Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Sejuknya Desain Rumah Minimalis Tropis Modern Bata Expose

fasad rumah minimalis tropis - diminimalis.com

Rumah minimalis tropis merupakan sebuah konsep hunian yang cocok untuk di terapkan di Indonesia. Negeri ini memang memiliki iklim tropis yang cenderung berhawa panas, sehingga diperlukan sebuah inovasi hunian yang berhawa sejuk untuk mengatasinya. Anda tentunya tidak akan merasa betah tinggal di rumah yang berhawa panas bukan? Dan rumah berkonsep tropis inilah solusinya.

rumah minimalis tropis
fasad rumah minimalis tropis – diminimalis.com

Rumah minimalis yang memiliki konsep tropis akan senantiasa memiliki udara sejuk di dalamnya, meskipun udara di luar panas. Hal tersebut dapat tercipta dengan penggunaan banyak tanaman yang Anda tanam di sekitaran rumah. Model rumah tropis modern juga sangat mempengaruhi kesejukan udara di dalam rumah. Untuk Anda, berikut diminimalis sajikan salah satu inspirasi model hunian minimalis tropis yang bisa ditiru.

Rumah minimalis tropis modern berbata expose

Material dinding dari bata tanah memang memiliki kelebihan tersendiri. Kesan natural yang ditimbulkan serta hawa dingin pada ruangan yang menggunakan material bata tanah pada dindingnya akan bisa Anda dapatkan sekaligus. Pola pada dinding yang menggunakan bata expose juga memiliki nilai seni tersendiri. Semakin bertambah nyaman bukan?

Anda bisa membuat efek dramatis pada dinding bata expose dengan menggunakan lampu sorot di sudut ruangan. Elemen pasir penyusun dinding juga bisa Anda tonjolkan untuk menambah kesan alami pada rumah. Pemilihan keramik berwarna merah bata yang terlihat usang akan semakin menaturalkan suasana rumah minimalis tropis.

Untuk memperlancar sirkulasi udara, ada baiknya Anda menggunakan bukaan lebar pada rumah. Bukaan bisa berupa jendela yang memiliki bukaan luas pada setiap sudut dinding, sehingga memungkinkan udara bebas keluar dan masuk rumah yang akan menjadikan rumah terasa segar. Agar tidak terkesan kaku, buatlah bentuk jendela yang berfariasi. Bentuk bulat dan persegi bisa Anda terapkan pada dinding yang berbeda, sedangkan bentuk segitiga bisa dibuat menyesuaikan bentuk atap.

Memaksimalkan lahan rumah minimalis tropis

rumah minimalis tropis
dapur semi outdor – diminimalis.com

Kesan tropis juga bisa Anda terapkan pada area dapur. Pembuatan dapur semi outdor yang menggunakan bata expose sebagai material dindingnya bisa dipilih. Nah, dengan begitu Anda tidak akan merasakan panas lagi ketika sedang memasak di dapur, suasana memasak pun bertambah menyenangkan.

Keterbatasan lahan pada rumah minimalis tropis bisa Anda siasati dengan membut desain plafon yang tinggi serta bentuk ruangan yang memanjang. Pintu sebagai akses masuk dalam ruangan juga lebih baik menggunakan bukaan sliding, agar saat terbuka daun pintu tidak membuat ruangan menjadi penuh. Desain plafon yang tinggi juga bisa Anda buat mezzanin sebagai tempat bersantai maupun tempat kerja yang tersembunyi.

Demikian ulasan singkat mengenai segarnya rumah minimalis tropis yang bisa Anda kembangkan lagi penataannya, sehingga suasan rumah semakin sejuk dan nyaman. Salam diminimalis (am).

Baca juga: taman atap

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.