Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Cara tepat Mengupayakan Rumah Nuansa Alam yang Menyejukkan

Rumah nuansa alam yang Asri - Diminimalis.com

Hidup selaras dengan alam dapat diwujudkan melalui rumah nuansa alam yang dihuni sehari-hari. Rumah minimalis yang dikolaborasikan dengan alam tentu sangat diidam-idamkan semua orang. Selain membuat penghuninya semakin betah, hidup dekat dengan alam tentu akan membuat kita semakin sehat.

Membuat rumah nuansa alam ternyata tak serumit yang dibayangkan. Setidaknya, ada beberapa elemen dasar yang harus ada serta aneka tips yang harus diterapkan. Dengan mengikuti langkah-langkah berikut, kita akan dapat mendapatkan rumah dengan nuansa alam yang didambakan.

 Rumah Nuansa Alam, rumah mungil nuansa alam, desain rumah nuansa pedesaan, desain rumah nuansa alam, rumah nuansa batu alam, model rumah nuansa alam, rumah bernuansa hijau, desain rumah alami minimalis, rumah minimalis
Rumah nuansa alam yang Asri – Diminimalis.com

Membuat Rumah Nuansa Alam yang Bikin Betah

1. Bangunlah Taman

Tips pertama dalam membuat rumah mungil nuansa alam ialah dengan menghadirkan taman. Adanya taman akan langsung membuat kesan alami pada rumah terlihat. Apalagi karena taman akan diisi aneka tumbuhan hijau serta tanaman berbunga yang menjadikannya tampak asri dan pastinya memanjakan mata.

Kesalahan Merawat Taman, cara merawat taman, kesalahan merawat tanaman, 10 cara merawat tanaman, cara memelihara tanaman hias, cara merawat tanaman agar tumbuh subur, cara merawat tanaman sayuran, cara merawat taman sekolah, cara merawat tanaman bunga, manfaat merawat tanamanqKesalahan Merawat Taman, cara merawat taman, kesalahan merawat tanaman, 10 cara merawat tanaman, cara memelihara tanaman hias, cara merawat tanaman agar tumbuh subur, cara merawat tanaman sayuran, cara merawat taman sekolah, cara merawat tanaman bunga, manfaat merawat tanaman
Bangunlah taman untuk menunjang nuansa alam pada rumah Anda – Diminimalis.oc,

Taman tidak selamanya hanya dapat dibuat di rumah yang halamannya luas. Apabila lahan yang tersedia terbatas, kita tetap bisa membangun taman di atasnya. Caranya adalah dengan membuat taman minimalis yang tidak membutuhkan banyak ruang. Pilih juga tanaman yang ukurannya kecil sampai sedang agar bisa dimuat di taman mungil tersebut.

Pilihan lain untuk taman di ruang yang terbatas ialah taman gantung. Manfaatkan media tanam berupa pot-pot kecil yang digantung menggunakan tali pada teras atau dinding. Taman gantung telah jadi tren tersendiri untuk menghadirkan nuansa alami di rumah-rumah minimalis.

Oksigen yang dihasilkan pada siang hari dari tanaman di taman akan memberikan kesejukan tersendiri. Ini membuat taman di halaman depan maupun belakang tak sekadar menjadi hiasan, namun juga memiliki fungsinya tersendiri. Kita bisa membangun taman dengan konsep yang disukai dan sesuai selera masing-masing.

Salah satu konsep atau desain taman yang umum digunakan adalah taman tropis Bali. Jenis tanaman yang dipilih adalah tanaman lebat berdaun hijau lebar sehingga memberi kesan alami serta sejuk. Selain itu, bisa pula ditambahkan aneka tanaman bunga agar taman lebih berwarna-warni. Konsep taman lain selain taman tropis Bali juga bisa digunakan, misalnya taman khas Jepang dengan hiasan kayu, batu dan adanya kolam.

2. Membuat Kolam atau Air Mancur Mini

merawat kolam ikan koi, agar kolam koi selalu jernih, cara memelihara ikan kok
Kolam ikan juga dapat menunjang nuansa alam pada rumah Anda – Diminimalis.com

Taman yang sudah dibangun bisa dilengkapi kolam ataupun air terjun mini (mini waterfall). Tujuannya tentu agar menambah kesejukan taman. Suara air yang memercik akan memberikan kesegaran tersendiri dan kesan alami semakin terlihat. Penambahan kolam ataupun air terjun mini ini terutama akan cocok digunakan pada taman yang ukurannya luas.

Untuk penataan taman minimalis tropis, bisa digunakan kolam saja namun dengan ukuran yang sesuai. Isi kolam dengan aneka jenis ikan dan hiasi tepinya dengan batu alam, agar kesan alaminya semakin terlihat. Air ialah elemen alam yang membuat siapapun rileks dalam rumah, sehingga kolam mini ini akan sangat direkomendasikan.

Desain rumah nuansa alam dengan menambahkan kolam yang dilengkapi air terjun mini akan membuat tampilan taman makin dramatis. Kita juga pasti akan lebih sering memandangi taman yang turut disertai kolam tersebut. Belum lagi suara gemericik airnya yang pasti sangat menenangkan.

3. Bukaan yang Cukup

Desain rumah nuansa pedesaan berikutnya adalah dengan menyediakan bukaan yang cukup. Ini terkait udara serta cahaya matahari ialah unsur paling penting dari sebuah rumah. Sirkulasi udara yang baik serta limpahan cahaya dalam jumlah cukup akan menghadirkan nuansa alam pada rumah.

Pastikan rumah dilengkapi bukaan yang cukup guna mengalirkan udara dari luar menuju dalam ruangan. Kita juga dapat membuat void rumah secara lapang agar udara akan selalu menyesaki bagian dalam ruangan. Curahan cahaya bisa diakali dengan cara memasang skylight agar ruangan tetap terang terutama pada siang hari.

Bukaan yang cukup ini tak sekedar untuk mendukung nuansa alami pada rumah. Tujuan lainnya adalah untuk menjamin ketersediaan cahaya serta udara dalam jumlah cukup. Pada akhirnya, adanya bukaan yang cukup juga berpengaruh pada kesehatan. Rumah yang mengusung konsep selain alami juga harus memperhatikan tips ini.

4. Gunakan Warna dan Material Alam

Warna hijau terutama akan sangat berfungsi dalam menghadirkan kesan alam. Aplikasikan warna ini pada dinding kamar tidur, dapur hingga ruang kerja. Walau aspek alam tidak nyata, namun ambience dari alam akan tetap dapat kita rasakan.

Warna hijau ini bisa diterapkan pada keseluruhan dinding ataupun hanya sebagai aksen semata. Misalnya adalah penggunaan warna hijau pada wallpaper, karpet, atau hiasan yang menempel di dinding. Bisa juga dengan menambahkan tanaman kecil dalam ruangan yang warnanya hijau dan lebat.

Selain permainan warna, pemilihan material yang digunakan juga dapat memberi sentuhan nuansa alam. Misalnya, rumah nuansa batu alam yang menggunakan material batu-batuan alam seperti granit ataupun lantai yang terbuat dari kayu. Nuansa alam akan didapat dari penggunaan material ini.

Penggunaan batu-batuan alami terutama bisa diterapkan pada kamar mandi. Sementara lantai kayu yang memberi nuansa lembut serta hangat bisa diterapkan di seluruh rumah. Pahami kelebihan dan kekurangan penggunaan lantai kayu sebelum mengaplikasikannya. Material batu alami dapat pula ditambahkan pada taman yang ada di depan rumah.

Demikian adalah beberapa tips yang dapat kita terapkan. Tentunya tidak sulit membawa nuansa alam ke hunian tempat tinggal, asal kita tahu cara-cara dalam mewujudkannya. Dengan adanya rumah nuansa alam, kita akan dapat lebih betah saat berada di rumah dan tentunya merasa lebih nyaman dalam rumah.(us)

Leave A Reply

Your email address will not be published.