Rujukan desain rumah minimalis dan kolam renang keluarga cerdas

Rumah Instan Minimalis, Tren Baru Membangun Rumah dengan Cepat

dinding rumah instan sudah berdiri dalam hitungan hari - diminimalis.com

Rumah Instan Minimalis merupakan inovasi baru di dunia konstruksi. Jika dulu untuk membangun rumah bisa memakan waktu minimal satu bulan, kini ada cara praktis untuk membangun rumah dengan cepat dan murah. Sesuai namanya, rumah instan adalah bangunan yang komponen-komponennya sudah dipersiapkan oleh pabrik. Anda tinggal menyiapkan lokasi dan rumah pun siap berdiri dalam hitungan hari.

membangun rumah instan, bangun rumah instan, membangun rumah instan risha, rumah instan domus
dinding rumah instan sudah berdiri dalam hitungan hari – diminimalis.com

Rumah instan minimalis bisa Anda peroleh dengan cara ini

Saat ini sudah banyak pihak yang mengembangkan rumah instan, 2 produk yang terkenal adalah Domus dan RISHA. Domus adalah produk dari PT. Tata Logam Lestari, produk rumah instan ini bisa dibangun hanya dalam waktu 5 hari saja. Sedangkan RISHA adalah rumah knock down hasil penelitian Pusat Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) yang bekerja sama dengan PT. Indocement. Satu produk rumah instan untuk tipe 33, diklaim bisa diselesaikan dalam waktu tiga hari saja.


Menurut Harsono Mintono selaku Manager PT. Tata Logam Lestari, Domus merupakan sebuah produk rumah permanen instan yang telah lama dikembangkan oleh pihaknya, dirinya berujar produk ini bisa dijadikan solusi untuk membangun rumah dengan harga yang murah namun sangat kuat dan tahan lama. Meskipun dapat dibangun dengan cepat, namun hasilnya bagus, bentuknya sangat presisi dan tahan terhadap gempa.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Plafon Rumah Indah dengan Tata Cahaya yang Berwarna-warni

Rumah ini pun ramah lingkungan, karena dari proses instalasi, tidak banyak bahan bangunan yang terbuang karena semua sudah diperhitungkan secara rinci. Selain itu tidak ada bahan baku yang menggunakan bahan dasar kayu.

Rumah Instan Minimalis, membangun rumah instan, bangun rumah instan, membangun rumah instan risha, rumah instan domus
sambungan antar panel rumah instan – diminimalis.com

Mendirikan rumah instan Domus caranya sangat sederhana. Di lokasi yang hendak di bangun, tukang akan menyiapkan rangka yang terbuat dari bahan baja ringan. Rangka tersebut meliputi rangka kuda-kuda, rangka plafon, genteng dan cladding. Setelah itu pada bagian dinding, ditempel bata ringan untuk membentuk dinding. Setelah dinding sudah dibangun, maka diberikan plafon gypsum, jendela dan pintu. Kemudian dilakukan finishing layaknya membangun rumah pada umumnya seperti memberi keramik, memberikan plesteran pada dinding dan pengecetan. Namun semua proses pembangunan rumah instan ini masih membutuhkan tenaga tukang yang berpengalaman.

Baca juga artikel menarik berikut >>  Bata Ringan Untuk Dinding, Benarkan Bisa Menggantikan Bata Merah?

Sedangkan untuk RISHA, proses pembangunannya bisa dilakukan secara mandiri oleh calon pemilik rumah. Karena komponennya terbuat dari panel-panel beton yang terbagi dalam tiga kategori sesuai fungsinya yaitu, panel struktur, panel dinding serta panel kusen.

Panel-panel ini dipasang sedemikian rupa hanya dengan menggunakan mur dan baut tanpa semen. Cara memasangnya pun cukup mudah dengan mengikuti instruksi yang ada. Bahkan, orang yang awam konstruksi pun bisa membangunnya. Aplikasinya mirip seperti memasang lego pada mainan anak-anak.

Demikian ulasan kami rumah instan minimalis. Anda juga bisa membaca artikel terkait kami tentang contoh pembuatan rumah instan minimalis bawah ini, semoga bermanfaat. (ls)
Pembangunan rumah instan minimalis ternyata sesimpel ini

Leave A Reply

Your email address will not be published.