Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Talang Air Hujan untuk Rumah Minimalis di Wilayah Tropis

talang air hujan merupakan elemen penting untuk rumah minimalis - diminimalis.com

Talang air hujan merupakan elemen yang harus ada di rumah minimalis kita. Karena curah hujan di Indonesia rata-rata bisa mencapai 5 – 8 liter/menit. Jika curah hujan = 1.000 m2 x 5-8 liter/menit, maka volumenya = 5.000 – 8000 liter/menit. Untuk itu kita perlu menggunakan talang
dengan diameter 6” yang memiliki kapasitas volume 1610 ltr/menit. Dengan terlebih dahulu mengukur perkiraan volume air yang melewati talang, kita bisa menghindarkan atap rumah kita dari kebocoran.

kekurangan baja ringan, kelemahan baja ringan dibanding kayu, kelemahan dan kelebihan baja ringan, keunggulan baja ringan
talang air hujan merupakan elemen penting untuk rumah minimalis – diminimalis.com

Talang air hujan untuk rumah minimalis yang ideal

Sebagai pemilik rumah minimalis di wialayah tropis, alangkah baiknya talang air hujan rumah Anda memiliki komponen berikut:


Penahan limpahan
Penahan Limpahan berfungsi untuk menahan derasnya air yang meluncur dari atap karena debit air yang banyak. Adapun area yang biasanya mempunyai debit air banyak yaitu area sudut dalam. Oleh sebab itu setiap sudut dalam dianjurkan untuk dipasang penahan limpahan sudut.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Rumah Hemat Energi Solusi Praktis Di Tengah Ancaman Krisis Energi

Penggantung
Penggantung berfungsi sebagai tempat dudukan talang. Penggantung sebaiknya dipasang dengan sekrup langsung menembus ke rangka atap, agar lebih kokoh dan tidak membebani listplang. Jarak antar penggantung jangan terlalu jauh, disarankan jarak antar penggantung adalah 1m. Jadi jumlah penggantung yang dibutuhkan yaitu jumlah panjang talang +1.

Spacer
Spacer diperlukan untuk meluruskan posisi penggantung apabila listplang tidak tegak lurus dan juga untuk menempatkan talang tepat di bawah ujung atap bawah. Jumlah kebutuhan spacer sama dengan jumlah penggantung.

Penyambung Talang
Penyambung talang digunakan di setiap pertemuan antara:
– Talang datar dengan talang datar
– Talang datar dengan talang sudut luar
– Talang datar dengan talang sudut dalam
Jumlah penyambung talang yang dibutuhkan tergantung berapa banyak sambungan yang ada.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Arah Rumah yang Baik Untuk Dipilih Demi Kenyamanan Anda

Penutup Talang
Setiap ujung talang perlu ditutup dengan penutup talang agar air tidak keluar jatuh bebas dari talang. Jumlah penutup talang yang dibutuhkan sesuai dengan jumlah ujung talang.

Talang air hujan, kelemahan baja ringan dibanding kayu, kelemahan dan kelebihan baja ringan, keunggulan baja ringan
air menggenang karena talang tidak terawat – diminimalis.com

Corong
Corong digunakan untuk menampung dan menyalurkan air dari talang ke pipa. Kebutuhan jumlah corong yaitu setiap 6 – 10M talang. Apabila jarak antar corong terlalu jauh dapat mengakibatkan air tidak tertampung di talang.

Demikian ulasan kami tentang talang air hujan untuk rumah minimalis di wilayah tropis . Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang Persiapan musim hujan untuk rumah minimalis Anda di bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Persiapan musim hujan untuk rumah minimalis Anda

Leave A Reply

Your email address will not be published.