Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Solusi Retak Rambut Pada Dinding Rumah Minimalis Anda

melakukan finishing pada acian yang sudah diperbaiki- diminimalis.com

Solusi retak rambut pada dinding rumah minimalis sebenarnya bergantung pada faktor yang menyebabkan dinding mengalami keretakan. Apakah retak rambut tersebut tergololong retak struktural atau non-struktural. Retak struktural adalah retak yang disebabkan oleh proses mendirikan dinding yang tidak sempurna, sedangkan retak non-struktural disebabkan oleh labilnya pondasi bangunan, atau gejala alam.

solusi retak rambut, solusi retak rambut pada dinding, solusi retak rambut pada tembok, mengatasi retak rambut pada dinding
melakukan finishing pada acian yang sudah diperbaiki- diminimalis.com

Solusi retak rambut pada dinding rumah minimalis Anda

1. Solusi dinding yang mengalami retak rambut non-struktural

penyebab retak rambut, penyebab retak rambut pada dinding, penyebab retak rambut pada beton, penyebab retak rambut pada plesteran, cara mengatasi retak rambut pada tembok
kondisi retak rambut non struktural pada dinding – diinimalis.com

Pada kasus retak non-struktural, sifat keretakannya bercabang-cabang dengan ukuran retakan < 1mm. Hal ini disebabkan oleh pemlesteran atau acian yang tidak sempurna, misalnya mengaci saat dinding dalam kondisi panas sehingga acian langsung kering ketika belum sempat menyatu dengan plesteran.

Mengatasi retak rambut non-struktural pada dinding rumah, bisa dilakukan dengan penyiraman air sampai jenuh terlebih dahulu pada bidang-bidang yang akan di aci agar kondisi dinding menjadi lembab.
Kemudian, buka lapisan dalam yang retak, dengan lebar permukaan atau jarak dari kiri ke kanan sekitar 5 cm. Lalu siram permukaan dinding dan diamkan selama beberapa menit. Gunakan semprotan agar dinding lebih dapat menyerap air.

Lalu mulailah menambal bagian yang retak dengan mortar acian, pastikan ketebalan tambalan sesuai ketebalan permukaan kiri dan kanan yang tidak retak agar hasil akhir dinding tambalan tetap rata. Setelah itu tunggu hingga 14 hari agar acian baru mengering sempurna, lalu lakukan pengecatan dengan warna cat yang sama dengan cat sebelumnya. Jika retak cukup banyak, sebaiknya buka lapisan plesteran dengan area lebih luas, lalu lakukan dengan cara yang sama seperti cara di atas.

2. Solusi dinding yang mengalami retak rambut struktural

Retak rambut struktural ukurannya lebih lebar daripada retak non-struktural, yaitu diatas 1mm.
Hal ini terjadi akibat pergerakan tanah dibawah pondasi, misalnya pondasi bangunan tidak stabil akibat satu bagian menurun. Retak ini ditandai dengan retak secara diagonal, yaitu miring dari atas ke bawah.
Solusi dari retak rambut struktural adalah dengan melakukan perbaikan dengan merenovasi konstruksi fisik bangunan rumah.

Untuk meminimalisir retak rambut, maka hindari merenovasi atau membangun rumah dalam keadaan terburu-buru. Karena hal ini akan membuat seluruh proses tahap demi tahap pembangunan rumah Anda tidak dilalui dengan sempurna.

Demikian ulasan kami tentang retak rambut pada dinding rumah minimalis Anda. Anda juga bisa membaca artikel terkait penyebab retak rambut pada rumah minimalis bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)

Penyebab retak rambut pada dinding rumah minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.