Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Inilah Suplemen untuk Renang yang Efektif Memberi Tambahan Stamina

Agar saat berenang lebih bertenaga, Anda perlu mengkonsumsi suplemen tambahan - Diminimalis.com

Renang juga merupakan olahraga yang dapat memberikan kesehatan bagi tubuh. Mengapa demikian? Pasalnya orang yang berbenang hampir menggunakan seluruh anggota badannya untuk berenang. Dengan demikian, setiap otot pada tubuh akan berkembang pesat sehingga memberikan peningkatan kekuatan perenang yang cepat. Walaupun terbilang memiliki banyak manfaat, namun para atlet renang memiliki resiko cidera, ketika asupan makannya tidak terkontrol dengan baik. Untuk itulah para atlet perenang harus mengkonsumsi suplemen untuk menambah kekuatan dan menghindari cidera. Yukz kita simak, apa saja suplemen untuk renang.

Apa saja suplemen untuk renang, suplemen perenang, contoh menu untuk atlet renang, suplemen penambah tenaga terbaik, menjaga stamina atlet renang, vitamin untuk atlet renang
Agar saat berenang lebih bertenaga, Anda perlu mengkonsumsi suplemen tambahan – Diminimalis.com

Suplemen untuk renang yang efektif memberikan energi tambahan

Renang merupakan salah satu cabang aquatik yang sering diperlombakan dalam berbagai kejuaraan. Biasanya olahraga ini dilakukan dalam adu kecepatan, namun ada juga olahraga renang yang menuntut seni atau keindahan dalam berenang. Olahraga renang ini bisa saja dilakukan dari berbagai kalangan usia. Dimana berdasarkan pengertiannya, renang merupakan gerakan badan, mengapung, menyelam, melintas di air menggunakan kaki, tangan dan anggota tubuh lainnya. Agar aktifitas renang Anda lebih berenergi, di bawah ini kami rangkum untuk Anda beberapa suplemen yang baik dikonsumsi sebelum berenang, diantaranya yaitu.

1. Pisang

manfaat buah pisang, manfaat buah pisang untuk diet, manfaat pisang bagi kecantikan
Pisang sangat cocok dijadikan suplemen sebelum berenang – diminimalis.com

Buah pisang merupakan suplemen yang baik untuk para perenang. Dimana pisang memiliki energi tinggi dan tentunya mudah dicerna oleh tubuh. Mengkonsumsi pisang dapat memberikan berbagai nutrisi yang diperlukan oleh atlet renang untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh seperti kalium, vitamin c, vitamin B6 dan karbohidrat.

2. Susu dan yogurt

Baik susu ataupun yogurt merupakan sumber kalsium, protein dan karbohidrat yang tentunya sangat baik untuk memperkuat tulang. Susu memang merupakan suplemen yang baik untuk mereka yang suka berolahraga yang keras seperti berenang. pasalnya karbohidrat dari gula dalam susu mampu membantu meningkatkan energi sebelum latihan. Tidak hanya itu peranan sisi susu juga mampu membantu penyimpanan glikogen di otot setelah latihan. Namun usahakan untuk mengkonsumsi susu rendah lemak yang mudah dicerna.

3. Kacang-kacangan

Apa saja suplemen untuk renang? Jawabannya adalah kacang. Karena kacang bisa menjadi sumber energi yang sempurna namun juga bisa berperan sebagai makanan diet. Fungsi lain dari kacang adalah sebagai makanan pemulihan energi yang baik karena adanya kandungan protein dan karbohidrat didalamnya.
Tidak hanya itu, peranan kacang juga mampu melindungi jantung dan mencegah timbunan lemak dalam jangka panjang. Terdapat waktu yang perlu dihindari untuk mengkonsumsi kacang. Hindari konsumsi kacang sebelum joging ataupun lari. Kandungan karbohidrat, lemak dan protein didalamnya menjadikan kacang lambat dicerna sehingga bisa menyebabkan gangguan pencernaan.

4. Salad

Suplemen para atlet renang selanjutnya adalah salad. Isian salad bisa ditambah dengan ayam ataupun jenis ikan. Kombinasi lainnya bisa juga ditambah dengan kacang-kacangan, jagung, bit ataupun roti panggang. Dimana dengan mengkonsumsi salad dengan tambahan protein di dalamnya akan berperan dalam penambahan energi dan mampu memperbaiki otot yang cidera.

5. Oatmeal

Salah satu suplemen sehat para atlet perenang ini mampu memberikan energi yang bertahan lama. pasalnya oatmeal dicerna dengan lambat. Mengkonsumsi oatmeal ini bisa menjadi lebih nikmat saat ditambahkan susu, kacang, yogurt ataupun buah-buahan kering/ segar.

6. Buah-buahan

Jenis buah-buahan yang sangat bagus bagi perenang adalah jeruk, berry, nanas, strrawberry, dan juga pisang. Pasalnya setelah berenang, otot akan merasa kelelahan dan mengalami nyeri. Dimana kandungan vitamin C pada buah tersebut mampu memperbaiki otot dan menghilangkan nyeri yang terasa. Selain mengkonsumsi buah-buahan segar, para atlet renang juga bisa mengkonsumsi buah kering. Dimana kepadatan nutrisi, dan jumlah karbohidrat yang dimiliki buah kering menjadi suplemen tersendiri bagi para perenang yang membutuhkan banyak energi.

7. Lemak baik

Seorang atlet tentunya juga membutuhkan lemak yang sehat untuk meningkatkan performanya. Lemak yang terkandung dalam minyak zaitun, ikan, alpukat, kacang, dan biji-bijian lainnya mampu melindungi jantung dan meningkatkan energi. Dimana lemak ini akan disimpan dalam otot dan digunakan sebagai bahan bakar selama beraktivitas.

8. Makanan berprotein

Tubuh membutuhkan sejumlah protein yang digunakan untuk membangun dan memelihara jaringan otot dan juga menjaga kerja enzim dan hormon. Bagi perenang sebaiknya mengkonsumsi protein sebanyak 20-25 persen dari total kalori yang dikonsumsi dalam 1 hari. namun protein yang dikonsumsi harus memilih yang rendah lemak seperti daging ayam kalkun, telur, ikan, tahu tempe dan susu rendah lemak. Usahakan tidak mengkonsumsi potongan daging berlemak, daging olahan seperti bakso ataupun sosis dan juga makanan cepat saji.

9. Makanan berkarbohidrat

Makanan yang harus dikonsumsi para perenang diantaranya adalah 50% -60% merupakan karbohidrat komplek. Pasalnya karbohidrat merupakan kandungan yang paling efisien untuk digunakan oleh tubuh selama latihan. Jenis makanan yang mengandung karbohidrat yang paling disarankan adalah beras merah, pasta, gandum dan juga sereal. Karena biji-bijian membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna, sehingga akan terasa kenyang lebih lama.

Sebaliknya hindari mengkonsumsi karbohidrat jenis putih, diantaranya roti putih dan nasi. Jenis karbohidrat putih mengandung gula yang cukup banyak sehingga membuat gula darah akan cepat naik dan mempengaruhi performa.

10. Cairan

hal hal yang sebainya dilakukan seblum tidur, aktivitas sebelum tidur, amalan sebelum tidur
minum air putih sebelum tidur, baik untuk melancarkan pencernaan di malam hari – diminimalis.com

Renang merupakan olahraga yang dapat menjadikan tubuh menjadi lebih cepat mengalami dehidrasi. Dan air adalah hal yang penting untuk dikonsumsi agar tubuh tetap terjaga dari dehidrasi. Untuk itulah para perenang setidaknya mengkonsumsi air sekitar 2,5 liter hingga 3,5 liter.

Nah itulah suplemen alami bagi perenang yang wajib dikonsumsi sehari-hari untuk menjaga stamina dan memperbaiki otot yang telah digunakan untuk berenang. Karena ada banyak manfaat berenang, Anda pun juga perlu paham apa saja suplemen yang baik dikonsumsi sebelum berenang. Demikianlah ulasan mengenai apa saja suplemen untuk renang, semoga bermanfaat.
(ck)

Leave A Reply

Your email address will not be published.