Inilah Syarat Ruang Bermain Anak yang Ideal di Bagi Buah Hati di Rumah

Salah satu contoh ruang bermain anak yang ideal - Diminimalis.com

Menyayangi anak bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk memberikan ruang bermain yang ideal di rumah. Anak-anak perlu didukung dengan ruangan yang nyaman untuk bermain dan menjadi tempat yang menyenangkan untuk belajar berbagai macam hal. Ya, terdapat beberapa syarat ruang bermain anak agar tercipta suasana yang kondusif dan nyaman untuk anak. Tahukah Anda apa saja syaratnya?

Ruang bermain anak yang ideal tidak selalu harus luar. Rumah dengan konsep apapun misalnya rumah tradisional, rumah klasik, rumah minimalis, dan sebagainya tetap bisa diciptakan sebuah ruangan bermain yang ideal. Untuk Anda yang ingin membuatkan sebuah ruangan khusus untuk anak, tidak perlu khawatir syarat ruang bermain anak yang ideal sangatlah mudah untuk diwujudkan.

Syarat Ruang Bermain Anak, ruang bermain anak di rumah minimalis, ruang bermain anak sederhana, membuat tempat bermain anak di rumah, tempat bermain anak di dalam rumah, ruang bermain anak perempuan, menata ruang bermain anak, warna cat ruang bermain anak, cara menata ruang bermain anak
Salah satu contoh ruang bermain anak yang ideal – Diminimalis.com

Inilah Syarat Ruang Bermain Anak Yang Ideal Di Rumah

• Memiliki sirkulasi udara yang baik dan tidak lembab

ruang bermain anak di bawah tangga, pemanfaatan ruang bawah tangga, ruang bawah tangga rumah minimalis, lemari bawah tangga terbaru, desain rak tv bawah tangga, cara membuat lemari bawah tangga, ruang tv dibawah tangga, furniture bawah tangga, lemari bawah tangga kaca
Ruang berain dengan sirkulasi udara yang baik – Diminimalis.com

Syarat pertama untuk ruang bermain anak yang ideal harus memperhatikan sisi kesehatannya. Ya, ruangan yang dipilih haruslah ruang yang memiliki sirkulasi udara yang baik dan bukan sebuah ruangan yang lembab. Pilihlah ruangan yang memang pas untuk ruang bermain sehingga anak tetap terjaga kesehatannya.

• Berwarna cerah
Penggunaan warna yang cerah baik dari pewarnaan cat maupun pemilihan warna furniture akan sangat penting untuk menciptakan ruangan bermain yang ideal. Warna cerah seperti kuning, biru dan merah sangatlah cocok untuk membuat anak menjadi nyaman dan tertarik serta membantu pertumbuhan otak mereka.

Warna kuning lebih direkomendasikan untuk warna cat ruang bermain anak. Warna cerah yang satu ini memiliki aura yang ceria jika dilihat dari sisi psikologi. Warna kuning bisa membuat anak menjadi ceria karena memang akan menghasilkan ruangan yang cerah dang hangat. Jika Anda bukan penggemar warna kuning, Anda tidak harus membuat nuansa kamar menjadi serba kuning karena cukup berikan sentuhan warna ini agar kamar anak menjadi ideal.

• Nuansa ceria khas anak-anak

ruang bermain, ruang bermain anak sederhana, desain tempat bermain anak di rumah
Ruang bermain dengan nuansa khas anak-anak- Diminimalis.com

Selain pewarnaan, perlu juga Anda desain sebuah ruangan yang bernuansa ceria. Contoh termudahnya adalah dengan menyematkan lukisan, poster, atau gambar kartun khas anak-anak atau bisa juga motif yang ceria seperti polkadot. Jika ruangan memiliki warna yang cerah dan ditambah dengan sentuhan tambahan untuk menambah keceriaan, maka ruangan tersebut akan menjadi ruangan yang membuat anak-anak menjadi betah untuk belajar dan bermain di sana.

Jika anak Anda telah memiliki satu atau beberapa tokoh kartun dan film kesukaan, berikan gambar atau lukisan pada ruangan bermainnya. Misalnya jika anak Anda laki-laki dan gemar dengan film cartun Cars, maka buatlah lukisan atau pasang gambar yang menampilkan kartun mobil tersebut pada ruang bermain anak laki laki Anda. Hal ini akan sangat ampuh untuk membuat anak menjadi semakin betah bermain di ruangan yang telah dibuat khusus untuknya.

• Pemilihan furniture yang tepat
Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam pemilihan furniture yang tepat. Pertama, Anda disarankan untuk memiliki konsep desain minimalis termasuk dalam pemilihan furniture agar ruang bermain bisa terasa lebih lega atau luas sehingga furniture tidak akan memakan banyak tempat. Kedua, pililah furniture yang ramah anak atau berukuran pendek sehingga anak bisa menjangkaunya.

Selain itu, pilihlah furniture yang aman dan cocok untuk anak. Pilih produk furniture yang memiliki sudut tumpul atau membulat agar lebih aman ketika ada benturan. Bila Anda membeli produk furniture yang memiliki sudut lancip contohnya rak mainan, maka cara menata ruang bermain anak yang benar adalah dengan tidak meletakkannya ditengah ruangan karena bisa berbahaya bagi anak.

• Mengatur suhu ruangan
Ruang bermain anak harus terjaga suhu ruangannya agar tidak mengganggu kenyamanan anak. Jika menggunakan pendingin ruangan, selalu atur agar ruang bermain tidak terlalu membuat anak menjadi kedinginan dan jangan dibiasakan disuhu udara rendah. Untuk ruangan yang memiliki jendela dan mendapatkan paparan sinar matahari langsung juga harus diatur dengan baik agar ruangan tidak terlalu panas.

• Bebas dari benda tajam dan membahayakan
Ruangan bermain haruslah bebas dari berbagai benda tajam dan membahayakan. Ruangan anak tidak hanya harus diperhatikan dari sisi desainnya saja agar membuat nyaman, namun harus diperhatikan keamanannya. Selain memilih produk furniture yang aman dan tidak memiliki sudut lancip, penting juga menyeleksi barang lainnya yang ada di ruangan agar tidak ada yang tergolong benda tajam yang masuk.

• Memiliki alas yang hangat dan empuk
Sangat disarankan ruangan bermain anak memiliki alas yang hangat. Anda bisa memilih karpet atau juga puzzle busa yang memang identik dengan ruang bermain anak yang ideal. Hal ini akan sangat penting demi membuat anak terbebas dari duduk terlalu lama dilantai yang dingin dan juga agar lebih aman jika anak terjatuh di dalam ruangan bermainnya.

Meskipun disarankan, namun penggunaan karpet juga harus diperhatikan kebersihannya. Jangan sampai Anda memiliki ruangan bermain anak yang terlihat nyaman dan hangat saja namun ternyata pada bagian alasnya menumpuk debu dan kotoran yang bisa mengganggu kesehatan anak.

• Memiliki tempat istirahat
Ruang bermain yang ideal di rumah juga harus diperhatikan soal adanya tempat istirahat. Hal ini menjadi penting untuk ruang bermain yang terpisah dengan ruang tidur anak. Jika terpisah, berikan kasur kecil atau misalnya bean bag sebagai tempat istirahat darurat anak ketika mereka kelelahan bermain.

Itulah tadi beberapa hal yang wajib diperhatikan ketika Anda ingin membuat ruang bermain di rumah. Beberapa syarat ruang bermain anak tadi sangatlah mudah diterapkan sehingga tidak ada alasan untuk tidak mempraktikkannya demi tercipta ruang bermain yang ideal di rumah.Selain memahami syarat ruang bermain anak di atas, ada baiknya Anda juga memahami cara menata mainan anak dengan tepat. (an)

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.