Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Seberapa Efektif Racun Serangga Kita Butuhkan dan Cara Kerjanya?

Racun serangga aman bagi keluarga selama kita bijak dalam menggunakannya - diminimalis.com

Sebagian orang masih enggan menggunakan racun serangga untuk membasmi berbagai jenis serangga yang masuk ke dalam rumah. Pasalnya racun serangga mengandung bahan yang mematikan tak hanya bagi serangga, tapi juga bagi manusia. Dari situ kemudian banyak orang yang memilih untuk memburu dan membasmi langsung serangga dengan cara manual.

Hal ini tentu saja tidak efektif, padahal racun serangga dibuat dengan komposisi yang mematikan agar memudahkan kita membunuh serangga tanpa bercapek-capek ria. Perkara bahan yang mengandung racun tersebut, ya memang pada dasarnya harus dibuat seperti itu. Tanpa kandungan racun yang mematikan, serangga seringkali sulit dibasmi. Tinggal kita saja yang harus bijak dalam menggunakan agar aman bagi keselamtan keluarga.


racun serangga , kebaikan racun serangga, kesan penggunaan racun serangga
Racun serangga aman bagi keluarga selama kita bijak dalam menggunakannya – diminimalis.com

Racun serangga yang tepat untuk nda digunakan adalah insektisida yang bisa Anda dapatkan di toko pertanian. Apa itu insektisida? Insektisida adalah pestisida yang biasanya digunakan untuk memberantas serangga, contohnya yaitu seperti kecoak, nyamuk, rayap, kutu busuk, dan lain-lain. Beberapa contoh insektisida yang bisa digunakan untuk membasmi serangga antara lain yaitu tiodan, diazinon, basmion, propoksur, basudin, timbel arsenat, diklorovinil dimetil fosfat, dan sebagainya. Semua insektisida tersebut memang cukup efektif membasmi serangga dan membuat mereka  tidak akan muncul lagi.

Racun Serangga dan Cara Menggunakannya

Pada umumnya insektisida sebagian besar berbentuk cair. Dalam menggunakan racun serangga itu Anda bisa mengikuti aturan pakai yang tersedia pada kemasan insektisida. Cara menggunakan racun serangga tersebut biasanya ditentukan beberapa takaran tertentu untuk digunakan dalam membasmi serangga yang berada di rumah minimalis Anda.

racun serangga , kebaikan racun serangga, kesan penggunaan racun serangga
Beberapa jenis serangga yang dapat dibasmi oleh insectisida – diminimalis.com

Biasanya insektisida dimasukkan ke dalam semprotan untuk disemprotkan pada tanaman taman rumah yang terkena rentan oleh serangan serangga. Namun berbeda halnya dengan pembasmian yang dilakukan pada rumah akibat banyaknya kecoak, nyamuk, ataupun serangga lainnya. Anda cukup melakukan pembasmian dengan cara menyemprotkannya menggunakan spray khusus pembasmi serangga.

Semprotkanlah insektisida tersebut ke tempat bersarangannya serangga. Maka dalam beberapa waktu tertentu, serangga tidak akan muncul lagi. Dengan cara menggunakan racun serangga menggunakan insektisida, sudah dapat dipastikan serangga akan mati karena adanya beberapa sistem kerja racun yang efektif, seperti :

 1. Racun Perut (Racun Lambung) 

Racun perut atau lambung merupakan salah satu fungsi dari insektisida yang dapat membunuh serangga dengan cara masuk ke dalam pencernaan serangga, melalui makanan yang dimakannya. Cara kerja insektisida tersebut masuk ke dalam organ pencernaan serangga. Dari situ kemudian racunnya diserap oleh dinding usus yang akan ditranslokasikan ke tempat yang dapat mematikan.

Racun tersebut akan dibawa menuju ke dalam pusat syaraf yang ada di dalam tubuh serangga, menuju ke organ respirasi, kemudian meracuni lambung dan organ dalam lainnya. Hal itu terjadi jika serangga memakan tanaman yang telah disemprot oleh insektisida, dimana didalamnya terkandung residu dengan jumlah yang cukup banyak.

 2. Racun Kontak

Racun kontak ini merupakan racun insektisida yang dapat masuk ke dalam bagian tubuh serangga dengan cara melalui trakea, kulit, ataupun secara langsung melalui mulut serangga. Hal ini pastinya dapat membuat serangga mati jika bersinggungan secara langsung dengan insektisida yang kita pasang. 

3. Racun Pernafasan 

Racun pernafasan merupakan racun insektisida yang dapat masuk ke dalam trachea berbentuk  partikel mikro, biasanya bisa melayang di udara. Serangga pasti mati jika menghirup partikel mikro yang terdapat pada insektisida dengan jumlah yang cukup. Sebagian besar racun pernafasan ini bisa berupa asap, gas, ataupun uap yang berasal dari insektisida yang berbentuk cair.

Demikian ulasan kami tentang cara menggunakan racun serangga yang aman, semoga bahasan kaliini bermanfaat bagi Anda untuk menjaga kesehatan seluruh keluarga di rumah minimalis Anda. (ls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.