Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Beginilah Proses di Balik Panjangnya Tahapan Membuat Bata Merah

Tahapan membuat batu bata merah secara manual - Diminimalis.com

Tahapan membuat bata merahTahapan membuat bata merahBatu bata dari tanah liat yang kita gunakan untuk mendirikan dinding, ternyata memiliki berbagai proses panjang saat membuatnya. Dari mulai pencetakan, pembakaran hingga pendinginan yang memerlukan waktu berhari-hari. Berikut ini, Diminimalis akan ulas untuk Anda  tahapan membuat bata merah dari awal pembuatan hingga siap untuk digunakan.

tahapan membuat bata, cara membuat batu bata beserta beserta gambarnya, tips cara membuat batu bata merah, cara membuat bata ringan sederhana, cara membuat batu bata merah secara tradisional
Tahapan membuat batu bata merah secara manual – Diminimalis.com

Tahapan membuat bata merah

Anda perlu menyiaplan bahan dasar untuk membuat batu bata, yaitu tanah Liat, air dan abu.


Alat-alat untuk membuat batu bata

  • Cangkul
  • Pencetak batu bata
  • Mesin penggiling batu bata
  • Mesin pembakar / tungku pembakaran
  • Kayu bakar / batu barapersiapan tempat

Lokasi Pengolahan tanah atau lahan tambang tanah liat merah

  • Tempat pencetakan batu bata merah
  • Tempat untuk membakar batu bata merah
  • Tempat penyimpanan batu bata yang sudah jadi.

Pemilihan bahan

Bahan baku batu bata adalah tannah liat, atau lempung. Tanah liat yang kita gunakan adalah tanah liat yang benar-benar bagus. Tanah liat yang memiliki kualitas baik adalah tanah liat yang lentur dan tidak mudah hancur. Tanah liat dengan kriteria tersebut, meruypakan bahan yang dapat membuat tanah batu bata menjadi kuat setelah jadi. Sebelum mulai dicetak, tanah liat tersebut poerlu dieram, agar butiran kasar menjadi lunak dan liat. Pemeraman ini membutuhkan waktu 3  hari.

Proses pencetakan

Pencetakan dengan cetakan agar tidak lengket maka menggunakan air sebelum mencetak. Setelah persiapan proses selesai, maka Anda sudah siap untuk melakukan proses pembuatannya. Proses pembuatan dari batu bata merah ini sangat mudah. Proses dimulai dengan mengairi tanah liat dengan air secukupnya. Kemudian jika tanah liat merah sudah cukup liat, Anda bisa mencoba memasukkan tanah liat merah ke dalam balok cetakan atau mesin pencetakan bata. Pada pencetakan menggunakan mesin, kadang ada beberapa hasil cetakan yang kurang padat. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa mengulang prosesnya dengan memasukkan batu bata yang kurang rapi tersebut ke mesin pencetak lagi.

Pengeringan yang dilakukan secara alami dengan bantuan cahaya matahari

Batu bata yang masih basah di susun memanjang dan melebar sesuai kapasitas tempat. Setelah disusun batu bata tersebut perlu dijemur untuk agar kering. Proses pengeringan  memerlukan waktu 1 hari bila keadaan cuaca panas. Tapi jika keadaan cuaca hujan atau mendung,  bisa memakan waktu 5 hari atau lebih. Tujuan di keringkan supaya daya ikatan bahan tanah kuat dan tidak mudah patah.

Proses pembakaran

tahapan membuat bata, cara membuat batu bata beserta beserta gambarnya, tips cara membuat batu bata merah, cara membuat bata ringan sederhana, cara membuat batu bata merah secara tradisional
Proses pembakaran bata merah – DIminimalis.com

Setelah batu bata tadi benar-benar kering maka batu bata kering tersebut dibakar selama  2 hari 2 malam di sebuah tungku besar. Tungku ini biasanya juga terbuat dari batui bata juga dan mampu menampung 100.000 buah batu bata. Bahan bakarnya berupa kayu bakar atau menggunakan batu bara. Proses pembakaran biasanya dilakukan sebulan sekali sambil menunggu terkumpulnya batu bata kering. Setelah proses ini selesai, kemudian batu bata ini perlu didinginkan sebelum siap digunakan.

Demikian ulasan kami tentang proses pembuatan batu bata merah dari awal hingga akhir. Semoga ulasan di atas menambah referensi bagi Anda yang ingin mengetahui lebihb detail di balik proses panjang pembuatan bata merah. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.