Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Sengketa Tanah Dan Cara Menyelesaikannya Dengan Baik

sengketa tanah bisa diselesaikan dengan dua jalur - diminimalis.com

Sengketa tanah adalah salah satu jenis permasalahan dalam dunia properti yang banyak terjadi di sekitar kita. Banyak sekali masyarakat yang masih awam tentang urusan yang berkaitan dengan hukum seputar jual beli dan kepemilikan tanah. Hal inilah yang akhirnya berujung pada permasalahan sengketa tanah. Padahal jika bisa dipelajari dengan baik dan benar, sebenarnya masalah tersebut bisa dihindari. Namun karena banyak yang menyepelekan hal tersebut, masalah ini akhirnya terjadi disebabkan ketidak pahaman oleh pihak-pihak yang memiliki keterkaitan dengan tanah tersebut. Bila tidak diselesaikan dengan benar, hal ini bisa berakibat fatal dalam jangka panjang.

sengketa tanah, biaya pengadilan sengketa tanah, sengketa tanah adalah
sengketa tanah bisa diselesaikan dengan dua jalur – diminimalis.com

Sengketa tanah dapat diselesaikan melalui dua jalur

Masalah sengketa pada tanah memang menjadi salah satu masalah yang sangat sulit di selesaikan. Adanya perselisihan antara kedua belah pihak, ditambah dengan adanya salah satu pihak yang merasa benar, akan membuat masalah yang ada menjadi semakin rumit. Dalam kondisi seperti ini, alangkah baiknya kedua belah pihak sepakat untuk menengahi permasalahannya bersama pihak ketiga untuk menengahi dengan adil dan bijaksana. Dengan cara ini, diharap nantinya segera bisa ditemui jalan keluar terbaik yang menjadi solusi masalah sengketa tersebut.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Transaksi Jual Beli Rumah yang Diagunkan di Bank Secara Aman dan Legal

Untuk menyelesaikan masalah sengketa tanah memang bisa di selesaikan dengan menggunakan dua jalur, yaitu jalur non litigasi yaitu melalui mediasi atau negoisasi. Jalur pertama biasanya ditempuh secara kekeluargaan antara kedua belah pihak dibantu dengan pihak yang mampu bersikap netral sampai ditemukan titik temu dari masalah ini. Jalur yang kedua adalah jalur yang ditempuh melalui jalur pengadilan atau jalur litigasi.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Jual - Beli Rumah dan Syarat-Syaratnya yang Perlu Anda Siapkan
sengketa tanah, biaya pengadilan sengketa tanah, sengketa tanah adalah
alangkah baiknya sengketa tanah diselesaikan dengan mengedepankan win-win solution – diminimalis.com

Hal ini perlu ditempuh jika jalur pertama yaitu melalui mediasi atau negoisasi sudah dilaksanakan namun gagal menemui kesepakatan. Namun jalur kedua ini memerlukan dana serta tenaga yang tidak sedikit. Di antara dua jalur tersebut, jalur yang pertama adalah jalur penyelesaian yang terbaik. Sebisa mungkin kedua belah pihak sudah bisa mencapai kesepakatan melalui jalur pertama dengan mengedepankan win-win solution untuk masing-masing pihak.

Demikian ulasan kami tentang cara penyelesaian sengketa tanah , Anda juga bisa membaca artikel kami tentang cara mengurus sertifikat tanah sendiri dengan mudah dan murah di bawah ini. (ls)
Mengurus sertifikat tanah sendiri, mudah dan murah

Leave A Reply

Your email address will not be published.