Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Taman di Teras menjadikan si Minimalis Semakin Manis

Taman di teras rumah minimalis - diminimalis.com

Taman di teras merupakan elemen wajib yang mestinya ada pada rancangan rumah modern. Kondisi iklim yang semakin panas, menuntut kita untuk bisa memiliki ruang hijau yang menyatu dengan rumah kita. meski makin kesini, keterbatasan lahan menjadi kendala, namun demi mendapatkan asupan udara yang berkualitas, maka taman minimalis di teras merupakan hal vital yang sebaiknya masing-masing dari kita perlu memilikinya.

Tak terbayang bagaimana jenuhnya kondisi udara di dalam rumah tanpa asupan oksigen yang bisa kita hirup dengan maksimal. Adanya taman di teras rumah, memungkinkan kita untuk menanam aneka tanaman yang tak hanya menyejukkan, namun bisa mengurangi polusi dan menghasilkan banyak oksigen selalu kita butuhkan setiap hari.

Bagi Anda yang hanya dapat menyisakan lahan di teras rumah minimalis Anda, bukan berarti anda tak bisa membuat taman dengan kondisi tersebut. Seberapapun luas tanah yang Anda miliki, tetap bisa diupayakan untuk djadikan taman guna mencukupi kebutuhan udara berkualitas bagi keluarga Anda.

Banyak alternatif yang bisa Anda lakukan untuk membuat taman meski lahan yang anda miliki hanya cukup sempit. Anda bisa mulai dengan memilih jenis tanaman yang sesuai dengan kondisi teras Anda. Bila Anda ingin memiliki tanaman buah, Tabulampot (tanaman buah dalam pot) bisa menjadi alternatif yang bisa Anda pilih untuk ditempatkan di teras minmalis Anda.

Dilema pecinta konsep rumah minimalis adalah ketika harus menyediakan taman di terasnya.
Selain mempercantik tampilan depan rumah, adanya taman akan menghindarkan debu untuk masuk ke rumah. Membangun taman di depan rumah bukan berarti harus memperlebar teras rumah minimalis Anda.

Taman di Teras rumah, Taman di Teras atas,Taman di Teras rumah minimalis, Taman di Teras rumah, Taman di Teras sempit, taman minimalis depan rumah
Taman di teras rumah minimalis – diminimalis.com

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyulap lahan sempit menjadi taman yang indah. Teras rumah minimalis akan terlihat lebih manis ketika kita mampu memberikan sentuhan area hijau disana. Dan secara fungsional, Anda akan merasakan suasana asri meskipun tinggal di area perkotaan yang penuh polusi.

Langkah membuat taman di teras rumah minimalis

Untuk membuat taman di teras rumah minimalis, sebaiknya anda menghindari beberapa elemen berikut:
1. Tanaman Besar                                                                                                                                    

Taman di Teras rumah, Taman di Teras atas,Taman di Teras rumah minimalis, Taman di Teras rumah, Taman di Teras sempit, taman minimalis depan rumah
tabulampot – diminimalis.com

Seperti palem atau buah-buahan berbatang besar. Anda tak perlu menanam terlalu banyak tanaman pohon disana, cukup perbanyak bunga-bungaan dengan beragam varian sehingga teras rumah Anda terlihat tak kalah indah dengan yang lain.

Bila Anda menginginkan ada tanaman buah di dalam teras, maka tabulampot (tanaman buah dalam pot) cocok sebagai alternatif pilihan. Tabulampot memang dikreasikan oleh para pembudidayanya dengan pemilihan jenis buah yang mampu tumbuh dalam pot. Keriuhan buah di depan rumah Anda akan menambah kesan manis sang pemilikya.

2. Kursi Taman
Adanya kursi di lahan sempit justru mengganggu dan tidak nyaman dipandang. Ini akan menjadikan landscape taman terlihat sesak. Tampakkan saja kontur tanah yang alami, sehingga taman di teras akan terlihat lapang.

3. Kolam Ikan
Ketika Anda berencana ingin menghadirkan kolam renang di taman teras minimalis, maka tanaman lain harus berbagi lahan dengan kolam ikan Anda. Sementara ikan membutuhkan ruang gerak yang lebar. Kita tidak bisa memaksa mereka hidup di kolam yang tidak kondusif. Maka sebaiknya fokus pada pembangunan taman saja,mengingat kegunaannya yang sangat banyak untuk Anda.

4. Batu alam,
Meski batu alam berperan memprcantik taman, namun secara penempatannya akan menghalangi tanaman lain untuk tumbuh. Ketersediaan lahan yang sempit, mengharuskan Anda untuk bisa mengambil manfaat yang banyak dari adanya taman tersebut. Meskipun tidak luas, taman di teras memiliki fungsi alami sebagai penahan debu yang bisa mengotori rumah.

5. Gazebo,
Jelas sekali gazebo sangat tidak diperlukan disini, secara ukuran dan fungsi juga tak memungkinkan untuk ditempatkan di teras rumah minimalis. Adanya gazebo sudah pasti akan memakan hampir seluruh lahan sempit di teras rumah Anda.

Bila kita sudah bisa menyingkirkan beberapa elemen “tidak penting” diatas, maka kita tinggal totalitas mempercantik taman di teras rumah Anda. Berikut tipsnya :

a. Sesuaikan taman dengan bentuk rumah minimalis Anda

Kita harus ingat, selain untuk manfaat kesehatan, fungsi taman juga untuk mempercantik tampilan depan rumah Anda. Maka bangunlah taman mengikuti pola bentuk teras dan perhatikan lokasi penempatan ataupun pot-potnya. Antara jenis tanaman dan warna dinding muka rumah Anda juga harus saling menyesuaikan, supaya tidak kontras bila dilihat.

b. Tanami rerumputan.

Tentu saja tidak semua jenis rumput cocok untuk bercokol di taman rumah minimalis ini. diantaranya adalah rumput gajah dan rumput sawah, selain posturnya yang bongsor, dua jenis rumput tersebut pertumbuhannya sangat pesat, tentu taman minimalis Anda jadi terlihat aneh nantinya. Untuk menanam rumput, sebaiknya pilih rumput Jepang atau rumput Swiss yang lembut dan pertumbuhannya lambat.

c. Buatlah taman vertikal

Taman vertikal merupakan jenis taman yang bisa memberikan solusi agar rumah tetap asri dan hijau. Taman ini memang tidak terlihat seperti taman pada umumnya, bentuk taman ini tumbuh secara mendatar atau horizontal. Tetapi secara kegunaan sebenarnya sama saja, yaitu memberikan udara yang bersih dan segar bagi si pemilik rumah.

Anda juga bisa mencari referensi tanaman yang cocok ditanam pada taman minimalis di bawah ini. (ls)
Memilih Tanaman untuk Taman Minimalis Agar Terkesan Lebih Indah

You might also like
1 Comment
  1. […] Baca juga artikel mengenai taman di teras yang bisa jadi inspirasi Anda pada tautan ini. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.