Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Hunian Anda Sudah Masuk Kriteria Rumah Layak Huni Belum?

Rumah layak huni - diminimalis.com

Ketersediaan rumah layak huni untuk setiap orang sangatlah perlu diusahakan. Rumah tinggal memang menjadi kebutuhan pokok yang memiliki ragam bentuk dan desainnya yang berbeda menyesuaikan dengan tingkat pemahaman tiap-tiap orang mengenai pengertian hunian itu sendiri. Ada sebagian orang yang cukup nyaman dengan hunian yang serba minimalis dan ada juga yang tidak cukup dengan lengkapnya fasilitas hunian yang ada.

Rumah layak huni
Rumah layak huni – diminimalis.com

Tingkat kenyamanan setiap orang memanglah tidak sama namun ada satu poin penting yang wajib dipenuhi bagi semua orang yang memiliki hunian yaitu harus memenuhi syarat rumah layak huni. Hal ini dikarenakan akan menjadikan penghuni rumah menjadi lebih nyaman dan juga terjamin keberlangsungan hidupnya.

Kriteria rumah layak huni

Secara teori kriteria rumah yang layak huni adalah rumah dan lingkungannya tersedia segala fasilitas pemenuhan kebutuhan pokoknya dapat diakses dengan mudah. Ada beberapa kriteria lain sebuah rumah dikatakan layak huni. Pada ulasan kali ini diminimalis sampaikan kriteria rumah layak kemenpera (Kementrian Perumahan Rakyat).

Menurut peraturan menteri negara perumahan rakyat republik indonesia nomor: 22/permen/m/2008 tentang standar pelayanan minimal bidang perumahan rakyat daerah provinsi dan daerah kabupaten/ kota menyatakan bahwa “rumah layak huni adalah rumah yang memenuhi persyaratan keselamatan bangunan dan kecukupan minimum luas bangunan serta kesehatan penghuninya”.

Keselamatan bangunan

Rumah yang layak huni haruslah memberikan rasa aman bagi penghuninya. Rasa aman ini berawal dari pemilihan dan pembangunan konstruksi rumah. Lingkungan sekitaran rumah Anda juga harus merasakan aman dengan keberadaan rumah Anda.

Cukup luas

Luasnya rumah memang sangat variatif, berbeda setiap orangnya. Sebagai acuan berikut diminimalis berikan gambaran luasan ideal pada tiap-tiap ruangannya yang kami ambil dari kemenpera.

• Kamar tidur utama 10,6 m 2
• Kamar tidur anak 6,0 m 2
• Ruang keluarga 10,2 m 2
• Kamar mandi/ WC 1,7 m 2
• Dapur 2,2 m 2
• Ruang cuci dan jemur 2,25 m 2
• Ruang tamu 4 m 2
• Teras depan 4,5 m 2
• Halaman depan 18 m 2

Cukup sehat

Rumah idaman sederhana
Rumah idaman sederhana – diminimalis.com

Faktor terakhir ini merupakan faktor yang sangat penting untuk diperhatikan. Bolehlah sebuah hunian itu aman dan luas, namun jika kondisinya tidak sehat tentu Anda tidak akan betah berada di dalamnya. sehatnya sebuah hunian ini sangat terpengaruhi oleh kondisi sanitasi, penghawaan dan pencahayaan yang baik.

Demikian ulasan singkat tentang kriteria rumah yang layak huni. Semoga keseluruh kriteria yang ada bisa kita penuhi sehingga rumah yang kita miliki menjadi surga kecil di dunia. Semoga bermanfaat, salam diminimalis (am).

Baca juga: membuat rumah minimalis

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.