa taman gantung minimalis Anda juga mendapatkan perawatan yang baik menjelang lebaran nanti.(us)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

News Feed