oleh

Beberapa Software untuk Arsitek Terbaik Rekomendasi Diminimalis

Berbagai hal yang dipikirkan oleh arsitek, membuat mereka membutuhkan banyak perangkat pendukung pekerjaannya, seperti software untuk diinstal di komputer kerja mereka. Dewasa ini pilihan software untuk arsitek makin beragam. Di satu sisi hal ini sangat membantu, dan di satu sisi hal cukup membuat kita-kita kebingungan karena terlalu banyaknya pilihan. Banyaknya pilihan yang ada, membuat kita bingung dalam memilih mana yang benar-benar terbaik dan sesuai dengan keinginan kita.

Nah, untuk itu, pada kesempatan ini kami akan bagikan beberapa rekomendasi software untuk arsitek terbaik  yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan Anda. Yuk disimak.

 Software untuk Arsitek, aplikasi arsitek untuk laptop, aplikasi arsitek android, download aplikasi arsitek, download software desain rumah 3d gratis, software rancang bangun, software animasi arsitektur, autocad arsitek, belajar arsitektur untuk pemula
Ada berbagai macam software untuk mendukung pekerjaan arsitek – Diminimalis.com

Berbagai Pilihan Software untuk Arsitek

1. 3D Studio Max

 Software untuk Arsitek, aplikasi arsitek untuk laptop, aplikasi arsitek android, download aplikasi arsitek, download software desain rumah 3d gratis, software rancang bangun, software animasi arsitektur, autocad arsitek, belajar arsitektur untuk pemula
Autodesk 3Ds Max – Diminimalis.com

Salah satu software untuk arsitek yang kami rekomendasikan adalah 3D Studio Max. Software ini merupakan perangkat yang paling banyak digunakan oleh arsitek diberbagai negara saat ini. Beberapa alasannya adalah software ini sangat serbaguna untuk mengedit apapun termasuk modeling, animasi, games, rendering, bahkan plugin yang digunakan cukup lengkap untuk kebutuhan seorang arsitek.

2. Sketch Up

Tak butuh waktu lama setelah Google membeli hak paten dari software ini, Sketch Up menjadi salah satu software arsitek yang terkenal dengan banyak pengguna. Tentunya, selain karena  pengaruh periklanan Google sangat kuat, nyatanya software arsitek yang satu ini memang sangat bagus. Bisa memungkinkan pengguna membuat suatu rancangan dengan cepat dan mudah. Meskipun tools dan fitur dari perangkat in tidak terlalu canggih dibandingkan software profesional sejenis, namun ketchUp unggul dalam kemudahan pengoperasioannya. Selain itu, dari sisi harga juga sangat terjangkau. Sehingga cocok untuk kalangan mahasiswa.

3. Autocad Architecture

Untuk software satu ini biasanya lebih banyak digunakan oleh arsitek yang sudah professional. Software untuk arsitek ini dirasa sangat cocok memenuhi kebutuhan professional, karena keefisiensian penggunaannya serta banyak kelebihan praktis lain yang belum ada dalam software lainnya.

4. Softplan

Softplan ini aplikasi yang cukup mudah digunakan. Perangkatnya juga ringan dan praktis. Perangkat lunak ini juga sangat mendukung untuk pemodelan informasi gedung atau bangunan yang memberikan informasi dan dokumentasi yang lengkap secara 3 dimensi, data real time, bahan-bahan yang dibutuhkan hingga prakiraan biaya pembuatannya.

5. Lumion

Lumion merupakan sebuah alat visualisasi untuk real-time pembuatan film 3D dan juga untuk gambaran dasar, desain, dan arsitektur. Dalam software lumion ini, Anda juga dapat menambahkan gambar maupun video animasi. Lumion memberikan penawaran grafis yang bagus dengan alur program yang runtut, cepat dan efisien,sehingga sangat menghemat biaya dan waktu.

6. Archicad

Archicad adalah sebuah software all-in-one yang biasa digunakan untuk pembuatan proyek-proyek 2D dan 3D di bidang arsitektur. Perangkat lunak ini mudah digunakan oleh semua kalangan baik mahasiswa pemula sampai arsitek bersertifikat. Archicad ini memiliki fitur yang lengkap lebih dari aplikasi yang lain hingga dirasa lebih efisien untuk digunakan dalam pengerjaan bangunan yang membutuhkan deadline cepat.

7. Chief Architect

 Software untuk Arsitek, aplikasi arsitek untuk laptop, aplikasi arsitek android, download aplikasi arsitek, download software desain rumah 3d gratis, software rancang bangun, software animasi arsitektur, autocad arsitek, belajar arsitektur untuk pemula
Chief architect – Diminimalis.com

Chief Architect adalah sebuah aplikasi desain professional yang banyak membantu arsitek ternama untuk menghasilkan karya karya rancangan bangunan dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi. Software ini memiliki alat alat otomatis dan rinci untuk membuat desain rumah maupun renovasi menjadi lebih mudah dan murah.

8. Rhinoceros

Software untuk arsitek yang selanjutnya adalah Rhinocheros. Software berlogo badak bercula satu ini biasanya digunakan oleh perusahaan perusahaan arsitek ternama di Dunia. Umumnya digunakan untuk membuat desain bangunak yang unik , spesial dan ekslusif. Anda tahu Zaha Hadid ? Menurut salah satu sumber, software satu ini selalu digunakan pada konsultan Hadid, sebagai aplikasi modeling 3 Dimensi dari rancangan rancangan bangunannya.

9. AsileFX LWCAD

Software untuk arsitek ini memiliki toolset yang lengkap dan mudah dipahami untuk membangun apartemen dan gedung secara lengkap mulai dari lantai dasar hingga rooftop. Interior desain juga bisa sekaligus digunakan dalam aplikasi ini. Sehingga penggunanya tidak perlu berganti aplikasi saat membuat bangunan. Semuanya bisa langsung dikerjakan dalam satu aplikasi asileFX ini. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, dengan kepraktisan aplikasi ini tentunya akan memudahkan Anda yang sedang belajar tentang rancang bangun.

10. Punch Software

Software untuk arsitek buatan salah satu kreator Amerika Serikat yang menggunakan basis lansekap satu ini, menggabungkan NexGen hingga menjadi software yang mempunyai kemampuan  menakjubkan. Punch software menyajikan realitas foto dengan kualitas yang terbaik sehingga memudahkan desainer atau arsitek menunjukkan rancangan yang lebih mendetail, untuk ditunjukkan kepada para kliennya.

11. Microstation

Software untuk arsitek yang terakhir adalah Microstation. Banyak orang yang menggunakan software satu ini karena dirasa cukup stabil, serta cara penggunaanya juga mudah. Namun, dibalik beragam keunggulannya, ada satu kelemahan software ini yang sangat disayangkan. Terkait susahnya sinkronisasi software ini dengan aplikasi lain seperti Autocad.

Hal ini menyebabkan beberapa file menjadi tidak  bisa terbuka dalam aplikasi Microstation. Selain itu, ukuran dari aplikasi ini dianggap terlalu besar sehingga menghabiskan banyak ruang dalam perangkat pengguna. Namun demikian, tetap saja banyak peminatnya, salah satu alasannya karena harga murah yang ditawarkan.

Nah itulah diatas 11 software untuk arsitek yang kami rekomendasikan untuk Anda pilih salah satunya. Dengan menggunakan software-software diatas, Anda bisa mendesain suatu bangunan lebih cepat, lebih mudah, sertadengan hasil yang bagus.

Jika Anda masih bingung dalam menentukan pilihan, jangan khawatir, beberapa software diatas, tersedia dalam bentuk trial, jadi Anda bisa terlebih dahulu mencobanya sebelum memutuskan untuk membelinya.  Selamat mencoba dan semoga informasi diatas bisa menjadi bahan referensi yang bermanfaat !(ar)

News Feed