Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Sejarah Pulau Santorini yang Desain Rumah Penduduknya Mengisnpirasi

Desain rumah gaya santorini banyak menginspirasi arsitek dari seluruh dunia - diminimalis.com

Pada artikel sebelumnya Diminimalis pernah mengulas desain rumah santorini yang elegan untuk diaplikasikan pada gaya rumah minimalis. Dan kali ini kami akan melanjutkan pembahasan lebih dalam tentang sejarah pulau santorini secara global.

 Sejarah pulau Santorini. Sejarah terbentuknya pulau Santorini desain rumah gaya santorini
Desain rumah gaya santorini banyak menginspirasi arsitek dari seluruh dunia – diminimalis.com

Sejarah pulau Santorini

Dikutip dari wikipedia, Santorini merupakan kelompok bundar pulau gunung berapi di Laut Aegea, terletak 200 km dari daratan Yunani. Pulau ini merupakan kelompok Kepulauan Cyclades. Pulau ini memiliki luas wilayah 73 km² dan populasi 13.600 jiwa (2001). Pulau ini dikenal karena sektor pariwisata dan industri wine-nya. Santorini juga memiliki beberapa situs bersejarah dan dulunya merupakan salah satu pusat peradaban yang penting.

Dulunya, Santorini dikenal dengan nama Stongili dari bahasa Yunani yang berarti “Bundar”. Penemuan di kota penting dekat Akrotiri dan pantai merah menunjukkan adanya peradaban Minoa di pulau tersebut. Kota itu sangat mirip dengan pulau Kreta yang banyak dihiasi ornamen dinding dan tembikar bergaya Minoa.

Pada tahun 1500 SM, terjadi letusan gunung berapi yang menenggelamkan bagian tengah Santorini dan beberapa gempa bumi yang terjadi kemudian menyebabkan musnahnya sebagian besar pulau tersebut. Tahun 1300 SM, Fenisia menghuni pulau ini hingga 1100 SM ketika Lakonia mulai menduduki pulau tersebut dan menamaninya menjadi Thera.

Pada abad ke-6 dan 7 SM, Thera pernah memiliki hubungan perdagangan dan komersial dengan sebagian besar pulau dan kota yang ada di Yunani. Selama Periode Helenistik, Thera menjadi pusat perdagangan dan pangkalan angkatan laut yang penting karena posisinya yang strategis di tengah Laut Aegea. Hal ini terjadi karena penguasa Dinasti Ptolemeus saat itu (penerus Alexander Agung) sedang mengkampanyekan dominasi terhadap Laut Aegea.

Pada tahun 1200 dan 1579, pulau ini sempat berada di bawah kekuasaan Byzantium dan Venesia. Orang-orang Venesia mengganti nama Thera menjadi Santorini, yang diambil dari Saint Irene, sebuah gereja di pulau itu. Tahun 1579, Kekaisaran Ottoman dari Turki merebut pulau tersebut dan memberikannya otonomi yang adil hingga pembebasan Santorini yang terjadi setelah Revolusi Yunani pada tahun 1821. Letusan gunung berapi sempat terjadi berkali-kali di pulau ini, di antaranya pada tahun 1570-an, 1650, 1707, 1866-1870, 1925-1926, 1928, 1939-1941, dan 1950.

Pemaparan di atas merupakan ulasan sejarah Santorini secara global. Uniknya dari pulau ini, adalah adanya ciri khas yang kental pada desain rumah-rumahnya yang menginspirasi banyak arsitek.

Bagaiman mendesain rumah gaya Santorini?

rumah gaya santorini, desain rumah gaya santorini, desain rumah santorini adalah
Interior rumah gaya Santorini didominasi warna putih dengan aksen biru di beberapa bagian – diminimalis.com

Inspirasi desain rumah gaya santorini memang mendunia. Dan bila Anda juga ingin mengaplikasikan pada rumah minimalis Anda, Anda bisa membuat mengecat dinding dengan dominasi warna putih. Setelah itu berilah aksen warna biru pada pintu dan jendela rumah Anda. Pada bagian depan, buatlah beberapa tangga di bagian depan untuk mematangkan konsep rumah ala Santorini. Untuk pembahasan lebih detailnya, Anda bisa membaca artikel kami tentang cara mendesain rumah gaya santorini di bawah ini.

Rumah gaya santorini, desain bak berlian yang indah dari berbagai sisi

Demikian ulasan kami tentang sejarah pulau santorini. Anda juga bisa mengaplikasikan desain indah rumah penduduk Santorini pada rumah minimalis Anda, sebagaimana yang kami ulas di atas. Semoga dengan mendesain rumah gaya santorini, rumah minimalis Anda tampak elegan dan menawan. (ls)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.