Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

8 Macam Rumput Taman Rumah yang Menambah Kesejukan

jenis rumput taman rumah - diminimalis.com

Rumput taman rumah minimalis ibarat garam dalam sebuah masakan. Anda bisa bayangkan bagaimana rasanya sayur tanpa garam? Hambar. Rumput merupakan elemen pelengkap dalam sebuah taman. Fungsinya selain sebagai penutup tanah, rumput taman rumah juga dapat menurunkan suhu lingkungan sekitar.

rumput taman rumah
jenis rumput taman rumah – diminimalis.com

Banyak sekali jenis rumput taman rumah yang ada dipasaran. Ada Jenis rumput lokal, seperti rumput gajah maupun yang impor seperti rumput kentucky dan rumput swiss. Sebagai penambah wawasan Anda berikut kami sajikan beberapa jenis rumput terbaik untuk taman rumah minimalis Anda.


Jenis rumput taman rumah terbaik penghias tamanmu

Jenis rumput untuk taman rumah cukup beragam. Dari sekian banyak jenis rumput yang ada diminimalis ambilkan 8 diantaranya. Masing-masing dari jenis rumput taman rumah minimalis ini memiliki karakter yang berbeda baik dari bentuk maupun cara perawatannya. Berikut ini diminimalis sajikan pembahasannya untuk Anda, selamat menyimak.

1. Rumput jepang
Rumput jenis ini memiliki tekstur daun yang lembut dan memanjang. Walaupun jarang terkena sinar matahari rumput jenis ini bisa tumbuh dengan baik. Perawatannya pun cukup mudah, karena pertumbuhannya yang lambat Anda cukup memotongnya 1-2 kali dalam satu bulan.

2. Rumput gajah
Rumput gajah memiliki berberapa varian, dan salah satu contoh rumput gajahadalah rumput gajah mini yang hari ini sedang menjadi primadona. Dibanding dengan rumput gajah biasa rumput gajah mini memiliki bentuk yang lebih kecil. Keistimewaan rumput jenis ini adalah tahan terhadap injakan kaki.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Bentuk Atap Rumah Terbaik Khusus Untuk Daerah Tropis

Rumput gajah ini mampu hidup meskipun hanya mendapatkan asupan 50% dari sinar matahari. Oleh karena itu, rumput jenis ini sangat cocok ditanam di tempat yang jarang terkena sinar matahari.

3. Rumput peking
Penampakan rumput peking seperti halnya rumput jepang, hanya saja ukuran daunnya yang lebih kecil dan jarang-jarang. Karena pertumbuhannya yang sangat lambat, rumput jenis ini lebih mudah perawatan. Rumput jenis ini biasanya dipakai pada halaman rumah minimalis yang akan menambah kesan asri pada rumah.

rumput taman minimalis
halaman rumah minimalis – diminimalis.com

4. Rumput swiss
Dibandingkan dengan jenis yang lain, rumput swiss memiliki tekstur daun yang paling halus dan lembut. Jika Anda memiliki halaman rumah yang datar rumput jenis ini sangat cocok digunakan sebagai pemanisnya. kekurangan rumput jenis ini terletak pada harganya yang mahal dan perawatannya yang sulit.

Rumput swiss memerlukan pencahayaan matahari sekitar 80% agar tumbuh dengan baik. Pemupukan juga sebaiknya menggunakan pupuk urea dibandingkan pupuk kandang, karena penggunaan pupuk kandang yang tidak tepat bisa menyebabkan matinya rumput.

5. Rumput manila
Tekstur rumput jenis ini seperti rumput swiss. Sesuai dengan namanya rumput ini berasal dari Filipina. Pertumbuhannya yang lambat menjadikan perawatan rumput manila menjadi mudah. Rumput jenis ini sangat cocok di jadikan sebagai taman bermain anak-anak Anda.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Gazebo Indah yang Cocok Berada di Taman Rumah Minimalis Anda

6. Rumput grinting/ bermuda
Jenis rumput ini sangat mudah hidup, terlebih di daerah yang kering sesuai dengan asal dari rumput ini yaitu Afrika. Rumput bermuda juga dapat tumbuh dengan baik di daerah yang memiliki curah hujan tinggi.

7. Rumput kentucky
Rumput ini memiliki warna yang khas yaitu hijau kebiru-biruan, sehingga sering disebut bluegrasses. Halalaman rumah Anda akan terasa unik dengan penggunaan elemen rumput ini.

rumput taman rumah
rumput lapangan golf – diminimalis.com

8. Rumput golf
Rumput golf adalah rumput yang paling populer digunakan pada taman. Teksturnya yang lembut dan bergerumbul membuatnya unik. Namun, rumput jenis ini tidak boleh sering diinjak, karena akan cepat mati. Perawatannya pun cukup merepotkan, karena paling tidak dua minggu sekali harus Anda pangkas dan harus mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup.

Siapa yang tidak ingin memiliki taman yang indah beserta rumput taman rumah yang menghampar hijau nan asri. Mudah-mudahan pembahasan pada kali ini bisa mewujudkan itu semua. Salam diminimalis (am.).

Kunungi juga artikel seputar taman >> Kumpulan Artikel Taman

Leave A Reply

Your email address will not be published.