Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

SETAN PENGGANGGU RUMAH TANGGA, DASIM NAMANYA

SETAN PENGGANGGU RUAMH TANGGA, DASIM NAMANYA #rumahkusurgaku - diminimalis.com

Setan pengganggu rumah tangga konon termasuk setan yang disayangi oleh iblis. Iblis telah bersumpah hendak menjerumuskan manusia ke jalan maksiat. Demi mencapai tujuan ini, iblis pun menugasi setan-setan spesialis untuk menggoda manusia, seperti setan Walhan yang bertugas menggoda manusia saat wudhu, Khanzab yang menggoda manusia ketika shalat, serta banyak lainnya.

SETAN PENGGANGGU RUMAH TANGGA, DASIM NAMANYA #rumahkusurgaku - diminimalis.com
SETAN PENGGANGGU RUMAH TANGGA, DASIM NAMANYA #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Setan spesialis yang hebat lainnya dari golongan jin adalah Dasim, setan pengganggu rumah tangga dan penggoda di rumah. Ia memiliki tugas khusus membuat rumah tangga muslim menjadi berantakan, atau setidaknya menghilangkan keharmonisan di dalamnya, sehingga jauh dari sebutan keluarga sakinah. Tujuan akhir dari misi setan jenis ini adalah memisahkan suami istri melalui perceraian.

Dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda,
“Sesungguhnya Iblis meletakkan singgasananya di atas air (laut), kemudian mengutus bala tentaranya. Maka yang paling dekat dengannya adalah yang paling besar fitnahnya. Datanglah salah satu dari bala tentaranya dan berkata, “Aku telah melakukan begini dan begitu”. Iblis berkata, “Engkau sama sekali tidak melakukan apapun.”
Kemudian datang yang lain lagi dan berkata, “Aku tidak meninggalkannya hingga aku berhasil memisahkan dia dan istrinya.” Maka Iblis pun mendekati dan berkata, “Sungguh hebat (setan) seperti engkau.”
(HR. Muslim).

Al-Munawi dalam Faidhul Qadir (2/408) mengatakan, “Hal ini (perceraian) merupakan tujuan terbesar (Iblis) yang terlaknat, karena perceraian mengakibatkan putusnya keturunan. Kesendirian anak keturunan Nabi Adam akan menjerumuskan mereka ke perbuatan zina yang termasuk dosa besar yang paling besar menimbulkan kerusakan dan paling menyulitkan.”

Dasim merupakan jenis setan spesialis yang hebat dan cerdik. Mereka berusaha menggunakan berbagai cara untuk mengganggu rumah tangga manusia. Mereka juga tak segan membuat gangguan-gangguan di dalam rumah. Selain merusak keharmonisan suami istri hingga menimbulkan pertikaian atau perceraian, setan jenis ini juga suka ikut dalam berbagai aktivitas penghuni rumah. misalnya, ia akan ikut makan jika manusia makan tidak diawali dengan mengucap basmallah.

Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu berkata, bersabda Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam,
“Sesungguhnya setan menghalalkan makanan yang tidak disebut nama Allah padanya.”
(HR. Muslim dan Abu Dawud).

Setan Dasim juga senang menempati ruang-ruang kosong di dalam rumah. Ia ikut masuk ke dalam rumah manakala penghuninya tidak mengucapkan basmallah dan salam ketika masuk ke rumahnya. Ia akan kerasan bila rumah tersebut tidak dibacakan ayat-ayat Al-Qur’an, tidak digunakan untuk shalat, mengingat Allah dan berbagai bentuk amal shalih lainnya.

Setan pengganggu rumah tangga dapat dihadapi

Hal pertama yang wajib dipahami setiap muslim adalah meyakini adanya setan jenis Dasim yang bertugas mengganggu keharmonisan rumah tangga. Ini dimaksudkan agar kita menumbuhkan sikap waspada dan hati-hati dalam bertindak, meskipun di dalam rumah.

ajak keluarga untuk selalu menjaga satu dengan yang lain #rumahkusurgaku - diminimalis.com
ajak keluarga untuk selalu menjaga satu dengan yang lain #rumahkusurgaku – diminimalis.com

Berikutnya., hendaknya setiap muslim selalu mengingat Allah dalam setiap keadaan. Ketika hendak masuk rumah, biasakan mengucap basmallah dan salam. Saat makan, hendaknya memulai dengan mengucap basmallah dan makan menggunakan tangan kanan. Mohonlah perlindungan kepada Allah dalam berbagai keadaan, misalnya ketika hendak masuk ke kamar mandi, saat akan berhubungan suami istri, dan aktivitas lainnya. Hal semacam ini meskipun sederhana, namun dapat menghambat kebebasan setan dalam menggoda keluarga muslim dan agar setan tidak menginap di rumah kita.

Ketiga, suami istri beserta anak-anak, hendaknya saling bahu-membahu dan tolong menolong dalam bingkai iman dan amal shalih. Melakukan ibadah bersama misalnya, atau sekedar aktivitas biasa namun bernilai kebaikan di sisi Allah. Kebersamaan dalam kebaikan inilah yang akan menjaga keluarga selalu harmonis, sehingga pahala dan keberkahan Allah akan dicurahkan padanya. Jika rumah mampu menghadirkan sakinah, maka setan akan lebih merana.

Demikian tadi sekelumit tentang setan yang bisa jadi selama ini telah ada di rumah kita. Belum terlambat untuk memulai kebiasaaan baik. Mari kita ajak keluarga kita untuk lebih rajin mempelajari agama dan semakin giat bahu membahu untuk bersama meraih ridha Alloh subhanahuwata’ala hingga kelak kita semua kembali berkumpul di jannah NYA. Aaamiin. (aa)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.