Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Rumah wilayah Iklim Tropis dan Empat Musim, Apa saja Perbedaannya?

desain rumah tropis yang ideal - diminimalis.com

Rumah wilayah iklim tropis dengan rumah yang berada di wilayah yang mengalami empat musim, memiliki perbedaan dalam membuat rancangan serta konstruksinya. Rumah di wilayah tropis cenderung memiliki banyak bukaan, karena saat musim hujan kelembaban udara cukup tinggi. Sedangkan rumah di wilayah empat musim, cenderung tertutup supaya udara dari luar ruangan tidak lengsung bisa masuk ke dalam saat musim dingin.

Rumah wilayah iklim tropis, Rumah tropis minimalis, rumah tropis modern yang ideal
desain rumah tropis yang ideal – diminimalis.com

Rumah wilayah iklim tropis dan empat musim dengan ciri khas masing-masing

Di negara yang mengalami empat musim, arsitekturnya dominan dengan unsur dinding dan atap yang kuat dan tertutup. Hal ini ditujukan sebagai antisipasi ketika musim salju tiba, supaya salju yang menumpuk tetap dapat ditopang oeh atap yang kuat, hingga salju tersebut mencair. Selain itu, desain atap juga dibuat dengan kemiringan curam supaya teritisan salju bisa segera meluncur ke bawah.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Tahapan Acian Dinding ini Menyempurnakan Finishing Anda

Begitu pula dengan dinding bangunan, dibutuhkan dinding yang lebih tebal dan kuat agar cuaca dingin tidak langsung merambat ke dalam bangunan. Selain itu, celah-celah pada dinding atau pada titik temu dengan atap pun dibuat rapat. Hal ini yang memunculkan adanya istilah arsitektur envelope.

Arsitektur bangunan empat musim lebih membutuhkan energi material yang menyesuaikan dengan empat kondisi cuaca di wilayah tersebut. Setiap rumah perlu didesain supaya kuat menopang salju, dan mampu memberi kesejukan ketika musim semi atau musim gugur tiba.

Sementara untuk arsitektur bangunan iklim tropis, pada aspek konstruksinya lebih terlihat sederhana dan dapat memanfaatkan bahan alami yang ringan namun tetap aman. Adanya pertimbangan ini membuat semakin banyak teknologi dan alternatif material yang bisa digunakan pada arsitektur rumah wilayah tropis. Selain itu arsitektur tropis memungkinkan untuk selalu dikembangkan menggunakan material yang ramah lingkungan.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Jenis-jenis Kayu untuk Konstruksi Rumah Rekomendasi Diminimalis
Rumah wilayah iklim tropis, Rumah tropis minimalis, rumah tropis modern yang ideal
rumah tropis identik dengan tanaman peneduh yang menyegarkan – diminimalis.com

Arsitektur tropis secara umum sebenarnya memiliki ciri khas berupa atap yang ditopang oleh beberapa tiang yang berfungsi sebagai tempat bernaung dari panas matahari dan air hujan. Akan tetapi tetap mengusahakan keberadaan sinar matahari dan udara segar yang masuk. Sehingga dapat mengurangi tingkat kelembapan udara dan membuat bangunan terasa segar dan sejuk. Posisi atap pada dinding masih memiliki celah dan kelebihan lebar atap ini kerap disebut overhang, overstek, atau teritisan.

Demikian ulasan kami tentang perbedaan rumah wilayah iklim tropis dan empat musim, Anda juga bisa membaca artikel kami tentang rumah minimalis iklim tropis dan modern di bawah ini. (ls)

Rumah iklim tropis dan modern berbalut gaya minimalis

Leave A Reply

Your email address will not be published.