Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Inspirasi Sekat Pembatas Ruangan Tanpa Membuatnya Menjadi Sempit

sekat rak kayu - diminimalis.com

Sekat pembatas ruangan merupakan salah satu cara yang digunakan sebagai pemisah antar ruangan. Penggunaan material sekat pemisah ruangan bisa Anda pilih dari bahan alami maupun sintetis. Kayu dan bambu merupakan bahan dari alam yang paling sering digunakan sebagai material pembuat sekat.

Sekat pembatas ruang
sekat rak kayu – diminimalis.com

Anda bisa membuat partisi berupa rak dari kayu maupun susunan bambu yang ditata sedemikian rupa.
Bagi Anda yang memilih tinggal di daerah perkotaan, untuk mencari bahan dari alam mungkin akan sedikit susah dikarenakan keberadaannya yang langka. Namun, ada bahan lain yang bisa digunakan sebagai material pembatas ruangan. Ya, material kaca merupakan salah satu material sintetis yang bisa Anda pilih untuk membuat sekat pambatas ruangan minimalis.


Ide sekat pembatas ruangan tanpa menjadikannya sempit

Membuat sebuah sekat memang perlu dilakukan, terutama bagi Anda yang memiliki desain rumah minimalis. Dengan keterbatasan ruang yang ada menjadikan Anda harus berpikir keras dalam menatanya, agar semua ruang yang ada bisa tertata dengan baik sekaligus tetap terkesan luas. Penggunan sekat dari tembok bukan jalan yang diminimalis sarankan untuk memberi batas pada setiap ruangan. Selain akan mengesankan sempit pada ruang, Anda juga akan kesulitan dalam penataan ruang tersebut.

Penggunaan partisi berupa rak kayu maupun partisi berupa kaca sebagai sekat pembatas ruang tamu dan ruang keluarga mungkin bisa menjadi salah satu ide memisahkan masing-masing area ruangan. Namun, cara ini tetap memiliki kekurangan. Anda harus menyediakan space khusus untuk meletakan partisi tadi yang tentunya akan sedikit mengurangi luasan ruangan. Lalu, apa solusinya?

Anda bisa melakukan 3 cara berikut untuk memberikan sekat pembatas ruangan tanpa perlu khawatir luasan ruangan akan berkurang.

Pola plafon

Plafon pada rumah minimalis biasanya memiliki pola yang datar-datar saja. Memang hal ini akan mengesankan luas pada sebuah ruangan namun, jika Anda berkeinginan untuk mendesain rumah tanpa sekat pembatas ruangan sebaiknya hal ini dihindari dikarenakan menjadikan suasana ruangan terkesan monoton. Anda bisa mensiasatinya dengan membuat pola plafon yang berbeda pada tiap-tiap ruangan yang ada.

Plafon ruang tamu bisa Anda desain sedikit lebih tinggi dibandingkan plafon pada ruang keluarga untuk memisahkan kedua area tersebut. Hal ini sangat cocok bagi Anda yang sering kedatangan tamu dalam jumlah yang tidak sedikit, sehingga ruang tamu tetap terkesan luas.

Motif lantai

Lantai yang memiliki corak dan material yang berbeda juga bisa Anda manfaatkan untuk membedakan setiap ruangan yang ada. Warna putih pada lantai keramik ruang keluarga bisa Anda pilih agar mengesankan bersih dan luas, sedangkan pada area dapur bisa menggunakan warna yang lebih gelap, seperti warna krem.

sekat pembatas ruangan
pencahayaan ruang – diminimalis.com

Pencahayaan

Cara yang terakhir ini merupakan cara termudah yang bisa Anda lakukan untuk menciptakan sekat pembatas ruangan. Anda cukup menggunakan lampu yang memiliki warna atau tingkat terang yang berbeda pada ruangan, agar setiap ruangan memiliki kesan yang berbeda-beda. Lampu yang temaram bisa Anda pilih untuk menerangi ruang keluarga, sedangkan untuk memisahkannya dengan ruang tamu bisa menggunakan lampu yang menyala lebih terang.

Demikianlah ide yang bisa Anda gunakan untuk menciptakan sekat pembatas ruangan tanpa menjadikan terkesan sempit pada ruangan tersebut. Semoga menginspirasi, salam diminimalis (am).

Baca juga: sekat ruangan

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.